Mesin Satria F150 Lawas, Dibentuk Jadi Motor Nakedbike Pekerja Tampaknya Menarik!

15

Sobat MMBlog sekalian, Suzuki Indonesia, sejatinya memiliki mesin yang sudah teruji sekali durabilitasnya. Mesin yang sudah melanglang buana di tanah air selama kurang lebih 12 tahun dan dipasang disasis underbone milik Satria F150 aka Satria FU. Mesin ini adalah mesin yang udah punya nama, kenceng, tahan lama, dan bandel. Nah, setelah melihat Suzuki Gixxer 150 2017, ini motor ternyata udah masuk pasar Jepang yah? Menarik juga nampaknya kalau SIS memberikan opsi untuk membuat motor sejenis.

Tentu, desain jangan kayak Gixxer 150 yang ke India-an banget itu. Bikin lah yang sedikit muscular namun sederhana. Atau mungkin juga bisa mengadopsi desain Suzuki SV650 yang menggunakan lampu bulat, jadi neo klasik gitu, kan positioningnya jadi beda banget sama GSX-S150 tuh! Casenya, jadi kayak Vixion yang ditandem dengan Byson, atau CB Streetfire yang ditandem dengan Megapro dan Verza! Menarik kan? Konsumen jadi lebih banyak pilihan deh!

Banyak opini dan review mengatakan kalau Satria Euro 3 mesinnya terlalu lembut, nah, kalau lembut gitu kan udah oke banget dipasang di motor-motor streetbike pekerja. No problemo, malahan bisa ngasih value lebih dengan memberikan motor pekerja, namun mengusung mesin DOHC. Buat kerja siap, buat ngebut siap, buat touring oke! Tentunya, karburator di pensiunkan saja, ganti dengan menggunakan sistem pengabutan injection!

Emang sih pasarnya mungkin gak seheboh motor-motor sport radiator dan berkompresi tinggi kayak sekarang. Tapi segmennya tetep ada, dan Suzuki sebagai ATPM sepeda motor yang sekarang terlihat serius main di segmen sport 150 CC, tampaknya varian-variannya sebaiknya harus ditambah. IMHO, mesin satria lawas itu adalah treasure Suzuki Indonesia, mesinnya udah mature, udah jelas, sayang aja gitu kalau enggak dipake di motor dengan genre sport lainnya. Gimana menurutmu Sob? yes or no? Atau ada pendapat lain? silahkan temen-temen tulis aja yah dikolom komentar. Sekian, terima kasih, dan semoga berguna yah!

Btw, mesin pendingin udara gitu lolos juga di Jepang yah, berarti emang ramah lingkungan dong, mantap!

15 COMMENTS

  1. Sebenernya bentuknya keren pake cakram belakang. Bisa buat hajar verza positioningnya. Jual aja 17 pa 18 jt tp kopong di enginenya itu lhoooo

  2. untuk performa bagus sih, tapi efisiensinya kurang. perawatanya jg mahal di mileage tinggi.
    hemat saya sih lebih cocok mesin gs/en150 fi 6 speed. lebih cocok untuk mesin motor harian/pekerja.

  3. setuju mas vandra.
    pokoknya mesin fu lama masih terlalu dini untuk discontinue.

    usul saya sih, vanvan150!!
    5speed aja. asal torsi nampol.

  4. dulu waktu pertama kali FU lahir, pernah kepikiran, kok suzuki aneh y, motor bebek di kasih mesin 150 cc high power, n motor gede malah dikasih mesin yg cc kecil n power seadanya, sambil lirik Thunder 125
    šŸ˜‚šŸ˜‚šŸ˜‚

  5. udah lah, paling bener dibikin model Adventure aja beroo.. blue oceannnn,,, hahaa gag akan makan market nya sport fairing dah IMHO..

  6. iyak bener, dimensi SV650 dikecilin pakai mesin FU lama, cakep bener dahhh tempur lawan Verza,,,, keknya cuma Suzuki doang nih yang balik ke lampu bulat,,,,ada VStrom250 dan SV650 walaupun Yamaha juga ada XSR tapi beda genre

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here