Ganti Seal Shock Depan Kawasaki ER6n Dengan Seal Shock Yamaha Byson, PnP!

17

Sobat MMBlog sekalian, di artikel mengenai penggantian Ban Kawasaki ER6n milik MMBlog aka si Merah, MMBlog sudah mention beberapa kali tentang suspensi depan yang bocor. Bocor tepatnya di suspensi kiri. Ada dua kemungkinan, pertama, mungkin sealnya udah bapuk, udah lemes, jadi ya buocor dah. Kedua, ini ada baret di as soknya, kalau iya lemes dah :mrgreen: . yaudah, daripada penasaran, dibongkar aja, tapi, gak pake seal orisinil nih, MMBlog coba pakai Seal Shock Byson!

Kok Byson? Ada beberapa alasan Sob, alasan pertama adalah karena ukuran diameter as sok ER6n dan Byson sama yakni 41 mm. Kedua, seal sok Byson lebih gampang di temui di mana-mana, MMBlog aja beli ini Seal Sok di bengkel Yamaha deket rumah. Ketiga, ini seal sok, harganya setengah dari harga seal sok Ori Kawasaki ER6n, 30 ribu rupiah saja satunya, keempat, MMBlog udah tanya ke grup facebook ER6n Indonesia, kalau ternyata udah ada yang pake ini seal sok, jadi kenapa enggak?

Okeh, body yang melekat di lampu MMBlog lepasin di rumah, berikut sein dan juga cover sok, biar nanti pas ngerjainnya gak rempong bongkar-bongkar ina-itu lagi. Rebes semua, si Merah MMBlog gelandang ke Kharisma Motor, bengkel spesial Thunder 250, Inazuma, dan bengkel yang udah cingcay bener ngemodif motor. Koh Welly punggawa bengkel sebenernya juga nyetok seal sok Suzuki Bandit yang juga bisa dipakai di sok ER6n, tapi MMBlog udah bawa punya Byson, ya pake punya Byson dulu deh.

Koh Welly juga bilang, kalau mau service atau part-part ER6n, dia juga nyetok banyak tuh Sob. monggolah mampir-mampir atau kontak koh welly aja langsung buat tanya-tanya.

Gak pakai lama, kaki-kaki si Merah langsung di pretelin. Bongkar ban, lepas kaliper, lepas suspensi dari segitiga, dan bongkar suspensinya. Suspensi kiri yang bocor, ternyata olinya udah kecampur dengan air jadi kayak lumpur, sedangkan yang kanan olinya masih berwarna kekuningan. Kebongkar semua, bersih-bersih, sip lah, pasang seal sok Byson! Bener ternyata euy, PnP! Mantap! oiaaaa, cek dulu as sok kiri, ternyata eh ternyata:

As sok-nya baret serambut, dan panjang :’( , hadeeuhhh, hiks..hiks.. kalau mau ganti baru, siapin dana 1,2 juta. Kata koh Welly sih termasuk murah untuk ukuran motor gede harga as soknya. Tapi untungnya, as soknya masih bisa diamplas halus bagian baretnya, jadi bisa dipakai lagi. As sok thunder 250 MMBlog juga udah baret sebenernya Sob, tapi karena diamplas halus, pelan,pelan, bisa dipakai lagi dan gak bocor, mayanlah!

Setelah beres, kembali rangkai! Suspensi depan ER6n ini ternyata per-nya pendek yah. Masang gak pakai ribet, karena Koh Welly emang udah cekatan bener nanganin motor. Setelah terpasanga semua, dan gak lupa ngisi oli sok sejumlah 480 ml, motor MMBlog enjot-enjotin. Lho, kok berasa lebih stiff nih? enak dong buat nikung, asyiiikk!!! Beres semua, ongkos beserta oli hanya 100 ribu rupiah lebih dikit, seal sok 60 ribu, semuanya gak lebih dari 200 ribu. Bermoge gak perlu mahal-mahal masbro, xixixi.

Seal Sok Byson sama dengan Seal Sok ER6n?

Coba test riding lagi, ternyata bener, jadi agak stiff nih sok depan, getaran di aspal jadi berasa langsung di tangan, it’s ok, masih enak, apalagi pas dibawa nikung jadi nurutan dan antep! Tuh Sob, jadi seal sok ER6n bisa diganti pakai seal sok Byson! Wkwkwkwk, mayan! Murah dan nyarinya guampang! Tapi gak tau deh tahan berapa lama, hehehe. Kita lanjutkan riding dulu aja lagih. Oke deh, semoga bisa nambah referensi temen-temen yah! Subtitusi seal sok ternyata tinggal cari yang ukurannya sama aja masbro!

Kharisma Motor : Jalan Cinere Raya, No 17 C. (081316049399)

instagram

Villa Kanaya

17 COMMENTS

  1. Ya Allah mas MM Blog gantinya di Cinere toh,Tadi saya liat Er6n di bengkel wkwkwkk,Edisi ikut bapak kerja karna bolos sekolah.Eh ternyata gk taunya mas MM Blog yg disana

  2. Sekalian bozz ganti sok depan full set pake byson sm mesinnya sekalian pke byson,biar perawatannya murah dan mudah.
    Miara moge msh pusing mikirin partnya mahal,jual bozz ganti astrea grand.lbih irit juga bozz dr moge kali aj pusing jg mikirin bbm yg boros….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here