Sobat MMBlog sekalian, di India sana sedang hangat diperbincangkan mengenai spyshoot atau penampakan dari sepeda motor yang kemungkinan besar adalah Yamaha FZ250, Fazer 250, atau mungkin kalau di Indonesia-kan akan menjadi Scorpio 250. Motor ini adalah motor yang bisa dibilang, secara tampilan emang berotot, muscle bike, streetbike, nakedbike kontemporer dengan mesin sederhana big single berpendingin udara, kansnya? Opini MMBlog, kalau di India sih mungkin oke, tapi di Indonesia, mending dipikir lagi.

Di Indonesia, tampaknya era atau masa mesin satu silinder berpendingin udara sudah mulai berpudar. Lain cerita di tahun 2000-an hingga tahun 2010. Mesin berpendingin udara di motor-motor dengan desain dan body kekinian masih diminati. Ambil contoh Yamaha Byson dan Megapro, di awalnya motor ini sempat booming, laku keras, dan heboh, bahkan Byson, bisa dibilang punya awareness yang masif, isitilahnya bahkan moge pun suka dibilang Byson Modif kan? Tapi makin kesini, coba lihat Sob?

semakin ke MT-MT-an yah

Byson dan Megapro bisa dibilang mulai kabur dari pemberitaan, ternyata penjualannya pun kurang menggairahkan. Padahal Byson udah mendapatkan update yang lumayan keren, dan motor ini emang nyaman digunakan, terlebih udah Injection pula. Megapro? Sama aja, bisa dibilang, ini motor adalah motor sport AHM yang penjualannya di posisi paling buncit, karena apa? Karena platform mesin gak berbanding lurus dengan positioning motor.

Platform mesin berpendingin udara, lebih cocok di pasang di motor yang positioningnya adalah motor pekerja macam Honda Verza, lihat penjualannya, selalu stabil. Atau kalau mau kekeuh, monggo dipasang di motor yang positioningnya motor retro, atau motor trail, oke malah. Di motor sport kekinian/kontemporer, platform mesin yang cocok adalah mesin-mesin liquid-cooled (radiator) dengan teknologi SOHC/DOHC.

ngomongin gak laku sih juga enggak, tapi penjualannya mungkin gak secermerlang motor-motor dengan mesin “sekarang”. ya segmen selalu ada, cuman gemuk atau kurusnya itu lho Sob.

Trend dan pasar emang dinamis Sob, susah kalau mau tetep ngotot masarin motor dengan desain up to date seperti yang banyak beredar saat ini, tapi dengan mesin engkel, pendingin udara, satu silinder. Oke deh, ini opini MMBlog Sob, mungkin temen-temen punya opini lain? Biasanya kalau opini-opini begini temen-temen pada kritis nih, ditunggu feedbacknya ya!