honda-cengkareng

Sobat MMBlog sekalian, mesin motor empat silinder, adalah mesin motor yang common, yang umum, yang mainstream, dan yang paling menjadi impian atau idola di belantika motor tanah air. Banyak sebab kenapa mesin ini begitu didambakan, mulai dari powernya yang menyenangkan, halusnya mesin, dan menurut MMBlog yang paling utama adalah suara, yups, variabel suara ini membuat mesin empat silinder begitu punya appeal yang begitu tinggi! Merdu, melengking, ya emang belum umum sih di permotoran tanah air. Tapi tahukan temen-temen, motor apa yang menjadi pelopor mesin empat silinder seperti sekarang?

Pelopor mesin empat silinder moderen dan mainstream sekarang adalah Honda dengan Honda CB750-nya Sob. tapi apakah motor ini yang pertama menggunakan mesin empat silinder? Nah, sebelumnya memang sudah ada pabrikan yang membuat mesin empat silinder untuk sepeda motor, namanya FN Herstal, sebuah pabrikan sepeda motor asal Belgia, yang sudah memproduksi motor sejak tahun 1901. Tapiii, mesin empat silindernya bukanlah mesin empat silinder transverse yang pipa knalpornya menghadap ke depan, melainkan mesin empat silinder longitudinal yang pipa knalpotnya menghadap ke samping. Ya mungkin, saat itu teknologi belum seperti tahun 1970-sekarang, untuk transfer energi dari crankshaft ke ban ya butuh perangkat yang simpel-simpel aja.

Kemudian, pada tahun 1969, Honda secara berani, secara perdana, mengeluarkan sepeda motor Honda CB750 empat silinder, SOHC, dan menggunakan rem cakram. Sebelum-sebelumnya, sepeda motor lebih beken menggunakan mesin dua silinder dengan kubikasi besar, rem tromol, atau mesin satu silinder. Honda CB750, bisa dibilang memang motor yang legendaris. Setelah kelahirannya, motor ini langsung disambut oleh sambutan yang positif, laku keras, dan terbentuk sebuah trend yang mana juga membuat pabrikan lain mengikuti! Terjadilah pasar sepeda motor baru yakni empat silinder nakedbike! gak heran booming, halus, enak, nyaman, dan punya power hingga 60-an daya kuda! sedap!

Sekarang, Honda CB750 sudah tidak diproduksi lagi. MMBlog terakhir lihat unitnya ada di Hobby Motor pada tahun 2007. Jejak-jejaknya, tetap ada di varian CB sekarang kayak CB650, dan CB-CB empat silinder yang lain. empat silinder memang menarik, biaya produksi mesin empat silinder jika dibandingkan dengan performanya di jalanan, berbanding lurus rasionya Sob. emang lebih agak mahal, tapi yang didapat juga performa yang baik, mesin yang halus, serta karakternya yang unik! Oke deh, semoga bisa nambah referensi dan wawasan temen-temen yah! Sekian, terima kasih, dan semoga berguna!

Motor empat silinder dipelopori oleh Honda dengan CB750