Segarnya Honda CB250 Twister 2017, Gak Pelit Fitur Pula! Tinggal Ganti Headlamp Bulat, Reuseup!

26

Sobat MMBlog sekalian, salah satu motor satu silinder yang MMBlog demen di luar negeri sana adalah Honda CB250 Twister. Motor ini dari dulu sampe sekarang, seringkali digosipkan atau diharapkan akan menjadi penerus dari Honda Tiger. Hmm, sebenernya sih oke banget ini motor kalau dijadiin suksesor Tiger. Desain oke, fitur oke, mesin oke, bisa dibilang, terbaik lah dikelasnya. Di Brazil, motor ini jadi motor favorit, terlebih setelah ini motor bisa minum etanol, hmm, udah bodynya seger, gas buangnya juga jadi seger deh!

Ngomongin motornya, kayak gimana sih emang ini motor? Pertama bahas desainnya dulu. Desainnya udah desain streetbike Honda yang kekinian banget. Semua line-up streetbike Honda garis desainnya kayak gini. Mulai dari CB250F, CB500F, CB650F, karakter dan temanya mirip-mirip. Malahan, kalau MMBlog bilang, desain CB250 Twister lebih elegan, lebih proporsional, sporty, ya selera gue banget lah, wkwkwkwk :mrgreen: . lampu depan sudah LED yang desainnya mirip banget sama lampu streetfire, tangki punuk unta, shorud pas, jok lebar, buntut runcing dengan stoplamp yang simpel dan agresif, asik lah! Motor juga gak berat-berat amat, cuman 135 kg, atau lebih berat dikit dari Thunder 250!

Perkara mesin, ini dia, mesin sederhana yang siap diajak kemana aja, mesin yang gak butuh oleh mahal, mesin yang adem, mesin yang torsinya padet, yups, satu silinder SOHC, 250 CC, dan bisa ngeluarin tenaga hingga 22 daya kuda. Istimewanya, mesinnya sudak dibekali oleh oil cooler, jadi yang tadinya udah adem, jadi makin adem dan durabilitasnya pasti bagus bener. Pengabutan bahan bakar sudah PGM-Fi, kurang apa lagi coba? Motor begini pake karbu aja irit, apelagi pakai injeksi? Tenaga ada, irit, nyaman!

Kaki-kaki? Lagi-lagi, disc brake depan belakang untuk rem-nya masbro! Pake Nissin yang pastinya bukan Kracker yah! gak pelit juga, ban deselipin ban Pirelli Rosso 2, weleehhh! Mantep bener! Handling pasti enak ditambah dengan suspensi belakang monoshock. Intinya kaki-kaki udah gak perlu disangsikan lagi performanya. Hal lainnya, speedometer sudah full digital dengan model negatif yang warna gelap jadi background, yang warna terang jadi angka atau petunjuk informasi.

Dulu kan udah pernah ada petisi untuk membuat Honda Tiger baru, sebenernya AHM gak perlu ribet, bisa banget dengan mendevelope mesin ini, terus body diadopsi dan kemudian pasang lampu bulat, niscaya ini motor bakalan reseup banget dilihatnya. Harga? Jangan terlalu mahal, setting aja kayak Honda CBR150R full spek yang 33 juta. Gak akan saling kanibal, karena emang segmennya beda sebeda-bedanya! Motor satu silinder 250 CC ini peminatnya masih ada, banyak malahan! Mereka butuh mesin yang torqy, gak banyak gimmick, karena emang untuk dipake, touring, ngantor, ngeceng, dll. bahkan, ini motor spionnya aja pake spion Tiger repo, wkwkwkwk.

Oke deh, artikel intemezzo aja nih di hari libur. Semoga bisa nambah wawasan temen-temen yah!

26 COMMENTS

    • Yoi bgt. Dsini CBR 250 RR yg udh high spec cuman dpt IRC road winner. Kyanya sih ban Pirelli di Brazil lbh murah. Soalnya pabriknya kan disana kalo gak salah, terutama untuk yg spek tinggi kya Diablo rosso yg kita pake dsini msh impor dr Brazil.

  1. dari beberapa blog roda dua yang bahas/bikin artikel tentang motor ini..tampaknya ini salah satu “bocoran” dari atpm melalui para bloger tertentu…

  2. Yang paling bikin naksir dari motor ini desainnya yg simple keren fungsional sama warna blok mesin + fork kaki depan yg balik lagi ke silver, segar & bagus banget, bikin kliatan bersih & ga murahan. Ga kaya motor2 sekarang yg semua blok mesin + kaki kaki dilabur item kusem, gelap & dekil klo udh dipke.

    Satu lagi yg menarik beratnya yg cuma 130an kg udh mirip 150cc dgn tenaga & torsi ala 250cc yg lumayan.

    Jok & buntutnya nya ga neko2 keliatan nyaman bgt ditambah adanya grip Handle belakang juga bikin naksir nih motor, smua soal kenyamanan & fungsi kyanya diperhatiin bgt, modelnya ga sok2 sporty ga jelas/ sok sangar, smua serba clean, simple, elegan. Smoga masuk ke Indonesia & ada standar tengah nya, calon pasti bgt dibeli bwt jd motor harian

  3. Secara positioningnya pas2 saza klo motor genre ini masih pake mesin SOHC sederhana, karena di segmen ini lbh mengutamakan kenyamanan, torqy, durable & easy maintenance..
    ,*cruiser bike not sportbike

    Dari sektor tampilan, sepertinya dengan desain seperti ini lbh bisa diterima banyak kalanngan umur konsumen, sporty dapet, elegan dapet, proposional dapet, tinggal bentuk headlamp saza yg subyektif.
    Hehehe

    Honda sepertinya belajar dari yamaha pd segmen ini mengenai desain produk,
    Karena yamaha keukeh dgn desain yg serba lancip2 yg katanya sporty, & sebenarnya g ad tu sporty2nya
    Hehehe
    Case TIGER vs SCORPIO
    tp pada akhirnya market produknya jd segmented
    *just my opinion

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here