Aprilia Mana 850, Inspirasi Honda Membuat NC700/750? Sport Matik dan Helm-In!

Sobat MMBlog sekalian, mungkin, selama ini, yang kita tahu bahwa Honda sangat inovatif dengan membuat sepeda motor sport super nyaman layaknya Honda NC700/750. Sepeda motor sport yang asli uniknya, mesin inline 270 derajat crankshaft, helm in di tangki dummy, dan menggunakan transmisi automatic aka matik yang gak ribet. Tapi ternyata, 5 tahun sebelum Honda NC700 ada, pabrikan Eropa, Aprilia sudah membuat motor serupa yang bernama Aprilia Mana 850!

Dibuat pada tahun 2007 dan selesai hingga tahun 2012, kayaknya memang menjadi inspirasi Honda membuat motor dengan value seperti ini. Strategi ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) memang ampuh dan jitu, ya lihat aja Mana udah gak diproduksi lagi sekarang, tapi Honda tetap memproduksi dan malah mengembangkan Honda NC series-nya Sob. balik lagi ke Aprilia Mana, emang motornya tuh kayak gimana sih?

Aprilia Mana, kalau menurut pandangan MMBlog, secara desain punya desain yang eropa banget! Sasis konsisten menggunakan teralis, hmm, kalau dilihat lebih dalam lagi, kok punya persamaan desain dengan MV Agusta Brutale yak Sob? wkwkwkwk :mrgreen: . iya, menggunakan lampu oval semi tear drop, knalpot di sisi kiri motor, tapi punya posisi suspensi belakang yang mirip dengan Kawasaki ER6n, melintang di samping motor Sob. bicara desain, Eropa banget lah pokoknya!

Perkara mesin gimana? Nah, ini, perkara mesin menurut MMBlog, ini dia yang menarik dan berkarakter. Mesinnya menggunakan mesin V-Twin yang pasti torqy abis. Punya kubikasi murni 839 CC Sob, dengan transmisi otomatis. Di transmisi itu, ada tiga mode berkendara, ada mode sport yang memberikan power maksimum, ada touring mode yang memberikan porsi tenaga cukup dan efisiensi tinggi ketika diajak touring, dan mode rain yang mereduksi power hingga 25 persen. Powernya? mesin Aprilia Mana 850 Bisa sampai 75 bhp, lumayan banget!

Tapi ini motor gak melulu harus di gas dengan mode matiknya lho Sob. bisa juga dengan mode manual. Proses pindah gigi juga bisa dilakukan dengan manual dengan menekan tombol plus dan minus yang ada di saklar kiri motor, bisa dibilang, emang mirip nih dengan Honda NC series! Tapi bedanya lagi, perpindahan juga bisa dilakukan dengan mencungkil atau menekan persneling koplingnya Sob. gigi-nya ada tujuh Sob. menurut review-review yang MMBlog baca, Aprilia Mana 850 emang nyaman digunakan dan anti lelah Sob.

Yang menarik lainnya apa? Ini motor helm-in! yups, helm atau barang-barang lainnya dapat dimasukan di bagasi yang terletak di tangki dummy. Iya Sob, yang biasanya jadi tangki itu ternyata bagasi, sedangkan tangkinya ada di bawah jok belakang, terus ada rem tangannya juga euy. Nah, bener kan? Ngikutin Honda NC700 series, eh apa Honda NC700 ngikutin Aprilia Mana 850? Honda NC700 lahir pada tahun 2012, ketika Aprilia Mana malah kelar idoepnya!

Oke deh, semoga ini artikel bisa nambah wawasan temen-temen semua mengenai khalayak permotoran di dunia. Ternyata sport matik gak hanya di Honda aja Sob, Aprilia juga ada duluan Sob! nih video reviewnya dari Youtube, penjelasannya okeh banget!

[/fusion_youtube]

7 Replies to “Aprilia Mana 850, Inspirasi Honda Membuat NC700/750? Sport Matik dan Helm-In!”

  1. Jadi inget piaggio dna. Kapan ya motor kek gt di produksi dimari?
    Bentuk sport batangan, pake sistem matic, tangki depan buat bagasi. Kayake mesin model kayak nmax cocok tuh dibikin kyk gt

  2. dulu di Indonesia juga ada Piaggio atau Gilera 180

    body sport dengan mesin transmisi otomatis (matic), tangki dummy nya juga helm in

    monggo Um Vandra cari di olx, ada yg jual kok seken nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *