Email dan Cerita Pembaca : Honda Beat FI, Si Hitam Saksi Bisu Sejarah Kesayangan

13

Sobat MMBlog sekalian, alhamdulillah, kandang MMBlog mendapatkan surel yang isinya cerita dan curhat dari sahabat MMBlog. Adalah Bro Reza yang kini bercerita mengenai Honda Beat Hitam kesayangannya, setelah kemarin, Bro Rizky dari Bandung yang bercerita mengenai Honda Win yang telah ia resotorasi. MMBlog semakin kesini, semakin melihat, kalau sepeda motor itu memang punya kisah kasih romantis dan sentimentil sama ownernya. Entah itu perjuangan ketika membeli, perawatannya, impresinya, dan lain sebagainya. Oleh karenanya, berikut MMBlog lampirkan cerita dari Bro Reza akan Honda Beat Hitam kesayangannya. Simak masbro.

Assalamualaikum om vandra, ane Reza, rakyat biasa yang ngakunya biker enthusiast, tp bawa motor kopling aja masih belajar wkwkwk, sekaligus pembaca setia mmblog dan blogger lainnya (apapun selagi kontennya informatif, pasti ane baca daahh). (Mantap bener Masbroooo – MMBlog)

Sederhana aja sih, kali ini bukan motor tua apalagi moge yang mau dibahas. Ini motor Honda Beat FI lansiran 2014 warna hitam yang dibeli sama ortu ane dari hasil nabung keras, sekaligus jd pengalaman pertama punya motor, 1 motor untuk bersama ceritanyaa hehehe. (Mantap Bro, belajar pake matik emang bisa ngasah skill riding secara bertahap dan jadinya maksimal – MMBlog)

Disini sih cerita ane lebih fokus ke impresi diri sendiri ajaa, diluar penggunaan oleh nyokap, secara dirumah cuma ane dan nyokap yang bisa ngehandle motor wkwkwk. (juoozzz, salam buat Nyokap Bro – MMBlog) Pertama diliat dari performa mesin, mesin 108 cc ini bener” reliable banget daahh buat kelas bawah. Dimana pas motor ini kebeli masih berada di range harga yang masuk akal banget, kisaran 13 jutaan, coba deh liat harga motor skrng yg makin absurd, wkwkw (colek sport 150cc) (apalagi moge – MMBlog). Pengalaman ane, bisa dapet top speed 90 km/h di tanjakan fly over Ciputat, deket domisili ane hehe. Kalo di jalan straight, kayanya ini masih minta nambah dah, secara mesin kaya gini bisa dibilang aneh, makin kenceng vibrasi makin ilang, tapi aerodinamika makin ngaco wkwkkw. (amannya sih emang maksimal 80 kpj aja kalau matik bro – MMBlog).

Ngomongin build quality, yaa asal dirawat mah ya bagus” aje daah wkwkw. Disini mah terutama bareng nyokap yg telaten banget ngelap motor tiap hari, motor dicuci rutin, Insha Allah body kinclong no kusam, dan jok senantiasa sehat, kecuali lecet ya, itumah hal yang gabisa dihindari, namanya juga motor kuproy ya gaboleh takut baret wkwkwk. Soal riding quality, ini emang jauh dari kata stabil wkwkwk, ya namanya mesin samping monoshock samping, ini mayan menguji skill ridernya kalo mau dipake geber”an wkwk (emang harusnya dibawa santai aja masbro, scoopy ane kalau kenceng juga ngerih – MMBlog). Dan entah cuma ane ato yg laen ngalamin juga, penyakit komstir yg lumayan ganggu sekaligus menantang. Pernah ane cek trnyata masih mulus komstirnya, ga oblak, setel dikit jadi enaakk bgt, tapi seminggu kemudian ya balik lagi kaya biasanya wkwkwk. (Scoopy ane malah komstirnya udah oblak nih – MMBlog)

Perkara originalitas, bisa dibilang 90% lah yaa, pentil udah ga ori, yaa namanya sering dicolong hehe, serta ban dalem belakang, yang udah ganti gara” yang lama bocor ketusuk gunting kuku sepulang kuliah wkwkwkw. Tapi yang paling sakit hati itu dimana emblem pgm fi yang ikutan dicolong maling wwkwk. (Beli di Honda Cengkareng bro, lagi ready stok tuh, ni LINK -nya) Selama 2 tahun 2 bulan ini menemani suka duka ane, alhamdulillah motor ini hampir gapernah rewel. Hampir aja kesalahan fatal dimana bengkel resmi lupa ga merhatiin oli gardan hampir setahun wkwkw, seal oli sampe bocor, dan ngerambat imbasnya ke pegas kick stater yg ngelos, untungnya langsung ketahuan dan cepet” dihandle.

