Sobat MMBlog sekalian, akhirnya, kesempatan untuk ngegas Pol-Polan Honda CBR250RR datang juga. MMBlog bersama dengan belasan temen-temen blogger lainnya, diundang oleh PT Astra Honda Motor guna menggeber motor sport 250 CC terbaru dari AHM ini secara aman dan nyaman di sirkuit sentul Jawa Barat Bogor. Mendapatkan giliran di kuarter 2, MMBlog riding bareng Mbah Dukun, Apip, Lek Ferboes, Mang Gilar, Mang Jejen, dan Eno, mantaaap! Akhirnya rasa penasaran MMBlog terjawab dan terpenuhi juga. Jika diinduksikan, maka Honda CBR250RR alias motor yang punya tiga riding mode ini emang Definetely Total Control, bukan cuman tagline atau semboyan, tapi nyata! Awesome!

Di lap awal, MMBlog dipercaya untuk menjadi sweeper temen-temen blogger yang belum terbiasanya ngegas di Sentul, okeh Jadi! Untuk keselamatan bersama apa yang enggak sih, hasek! Nah, di impresi awal ini, aje gile, di bawa santai ini motor kok nurut amat yah, berasa grip ban kok lengket bener sama aspal, udah kayak ban kereta api yang nyangkut sama rel keretanya Sob! Wkwkwk, nah, ketika udah di R10 – R11, MMBlog coba bejek lebih dalam, dengan anggapan, temen-temen lain udah ngegas sekali di sentul satu lap! Terlihat Mbah Dukun juga udah ngegas tuh, yawis, gas juga. Perlahan, temen-temen lain MMBlog susulin dah, hingga akhirnya MMBlog ada di belakang si Mbah, huehehe :mrgreen: .

Di Trek lurus, MMBlog yang suka shifting kecepetan ini, tembus 168 Km/jam, yang lain bisa 170-171Km/jam, mantap! yawislah, gak terlalu fokus juga nguber top speed, udah pasti kencengnya masbro, lebih pengen tahu kemampuan lainnya selain power mesin. R1 karena udah pede dan udah punya experience sebelumnya, embat di 110 km/jam, asyeeemm, nikungnya antep bener, mau makin rebah dan makin dalem nikungnya yakin bisa! Tapi kalem aja lah, R1 110 km/jam udah lumayan okeh, masuk R2 kecepatan dipanteng dan exit R2 bisa tembus 140-150 Km/jam sebelum masuk R3-R4, disini mah kalem lagih, 80 Km/jam aje Masbro, wkwkwkwk, lepas dari situ hajar lagi, tarikan di mode sport plus, ditambah ngegantung RPM (bagusnya di rpm 8000-9000), bawa motor bener-bener bikin pede! Momok selanjutnya adalah S kecil, diayun aja dah, lagi-lagi gejala bokong liar sama sekali kagak kerasa Sob! Perkara handling, ini memang Super Strong Point di Honda CBR250RR Sob.

Total 4 Lap MMBlog rampungin dengan posisi finish tepat di belakang Mbah Dukun. Di Track, performa rem ternyata berbeda dengan unit yang MMBlog pakai touring, yang ini kayaknya berasa udah nge-plug banget antara disc dengan kampasnya, yups, motor juga dipake beberapa kilometer nih, jadinya rem juga terbukti mantap melambatkan laju motor Sob. Track, sirkuit, emang jadi habitat murni dari Honda CBR250RR Sob, siap-siap, kalau diajakin balap resmi dengan para rival, dengan sedikit ubahan dan settingan pada kaki-kaki, Honda CBR250RR pasti bisa menari dan meliuk dengan lebih lincah lagi, in out-nya pasti bisa lebih cepat Sob, aje gile ini motor Oomm 😯 . Untuk pembahasan detailnya, variabel per variabel, temen-temen bisa klik link yang terlampir di bawah ya. Gile pokoknya, untuk Trackday, ini motor asli cocok dan pas banget Sob! Apalagi kalau buat penjenjangan balap ke kelas yang lebih tinggi macam supersport, superb! Oke deh, sekian, terima kasih, dan semoga berguna yah!

Yang jelas, Kawasaki Ninja 250Fi dan Yamaha R25 harus berbenah banyak kalau mau saingan sama CBR250RR, bukan saingan di penjualan aja, tapi untuk kelas ini, kehadiran CBR250RR emang mau enggak mau udah jadi benchmark baru untuk motor 250 CC, mau pabrikannya di cap sebagai produsen motor yang “low-tech

Photo By: Mas IWB Iwanbanaran.com