Fitur Neutral Finder di Motor Kawasaki, Ini Fitur Bener-Bener Memudahkan Rider!

11

Sobat MMBlog sekalian, di artikel ini, MMBlog pengen sharing mengenai salah satu fitur menarik yang ada di motor Kawasaki. Fitur ini, ada di Kawasaki ER6n, dan moge-moge Kawasaki lainnya. Entahlah, ada apa enggak di 250 CC-nya, yang jelas ini fitur selama MMBlog jajalin berbagai macam motor, hanya di motor Kawasaki aja yang ada Sob. emang itu fitur apaan? Namanya Neutral Finder. Lanjut lagi Sob.

Neutral Finder, adalah fitAur di sepeda motor Kawasaki yang sudah dipatentkan Sob. fitur ini berguna bagi rider untuk menemukan posisi netral sepeda motornya. posisi netral adalah posisi yang istilahnya giginya gak kecantol, wkwkwk, ya kalau diblayer tuh motor diem aje. Kagak masuk gigilah kalau orang betawi bilang simpelnya. Nah, posisi netral di motor-motor sport, biasanya ada di antara gigi 1 dan gigi 2.

Gigi 1, biasanya di engage dengan menekan tuas kopling (kaki) ke arah bawah, untuk naik ke gigi 2, tuas kopling harus di cungkil. Nah, posisi netral ada di tengah-tengah posisi itu Sob. biasanya, di motor-motor yang gak ada netral finder, rider harus mencungkil tuas dengan “penuh perasaan” untuk netralin motor, kalau main congkel doang ya masuk ke gigi 2 dah. Atau biasanya, dari gigi 2 juga bisa dengan menekan tuas kopling ke bawah, lagi-lagi dengan baper alias bawa-bawa perasaan 😆 .

Nah, dengan Neutral Finder ini, untuk nyari posisi netral asli gak pake ribet, caranya:

  • Motor harus yakin dulu masuk di gigi 1
  • Tarik tuas kopling (tangan)
  • Motor dalam kondisi statis alias diam
  • Congkel dan tuh tuas kopling (kaki) seenaknya aja 😆

Serius Sob, seenaknya aja, gak usah pake perasaan, congkel dengan kuat juga gak papa. Pasti jatohnya itu ke posisi netral kok, alias emang kagak bisa masuk ke gigi 2, wkwkwk. jadi jangan harap kalau di kondisi statis, si Merah dari gigi 1, bisa masuk ke gigi 2, yang ada kalau dicongkel malah ke posisi netral. Mantep kan?

Fitur ini bener-bener berguna buat rider kalau lagi mau nyari posisi netral pas di lampu merah, jadinya gak ribet dan gak perlu nyongkel-nyongkel pake perasaan. Ya walaupun, kalau udah motor pegangan, nyari netral juga sama sekali gak sulit. Tapi, buat pemula, tentu fitur ini asli jadi nilai tambah banget, karena yang baru bisa motor kopling kan biasanya nyari netral tuh udah kayak nyari jodoh, wkwkwk, susyeeh bener masbro :mrgreen: . oke deh, semoga bisa nambah referensi temen-temen yah!

11 COMMENTS

  1. n250 fi ane ada juga gan…
    ane malah baru nyadar setelah baca trit agan…
    biasanya emang asal bejek aja ane kalo mo netral in…
    paling baper emang nmp karbu ane,nyari netral lumayan susah waktu mesin nyala,tapi kalo keadaan mesin mati sih mudah

  2. Bukan tuas kopling kali yang dicongkel ma diteken,, tapi tuas persneling atau tuas gear shifter… tuas kopling mah yang di tangan…

  3. Iya juga, baru nyadar yg ngebedain posisi statis lagi diem
    betul tuh kata bro Cavalera, NMP ane jg rada hese klo mu nyari netral

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here