Bertemu Dengan Motor Eksotis, Husqvarna Nuda!

11

Sobat MMBlog sekalian, ketika meliput launching dealer KTM di Ciateul Bandung, MMBlog sempat dibuat terperangan oleh wujud dari sepeda motor super langka yang masa hidupnya memang hanya sebentar Sob. Motor ini adalah motor Iconic dari motovlogger asal Negeri Ratu Elizabeth, Royal Jordanian. Udah tahu motor apa? Ya kalau temen-temen lihat foto yang jadi featured dari artikel ini, pasti udah tahulah, Huaqvarna Nuda! Akhirnya ketemu juga MMBlog dengan motor eksotis ini Sob, terus gimana motornya?

Nuda, kalau ditelaah, kata ini berasal dari Bahasa Italia, Nuda punya arti telanjang aka bugil. Hmm, unik sih emang, dan kalau melihat unitnya, emang bener Sob, ini motor emang bugil alias emang minim bener dah panel body yang melekat di sasisnya. Eksposure paling berasa adalah di sektor mesin. Komposisi mesin sama body kayak lebih banyak mesinnya Sob. MMBlog melihat motor ini pertama kali kesannya adalah, simpel, tinggi, dan semok! Kok semok? Iya, atasnya ramping, bawahnya gambot bener! Sadis!

Husqvarna Nuda, bisa dibilang sebagai motor hybrid antara street/nakedbike dan supermoto. Tinggi, ramping, tapi kaki-kakinya sport abis! Suspensi depan, menggunakan suspensi depan Sachs dan suspensi Ohlins di belakang. Kaki-kakipun gede, ban depan disikat oleh ban lebar 120, dan belakang 180 (default), tapi unit yang MMBlog temui ini, menggunakan ban belakang ukuran 200 Sob, gile jadi lebar banget dan asli seksinya Sob. remnya pun, menggunakan kaliper Brembo! Serem!

Perkara mesin, ini dia, waktu itu Huaqvarna masih menjadi bagian dari BMW. Jadi Husqvarna Nuda 900R ini mesinnya menggunakan mesin inline twin dari BMW F800R, berkubikasi 898 CC, punya torsi 100 Nm dan punya power maksimal hingga 105 daya kuda, gilanya ini motor punya kompresi yang serem yakni 13.0 : 1 ! tetep overbore dengan kondisi piston 84 x 81 mm. Mesin ini, adalah mesin yang sudut crankshaftnya 360 derajat, alias dua pistonnya itu turun naik bareng-bareng. Waktu unit ini dinyalain, suaranya asli unik dan berkarakter Sob breeeeppppp….breepppppp….breeeeeeppp! knalpotnya udah diganti pake Arrow pula, mantap!

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

Untuk test ride, MMBlog belum ada kesempatan nih Sob, hehe. ya next time lah. Terus gimana untuk sekenannya? Ya iyalah, gak ada barunya lagi, wong diproduksi dari tahun 2011-2012 doang. Sekennya ada dijual dibeberapa FJB dengan harga 250-275 juta rupiah Sob. berminat? Tentu menarik menjadikan Husqvarna Nuda sebagai motor koleksi. Oke deh, semoga bisa nambah wawasan temen-temen yah!

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

11 COMMENTS

    • Posisi knalpot & sprocket kebalik kan khas mesin BMW-Rotax 800, itu BMW F800GS juga kebolak-balik karena pakai mesin yang sama.

  1. komentar lo dimana2 kok bawa motor honda mulu sih roy…diomong bocah lo udah bangkotan…dikata udah bangkotan komenya curhat mulu…
    udahlah roy lupain motor honda…terima kenyataan…masyarakat indonesia lebih menyukainya…
    moga kamu cepat move on roy…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here