Ban Slick Untuk Test Ride di Sirkuit, Mendidik dan Safety!

9

Sobat MMBlog sekalian, beberapa hari yang lalu, dua pabrikan sepeda motor di tanah melakukan ajang unjuk gigi yakni mempersilahkan penggiat berita baik online maupun cetak untuk merasakan performa sepeda motornya di sirkuit. Nah, dalam acara ini, sepeda motor yan digunakan bisa dibilang udah “gak standar”. Yang paling mendapatkan sorotan yakni penggantian ban yang tidak menggunakan ban OEM melainkan menggunakan Ban Slick. Untuk Suzuki GSX-R150, ban slick dipilih karena setelah test ride Media, Vlogger dan Blogger, motor langsung digas oleh pembalap SAC untuk menentukan siapa saja yang berhak dan pantas untuk menggeber motor di SAC. Untuk Yamaha, MMBlog kurang tahu, mungkin karena akan digeber juga oleh Vinales. Tapi diluar itu semua, MMBlog malah mengapresiasi hal ini, kenapa?

Penggunaan Ban Slick sejatinya memang pas banget diaplikasikan ke sepeda motor yang akan diturunkan di sirkuit. Ada beberapa alasan dari awam seperti MMBlog, pertama, ban ini emang diperuntukan untuk kondisi aspal sirkuit yang notabene bersih dari pasir dan variabel-variabel lainnya, bukan aspal jalan raya yang banyak macemnya. Ban slick, yang merupakan ban balap, pada umumnya memiliki cengkraman yang lebih greget di aspal yang bersih, rata, dan gak ada airnya. Kalau udah begini, pastinya ngegeber motor di sirkuit jadi lebih safety dong? Hayo?

Gini aja dah, sederhana kok, di sirkuit itu, orang pasti kalau udah turun, kagak mungkin bener dah bawa motor kayak di komplek (Kecuali Om Benny Beruang pas geber TVS, wkwkwkwk), adrenalin kepompa, rasa penasaran menghantui, rasa gak mau kalah menyelimuti. Outputnya apa? Motor pasti di pentokin gasnya! Pas di tikungan, motor direbahin serebah-rebahnya! Ban Yang bisa mengakomodir style berkendara kayak gitu dengan optimal ya Ban Slick!!! Inget optimal lho ya, ban standar sih bisa-bisa aja, tapi ya pasti, gak seoptimal ban slick.

Ditambah lagi, skill tiap rider itu beda-beda masbro. Kalau yang belum punya feeling dan pengalaman yang oke, pake ban yang lengket itu pastinya jadi lebih aman dibandingkan ban harian.

Ah, tapi kan gak fair mas? Harusnya menggunakan ban standar dong! Wong motor yang dijual pake ban standar! Kalau di test jalanan, harian, baru dah tuh pake ban standar, yang memang udah jelas peruntukkannya. Kan ada waktu-waktunya juga keleus, pas di test di sirkuit pake ban slick, terus pas di test harian, jalanan, baru pake ban standar. MMBlog pribadi, lebih seneng ngegeber motor di sirkuit kalau udah pakai ban slick, berasa lebih pede dan lebih lengket memang masbro. terus, sejatinya hal ini juga bisa jadi edukasi, ya temen-temen kalau mau aman, mau maksimal, mau tahu kemampuan motor lebih dalam ketika disikuit, ganti ban dengan ban yang lebih mengakomodir. Kayak Yamaha R6 di artikel INI dan Honda CBR600RR di artikel INI.

Oke deh, ini opini seorang awam aja sih Sob, ada opini berbeda? silahkan di bully aja yah, xixixixi. sekian, terima kasih, dan semoga berguna!

9 COMMENTS

  1. setuju, kalau gitu kasih masukan pabrikan mas, tiap acara test ride resmi di sirkuit harus pake ban slick.. ane setuju banget klo soal safety nya.. walau kondisinya jadi agak kurang fair dengan produk asli yang dijual

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here