honda-cengkareng

Sobat MMBlog sekalian, libur panjang hari raya Natal dan Tahun Baru, MMBlog isi dengan jalan-jalan. Ngajak soulmate jalan-jalan Sob, xixixi. Tujuan awal pengen ke Ciwidey atau ke Gunung Padang Cianjur, tapi kok rasanya lumayan juga nih jaraknya yak, belom lagi cuaca juga belakangan ini mood-mood-an, pagi terang sore kuyup. Motor yang oke dipake juga Thunder aja, mana pas mau berangkat sempet kagak bisa di stater pula, hadeeuh. Yaudahlah, pilih objek wisata yang deket aja, browsing-browsing eh gak taunya ada Gunung Batu di daerah Jonggol, menarik nih gak terlalu jauh, ngaciiirr daaah!

Gunung Batu, terletak di Jonggol Jawa Barat. Mencapai ke sana, bisa lewat Cileungsi – Jonggol, atau temen-temen juga bisa lewat Cibinong – Citereup. Kalau temen-temen domisili di Depok Jakarta, lewat Cibinong aja mendingan, tapi kalau di Bekasi, lewat Cileungsi lebih deket sih. Tapi lewat Cibinong Citeureup treknya lebih asoy dan lebih asik Sob. Kelok-kelokan, pemandangannya juga bagus, aspalnya juga mantap, naik turun mulus, dan waktu tempuhnya juga gak terlalu lama, mayan. Gak pae ribet kok kesana, tinggal nge-maps aja di Smart Phone, ikutin arahnya, dan di jalanan udah ada petunjuknya juga kok. Oia, mencapai Gunung Batu, gak ada angkot Masbro, baiknya sih emang pake kendaraan pribadi.

Riding berdua kesana, Thunder yang kampas koplingnya udah mulai selip itu masih bisa diandalkan. Agak ngerih gantung rpm di 8000-an, mesin tua Sob, satu silinder Thumper pulak, wkwkwk, ya santai ajalah, niatnya juga jalan-jalan, kalau mau kenceng-kencengan ya di track aja, tinggal melipir ke Sentul :mrgreen: . Sampai juga akhirnya Sob di Gunung Batu, parkir motor Rp.15.000.- sebenernya sih bisa bawa motor ke depan titik pendakian awal, tapi jalanannya bikin rusak motor, wkwkwk, yaudah parkir di depan aja lah. Jalan kaki lagi kurang lebih 400 meter, baru deh sampai ke titik awal pendakian. Bayar lagi Rp.5000.- satu orang sama mamang-mamang yang jaga di Saung. Akhirnya dimulai juga pendakian ke Gunung Batu.

Ini Gunung sebenernya sih lebih tepatnya Bukit, gak tinggi-tinggi amat, dan jarak pendakiannya juga gak jauh, tapi ngelihat yang pernah share foto, foto di atas viewnya bagus, ya gak heran sih, dari bawah aja kelihatan bahwa gunung batu itu puncaknya lumayan tinggi. Oke, jalan-jalan-jalan, weleehh, ternyata pendakian juga ditemani oleh gerimis dan hujan Sob! Jalur pendakian yang di dominasi oleh batu dan diselingi tanah ini jadi luicing sangat! Ngerih juga Sob, mana MMBlog kagak biasa olahraga, akhirnya napaspun tersenggal-senggal, ngos-ngosan, kelelahan, wkwkwkwk, kacrut bener dah ah! Tapi istri saya biasa aja, mantap! Pendakian darid titik awal, menuju tempat camping gak jauh Sob. Masih bisa di tempuh dengan jalan biasa, kalau gak ujan mah atau gak licin mah cepet dan enak Sob.

Cerita dan drama dimulai dari tempat camp.

Nah, dari tempat camp menuju puncak, mulai terjal-terjal dah tuh. Tali tambang yang ada, berfungsi banget buat bantu naik. Tapi itu tambang juga jadi licin karena tanah berlumpur. Nyali dan fisik mulai diuji disini Sob. Makjooosss! Bener-berangkang dah tuh, kalau yang demen ngeluh, ngegerendeng, gak sabaran, mendingan jangan dah yak, wkwkwk. Ini juga ujan kagak berenti-berenti, makin bikin ciut nyali masbro, mulai dari camp, pokoknya itu tali sambung menyambung karena emang susah didaki kalau gak pake tali derajat kemiringannya asli terjal banget! Pastiin juga kondisi fisik temen-temen fit, dan yakin pasti bisa naik. Nah, drama gak selesai sampai di sini.

Setelah pendakian terjal yang berupa tanah, hadir lagi dah tuh pendakian yang mana harus ngerayap di bebatuan, jiaah, ini ada satu batu besar yang kurang pijakan Sob, Istri saya bisa naik setelah bertopang naik dengan bantuan paha saya. Saya sendiri, bisa naik dengan sedikit gelendotan di tali dan bener-bener menjelma seperti tokek πŸ˜† .

Selesai dari sini udah lumayan mendingan, tapi tetep jangan anggap remeh karena licin pas hujan.

Tinggal kayak naik tangga berbatu aja. Oia, jangan sekali-kali nengok belakang dah. Bikin ciut nyali, emang sih pemandangannya super duper keren! Nah, setelah hampir sampai puncak, baru bisa bernapas lega, nikmatin pemandangan, dan istirahat. Puncak paling tinggi tuh yang ada benderanya, tapi MMBlog kemarin gak kesana soalnya ramai banget, jadi ya di titik setelah puncak aja, toh pemandangannya udah keren banget Sob! Subhanallah. Setelah puas ambil foto sama napas, MMBlog turun, ini lagih, naik licin mah yasudahlah, ini turun Sob :mrgreen: berkali-kali MMBlog jatuh kepleset dan nyungseb πŸ˜† duh, kalau ujan mending di pending aja Sob, lebih enak pas kering. Abis itu baru sadar badan udah kuyup masbro πŸ˜† .

Nah, buat tempat destinasi wisata, tentu Gunung Batu sangat menarik untuk dikunjungi Sob, trek kesananya asyik, dan mendakinya juga seru! Semoga bisa nambah referensi temen-temen yah!