Ketika Honda Goldwing Belum Menggunakan Ride By Wire, Honda CBR250RR Melampaui Masanya? Jadi Benchmark 250 CC?

3

Sobat MMBlog sekalian, belakangan ini, jagad blog lagi rame lagi ngebahas Honda CBR250RR. Ada temen blogger yang beli motor ini sendiri, ada juga yang lagi ramai mendapatkan pinjaman dari main dealer Honda setempat. Nah, di banyak grup, lagi ramai dibahas mengenai Ride By Wire yang ada di Honda CBR250RR. Ada yang bilang gak butuh, ada yang bilang keren, ada yang breakthrough, ada yang bilang gimmick, ya macem-macem lah. Tapi yang jelas, teknologi ini adalah teknologi yang lagi dan lagi, melampaui zamannya.

Ini sih opini MMBlog doang yah Sob. mungkin, kondisi TBW di Honda CBR250RR linear dengan kondisi ketika tahun 2002, Suzuki mengeluarkan  Suzuki FXR150 dengan speedometer digital. Belum masanya, belum saatnya, tapi digelontorin duluan. Mungkin sama juga kayak KYT yang mengeluarkan helm KYT E-Race yang superb (tapi sayang didiskontinue sama KYT), nah, begitu pula dengan TBW Honda CBR250RR ini, melampaui masanya? Ah masak sih?

grip gas goldwing

IMHO, lihat Honda CBR1000RR, masih menggunakan ride by cable. Mau contoh yang lebih ekstrim lagi? Tuh yang ada di foto paling atas, Honda Goldwing, dengan fiturnya yang seabrek-abrek, masih menggunakan kabel biasa. Yang MMBlog tahu, fitur Ride By Wire ini baru didevelope oleh Honda semenjak kehadiran Honda VFR1200F pada tahun 2009. Untuk baca-baca artikelnya, silahkan temen-temen klik INI aja yah, tapi MMBlog juga kagak tau dah, ini TBW-nya sama apa enggak sama TBW Honda CBR250RR.

Lantas, asik 😆 . apakah TBW ini akan jadi benchmark atau standar baru “grip gas” motor 250 CC ke depannya? Melihat yang udah-udah di motor besarnya sih, yang menggunakan TBW di motor supersport 600 CC yang persaingannya juga ketat, baru Yamaha R6 aja yang pakai dari tahun 2006. Pabrikan yang lain, gak langsung latah ikutan menggunakan TBW di motor-motornya dan menjadikan fitur ini sebagai fitur andalan, dan komunikasi marketing yang jitu. Contoh, CBR600RR, ZX6R, dan GSX-R600 masih pakai kabel gas biasa atau mechanical throttle. Tapi ini kan segmen supersport, segmen 250 ya beda lagi pasti ceritanya, butuh research lanjutan.

kalo ini throttle by …..

Jadi Throttle by Wire, ini adalah fitur pilihan Sob. di Honda CBR250RR, bisa dibilang terobosan, melampaui zaman, canggih, dan bisa jadi senjata marketing yang ampuh!

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here