Balik lagi soal durability partnya, bodynya termasuk luar biasa! Ane udah 2 kali nabrak dan belom ada gejala patah ato retak paraahh, tapi tetep retak alus gabisa dihindari laahh wkwkw. Dan menurut ane, ini generasi beat terakhir sebelum ganti mesin ke esp yang kualitas pelknya jempolan! Ane berkali kali masuk lobang dan alhamdulillah enggak penyok, soalnya pengalaman temen ane yg punya beat pop esp, baru 3 bulanan sekali masuk lobang pelk langsung penyok wkwkwkq. Tapi sorry to say buat headlamp unitnya. Dimana baru nubruk pelan aja mika headlamp langsung pecah wkwkwk. Dan entah itu motor ane aja ato yg lain juga, headlamp bisa dibilang sering gosong, kadang ga sampe setengah tahun udah ganti bohlam ๐Ÿ™ . (Scoopy ane pernah nerjang lobang, bukan peleknya yang kena, malah ban-nya yang bunting – MMBlog)

Motor ini udah nempuh jarak di odometer 15800an kilometer. Dan alhamdulillah ini motor masih perawan ga pernah jatoh, apalagi jatoh bego wkwkwk. Udah banyak banget cerita yang ane alamin, dari mulai perjuangan deketin cewe pake motor ini, sampe nemenin ane pulang pergi ke kampus tercinta hehehe. Diajak jalan” buat survey tugas kuliah sampe nyari makan bareng temen tersayang juga oke banget, irit banget walopun ane termasuk agresif kalo urusan riding hehehe, isi always pertamax ron 92 dijamin sehat selaluu.. (wiihh, romantis juga nih motornya masbro, kereeennn – MMBlog)

Ini ane lampirkan foto” motor ane, sering banget dibilang motor baru sama temen” wkwkwk, saking sering kinclongnya padahal mah wadaaww hahaahah. (Foto ane jadiin image di seluruh artikel ya bro – MMBlog)

Sekian wassalamualaikum, salam satu aspal, sukses terus Monkeymotoblog! (amiiinn, terima kasih banyak masbro Reza, sukses selalu dan salam satu aspal! – MMBlog).

Nah, mantap kan ceritanya? Perawatan yang luar biasa telaten tentu membuat motor jadi tambah aman, tambah nyaman, intinya memberikan dampak positif ke ridernya, kayak cerita yang di ceritakan oleh Bro Reza. Lalu gimana cerita-mu dengan motor-mu Sob? nah, bagi temen-temen yang pengen ceritanya dimuat di MMBlog silahkan kirim cerita temen-temen ke monkeymotoblog.com. nanti tiap minggu akan MMBlog pilih cerita terbaik untuk MMBlog kasih hadiah pulsa HP untuk mengganti kuotanya. Sekian, terima kasih, dan semoga berguna yah!

 

13 COMMENTS

    • beat punyaku pakai mpx dari tahun 2010 gak apa-apa tuh, malah udah lebih 70.000km gak pernah rewel apalagi ngebul..

    • beat keluaran 2010 juga bandel om, sampai sekarang masih oke banget top speed gak kalah sama matik keluaran terakhir..
      asal dirawat rutin ganti oli bawaan pabrik, gak usah neko-neko ditambah aditif dan tetekbengek lainnya dijamin sehat..
      saya pakai beat beli baru dari tahun 2010 sampai hari ini tidak pernah rewel, asal rutin service dan patuh sama buku panduan. motor dijamin aman, nyaman dan sehat.

  1. mantap testimoninya (y)
    saya pribadi lebih suka suara mesin beat yang tajam “memotong” dibanding yang dua silinder ngorok di kitaran bawah itu wkwkwk

  2. wah nostalgia saya baca testimoninya…..

    dlu saya juga user beat,… tahun 2014, bulan oktober kemaren baru d lego…
    ni motor emang praktis….bandel..walaupun waktu itu pernah rusak gear di engkol nya…
    cukup andalin servis berkala aja… jos banget….cuma dgn tinggi saya yang 172, utk PP cileungsi – ciputat (kurang lebih 70 km) berasa pinggang ga enak banget…. g tau karena jok nya keras..atau emang ergonomi nya yang lebih berasa ky jongkok d motor…

    akhirnya mutusin utk beralih ke motor naked aja…..setelah nimbang2 second nya z250sl, vixion n ncb150r… akhrny pilihan berlabiuh ke NCB….

  3. saya juga reza, pakai beat 2009, udah pernah turun mesin sekali sih beat nya akhir tahun kemarin, koz bner2 motor capek hehehe.

  4. 2009 dah pernah turun mesin? cepet bener… huehehehe
    si boesoek Suzuki gw turun mesin dah ngelewatin odo, itu juga gara2 gak ada olsam pas digeber…(ngejim 2x).

    wkwkwkwk

  5. Di rumah ada Beat esp br beberapa bln yg bermasalah joknya ssh dibuka, aneh bgt mekanisme pengunci joknya ga kyk motor2 jadul. Bikinin ulasan dong om vandra, apa cm motor sy yg cacat diantara jutaan beat diluar sana? Huahaha

    • Sebagai usaha sewa motor beat di bali ada beberapa diantara puluhan motor jenis beat yang saya miliki memang kebanyakan berkendala pada kunci jok. Besi pengait joknya terbuat dari kawat kayanya, rentan banget sama namanya bengkok.

      Selain itu permasalahan beat yang terjadi seperti yang udah ditulis diatas. Masalah pada komstir, atan bahasa bengkelnya kones. Jadi setiap servis bisa perhatiin tuh, biar bisa di getok tuh sama tukang bengkelnya biar enteng lagi setirnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here