Alhamdulillah, Akhirnya Mas Slamet Winarso aka Honda Win 100 Sembuh Juga!

16

Sobat MMBlog seharian, beberapa hari yang lalu, MMBlog agak kasian ngelihat Mas Winarso cuman ngejogrok berdebu di ruang tamu. Mana bensinnya bocor pula dari karbu, weleh, bikin seantero ruangan bau bensin! Udah agak jarang dipake, karena ya itu, kondisinya gak sehat-sehat amat. Problematika terabsurd adalah gigi-3 nya itu yang jedak-jedok gradakan ngeri-ngeri aneh. Tapi karena rasa penasaran dan rasa kasian, yaudahlah akhirnya digelandang aja ke bengkel langganan di daerah Depok, benerin!

MMBlog udah melakukan investigasi secara mendalam perkara gigi 3 yang jedak-jeduk ini, pencarian dan penelusuran MMBlog lakukan di grup facebook dan forum jual beli. Ada yang mengatakan capit udang di botolan udah haus, ada yang mengatakan ring pengunci gigi rasio udah haus, ada yang mengatakan laher tanem juga udah oblak, terus ada yang bilang juga kalau rasionya rompal, weleh gak ada yang pasti nih. nah, gegara inilah, MMBlog gambling dengan membeli satu set rasio Honda Win bekas bersama botolannya di situs jual beli online. Sellernya ternyata member di KWHI juga. Chit-chat, sellernya mengatakan kalau gear rasio ini masih normal, copotan dari motor Win tahun 2000 yang terawat, okelah, bayarin gak pake mahal 😆 .

Bawa ke bengkel di Depok, MMBlog jelasin ke pentolan bengkel yang udah pengalaman banget ini perkara masalahnya. Gak pake lama, mesin diturunin, dan dibelah! Gile bener, gak pake lama ngebelahnya masbro! Cek dan ricek, kondisi piston masih oke, tapi dinding silinder udah baret tipiiiis. Walaupun enggak ngebul, tapi gak enak aja gitu udah dibongkar kan, yaudah sekalian oversize aja deh, oversize 100, karena pistonnya udah oversize 50. Sip, bongkar lagi sampai bener-bene kececer itu part-part udah kayak lego, wkwkwkwk.

Di cek satu-satu rasionya, lho kok masih bagus semua, gak ada yang rompal nih. cek botolan dan capit udang. Eh, bener ternyata ada bagian yang udah kemakan Sob! dibandingin sama yang MMBlog beli seken, ternyata memang ada bedanya. Mungkin, inilah sebabnya pas masuk gigi 3, capit udang gak menekan sempurna rasio biar nge-klik. Yaudah di ganti aja pake yang sekenan, yang nemplok di motor disimpen aja buat kenang-kenangan, hehehe. Sama buat contoh, kali aja bisa dibawa ke mana gitu buat contoh beli baru biar ngejos!

Paking semua diganti, Bang Fred, punggawa bengkel nyaranin MMBlog untuk ganti paking dengan paking orisinil, MMBlog cuman bawa paking NLK yang berwarna hijau. Yaudah, ganti yang ori aja bang! Seal-seal semua diganti, ya iyalah, ini motor adalah motor capek bisa dibilang Sob, bocor semua! Jadi packing dan seal set, semua baru dan orisinil! Cek bandulan kruk as, wah bearingnya oblak euy, disaranin ganti bearing dan ngebalance lagi, oke lah, sikat aja! Gak heran sih, ini motor getarnya udah gak oke banget Sob! filter oli atau oil screeningnya robek! Wah, di robek sama mas tukul kali nih yah, tak sobek-sobek!!! Ganti juga dah sekalian.

Setelah beres semua, rakit deh, gile kalau udah ahli yah Sob, masang itu mesin udah kayak bocah masang lego! Cepat, tepat, dan akurat! MMBlog kirain, ini motor bakalan nginep, gak taunya kelar hari itu juga! Hmm, sempet deg-deg-an nih, gimana yaaa? Tapi kok di selah dua kali doang bisa langsung idup, wkwkwk, juoz! Yawis, Bang Fred dulu yang bawa, pas balik dia bilang, dia gak banyak omong, dan mempersilahkan MMBlog untung jajal. Oke, jajal! Gigi 1, bruuuuummmm, aman! Gigi 2, whheeeerrrrr, aman! Gigi 3, whuuuuuuuzzhhhh!!! Alhamdulillah amaaaan! Gigi 4 nyeeeeessss, amaan!!! Alhamdulillah, sembuh juga nih Mas Winarso! Turunin gigi, 4 ke 3, 3 ke 2, lha kok masuk netral, wkwkwkwk, ternyata masih aja nih karakter unik Honda Win, gigi 3 ke 2, jadinya netral 😆 . next, coba ganti gigi bintangnya deh, alhamdulillah udah dapet bintangan yang baru! sip! Tapi gak masalah juga sih, jadinya unik malah 😆 .

Total biaya hampir sentuh 1 juta rupiah, kembali 4000 doang, xixixi. Worth it? Buat ngerekondisi motor yang udah tua gini, terus jadi halus banget, dan juga bermasalah di transmisi sih oke banget! Bisa dibilang, jeroannya udah banyak yang baru Sob. ruang bakar juga dibersihkan, yang jelas udah siap buat diajakin ngaciiiirrrr! Pesan Bang Fred, oli di perhatiin dan ganti dengan rutin, Insya Allah motor awet dah! Nest project, mau pasang speedometer, ganti karbur karena sering bocor, ganti spakbor, ganti ban semi trail sekalian setel pelek, pasang kondom sok depan, sama ngekrom-in yang udah kusam-kusam. Seger lagi dah!

Oke deh, semoga bisa nambah refernsi dan informasi restorasi bagi temen-temen yah!

instagram

Villa Kanaya

16 COMMENTS

  1. wehhh jiannn mantabs namanya… minta tolong mas Vandra nanti di review mas Slamet Winarso nya setelah turun/bongkar mesin, seperti apa rasanya sehat sblum turun mesin dg sehat setelah turun mesin, rencana mau bongkar2 jg mesin motorku tp cari reviewnya dl… suwonnn

  2. Salam kenal ya mas Vandra, wah Honda Win 100 motor kenangan banget nih, motor dinas pertama bokap dulu, dari kecil dibonceng kemana-mana pake ni motor, dah puluhan tahun dipake akhirnya pensiun dan diganti sm motor bebek.. 🙂
    dan waktu pertama kali belajar motor, sama bokap diajarin pake ni motor.. 😀

  3. Gw abs 2 juta cuma buat rekondisi mesin L2g van. Wkwkwkwk. Tapi total semuanya di rekon.
    1. Piston set + Stang piston
    2. Balancing kruk as
    3. Ganti semua bearings
    4. Ganti semua seal
    5. Las crankcase, bikin drat baru untuk semua lobang baut, balancing crankcase kanan-kiri supaya presisi lg, bikin lobang as kick starter baru.
    6. As persneling Baru
    7. Kick starter baru
    8. Persneling/operan gigi Baru.
    9. Oversized blok mesin, skalian bikin drat baru buat mur knalpotnya.
    10. Ngerapihin head blok yg udh gak jelas juntrungannya
    11. Ganti semua baut di blok mesin pake OEM Yamaha yg warna item.
    12. Ngebubut atau bikin bos rotary baru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here