Email Pembaca : Bikin Motor Tolong Dong Perhatikan Tinggi Jok!

14

Sobat MMBlog sekalian, beberapa hari yang lalu MMBlog mendapatkan email dari Bro Firman, isinya adalah keluh kesah beliau mengenai sepeda motor sekarang yang tinggi joknya kurang ramah dengan orang yang tinggi badannya 160 cm. Lihat-lihat email lawas dengan keyword “jinjit” ternyata ada juga yang pernah email yakni mas Agus, dudukin Streetfire terus gak jadi beli karena jinjit. Nah, saran dari dua masbro ini, tolong buat produsen sepeda motor manapun, bikin jok yang bersahabat untuk orang-orang yang mungil!

Tinggi jok, bagi sebagian orang memang jadi penentu utama motor yang bersangkutan itu, jadi dibeli apa enggak. Setelah melihat-lihat desainnya, melihat harganya, melihat fiturnya, terus yang terakhir di dudukin, walaaah, jinjit balet, udah, nyerah, mundur, dah jadi beli! Ini dia yang seringkali belum dipikirkan oleh produsen motor di tanah air, padahal di luar negeri problema kayak gini malah jadi senjata ampuh membuat motornya laku.

Memang, pertimbangan pabrikan bikin tinggi motor jadi lebih tinggi dari rata-rata pasti ada alasannya secara teknis. Tapi jangan langsung didiemin gitu aja, pabrikan, terlebih dealer, harus pandai-pandai memberikan promo dan juga solusi menarik yang sama sekali tidak membebani konsumen. Seperti yang dilakukan oleh Suzuki GB di Inggris, memberikan opsi jok yang lebih rendah untuk rider yang mungkil tanpa diberikan biaya tambahan.

Terus, MMBlog sendiri gimana perihal jinjit. Jadi gini masbro, inget, ukuran tubuh kita itu anugerah dari Allah SWT, jangan nyalahin tinggi badan kita, bahkan juga gak perlu nyalahin produsen motor. MMBlog juga punya tinggi badan yang rata-rata orang Indonesia, jinjit-jinjit sedikit sih wajar, kalau mau enggak jinjit, ya naik matik entry level. Jinjit di motor-motor 150-250 CC sih masih oke, event itu ngebalet juga, tapi kalau jinjit di moge yang beraaaat, baru dah tuh.

liat jinjitnye broo

Awalnya, pas jajal ER6n di dealer Kawasaki, MMBlog juga selalu mikir, “wah, jinjitnya lumayan juga ya, udah gitu berat lagi” jangan langsung nyerah, begitu itu motor jadi punya kita sendiri, maka rasa percaya diri bakalan muncul, badan langsung menyesuaikan, hingga jinjit-pun gak jadi problem lagi. Pernah juga bawa BMW GS mbah dukun, MMBlog luar biasa jinjit baletnya, tapi ya diawal aja kok stresnya, kalau uda tahu “selahnya” yaudah, enak-enak aja kok. Yang penting tetep pede dan tenang, begitu ada pikiran “yah jatoh deh” niscaya jatoh beneran 😆 .

Oke lah, semoga ke depannya, masbro yang ngegalau karena motor idamannya mengharuskan dirinya jinjit balet, bisa lebih pede dan menjadikan jinjit balet bukan lagi masalah.

instagram

Villa Kanaya

14 COMMENTS

  1. Kalo menurut ane part oem lowering kit dari dealer sih jd pilihan bijak. Soalnya pabrikan juga pasti udah ngitung pasar. Mana pasar yg lebih besar untuk segment ini.

  2. Baiknya podusen memenuhi kebutuhan konsumennya dong, setidaknya bikin satu motor sport yg jok-nya bersahabat. Diverensiasi produk. Yg entri level kayak verza atau thunder gitu lah joknya dipendekin. Liat aja tuh yamaha, sportnya ada banyak, vixion, byson, xabre, r-15, tapi jinjit semua.

  3. ketika alasan teknis udah gak bisa ditabrak…
    kasih aja bonus sepatu gratis yang heels nya 10cm 😀 😀

    atau kalo produksi masal bisa nabrak production-posibility curve… alias jor-joran aja, harusnya pabrikan bisa bikin motor hidrolis yang kalo diem bakal jadi ceper..

    ane yakin udah ada prototipenya, tapi costly

  4. bkin mtr itu untuk peruntuknnya donkk..

    misal bkin mtr sport ..ya harus nunduk jok lbh tinggi dr mtr cruiser.dtang lbh nunduk….konsumen ngeluh..bodooo bgt lah itu org..klo mau nymn yaa jngn beli sport..beli matic cruiser…kok ngeluuh seat high di mtr sport..anda hdup d dunia fantasi.

    naah beda lg yaa…

  5. bikin motor perhatiin dimensi motor dong. kasian yang badannya segede beruang.

    pengen yg 150cc, bodynya kecil-kecil.

    pengen yg 250cc, keluarnya sport

    ada yg sport adventure, kurus banget desain motornya

    pengen diatas 250cc gak cocok buat harian (rada memaksakan, kasian mesinnya bisa sering overheat)

    akhirnya bertahan sama motor tuwa bin jadul tapi dimensi rada gede. itu pun bakalan bingung sama sparepartnya kalo dipaksain pake sampe puluhan tahun.

    sparepart mesin sih bisa dicari yg mirip. lha kalo body pecah atau rusak gimana?

    • sudah liat langsung versys 250 belum? di gambar keliatan ramping, tapi aslinya lebar kayak kakak kakaknya, temen temen ane banyak yg ketipu juga kok, dikira ramping ternyata lebar

  6. Kalo motor sport enaknya mmg sedikit tinggi, tp kalo sampe jinjit balet ya mikir2. Apalagi, mesti naik pake dingklik, (bayangin anak2 sepeda onthel jogja yg modif sepeda tinggi, jika berhenti nyari mobil utk pegangan) hahaha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here