yamaha-xt660-tenere-08-2

honda-cengkareng

Sobat MMBlog sekalian, ketika MMBlog bikin artikel polling mengenai Kawasaki Versys 250 VS Honda CRF250 Rally, menarik karena 63 persen dari Voters, lebih menginginkan Honda CRF250 Rally ketimbang Kawasaki Versys 250. Banyak yang beranggapan, karena Rally emang lebih cocok untuk off-road, tempur, dan touring, torsi lebih asyik daripada power, dan lain sebagainya, ya bener juga sih Sob, mungkin segmennya beneran beda kali yah, yang demen jalan jauh kan beda sama yang demen off-road.

yamaha-xt660-tenere-08-3

Kembali lagi ke topik, satu silinder vs dua silinder di motor adventure yang satu segmen. Ternyata di segmen bigbike, mesin satu silinder di motor adventure gak menjadi favorit para peturing Sob. hal ini, terlihat dari geliat Yamaha yang akan mengganti mesin/motor Tenere 660 dengan mesin dua siilinder Yamaha MT-07! Nah, terlihat kan, di segmen  bigbikenya, ternyata motor adventure dengan dua silinder lebih diminati! Kalau mau satu silinder, ya konsisten dengan style trail atau supermoto aja yang siap blusukan.

honda-crf250-rally-to-become-reality-heading-for-production_6.jpg

cakep ya

Mungkin, pengaruh ini disebabkan oleh pure purposenya. Kebanyakan dari moge-moge adventure emang lebih punya concern ke motor touring aspal yang demen jauh-jauhan riding. Ya mau off-road? Sedikit ajalah, toh ini kan untuk refresing, bukan kompetisi dakar yang siap makan korban atau harus menjalani rute riding yang melalui padang pasir terus-terusan. Yamaha Tenere 660, padahal ini motor punya segudang spek yang menarik, klepnya lima, torsi ajib, suspensi mantap! tapi malah mau didiskontinue dengan alasan gak masuk regulasi emisi euro 4.

versys-250

Okelah, ada pendapat lain Sob? tapi menarik nih, jadi penasaran, untuk melihat data penjualan Kawasaki Versys 250 dan Honda CRF250 Rally. Yang satu on road adventure yang satunya lagi on/off road adventure, hmm. Semoga berguna aja deh 👿 😆 🙄