Sobat MMBlog sekalian, di artikel mengenai penggantian ban yang telah MMBlog lakukan di Rumah Ban Motor (klik), MMBlog kan juga mention pertanyaan tuh, temen-temen tahu apa enggak MMBlog pakai ban apa? Nah, dua penjawab ternyata betul Sob, MMBlog menggunakan ban Aspira Premio Sportivo. Ban lokal dari Aspira yang dirilis baru-baru aja, dan jujur, MMBlog penasarannya pake banget! Harganya amat sangat menarik, gak sampai 1 juta untuk ban depan dan belakang. Terus melalui ban ini, MMBlog mau membuktikan kalau ban lokal itu oke gak yah buat motor 650 CC dan punya power 70 Daya Kuda?

MMBlog baru ngaspal dengan Aspira Premio Sportivo ini kurang lebih 70 kilometer. Waktu ganti ban, kilometer ER6n 19.936, nah sekarang udah genap 20.000 Km. Ban Dunlop Roadsmart 2 bisa dibilang udah kacau kondisinya, diganti dengan ban baru ini, hasilnya bisa MMBlog bilang memuaskan untuk impresi perdana. Ngomongin desain dan karakter ban, ini ban kembangannya bisa dibilang sebagai kembangan zaman sekarang yang ulir ban depan terbalik. Ban sport touring ini punya bentuk yang gak terlalu ngebulat, ya kayak Dunlop RoadSmart gitulah, beda sama Zeneos ZN62. Kembangannya menurut MMBlog pribadi kece juga baik depan ataupun belakang.

Tekanan angin menurut rekomendasi ban adalah 42 Psi, pihak RBM sudah pas banget mengisi angin dengan tekanan segitu, mantap! impresi pas dibawa riding, dibawa pelan sih pasti oke-oke aja. Motor berasa melaju mulus, gak ada gejala atau karakter ban yang unik kayak ban geal-geol ala ban kempes, lancar! Di 50 kilometer pertama, asli MMBlog bener-bener berhati-hati, karena ban masih baru, masih ada lilinnya. Tapi di 20 kilometer berikutnya, MMBlog coba push!

Hasilnya, dihentak ala akselerasi motor 650 CC dua silinder yang torqy, ini ban gak ada gejala slip. Mencoba hardbreaking-pun, ban gak nge-gelosor, tetep lengket sama aspal. Lalu kemampuan cornering, alhamdulillah, berasa lengketnya Sob. tentu, MMBlog belum coba gimana cornering dengan rebah-rebah, nantilah, kalau kilometer ban sudah lumayan banyak dan lilinnya habis, terus suspensi depan kan juga masih bocor. Impresi perdana pokoknya memuaskan Sob, si Merah jadi enak lagi, jadi lebih enak dibawa belok, geal-geol ilang, patut di apresiasi nih ban buatan anak negeri!

Spek ban sendiri, compoundnya medium, cocok buat harian dan touring. Sepertinya masih ban Bias, belum radial, ada spek tertinggi yakni Sportivo RS, sayangnya gak ada ukuran 160 buat belakang. Hmm, menarik banget Sob asli. Tinggal benerin Sok depan, terus MMBlog coba cornering gila-gilaan pake si Merah, kayaknya sih masih bisa ngejabanin ini ban. Pokoknya harganya Enak, dibawa riding enak, ENAK-lah pokoknya! Ada review serupa dengan Premio Sportivo? Monggo dishare yah Sob.