Mantap, VIAR Bekerjasama Dengan Universitas Gadjah Mada Kembangkan PULSE & Q1

0

q1

Principal Otomotif asal Semarang, PT. Triangle Motorindo sepakat menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bersama  dengan  Universitas Gadjah Mada untuk mengembangkan teknologi Motor Listrik.

Sobat MMBlog sekalian, di Yogyakarta, diwakilkan oleh Ignatius Kartiman selaku Presiden Direktur PT. Triangle Motorindo bersama dengan Prof. Dr. Suratman, M.Sc.  selaku Wakil Rektor Universitas Gadjah Mada, Proses penandatanganan MoU tersebut dilaksanakan pada sela-sela seminar “Teknologi Otomotif Masa Depan” yang berlangsung di Ruang LPPM, Gedung Pusat UGM, Selasa (8/11).

foto-bersama-dengan-peserta-seminar

Dalam kurun waktu 5 tahun ke depan, PT. Triangle Motorindo bersama dengan Universitas Gadjah Mada akan bekerjasama melakukan riset dan pengembangan teknologi untuk sepeda motor listrik Viar Pulse dan Q1, terutama pada sektor engine, controller, Battery Management System (BMS) dan baterai, dikarenakan hingga saat ini komponen-komponen tersebut masih diimport oleh Viar.

proses-penandatanganan-mou-kerjasama-viar-dan-ugm

“Target kami dengan adanya kerjasama antara Viar dengan UGM adalah kedepannya  mampu meningkatkan presentase kandungan lokal di sepeda motor listrik Viar, termasuk motor listrik dan memaksimalkan kinerja pada baterai sehingga menghasilkan motor listik yang benar-benar irit, efisien dan terjangkau” jelas Kartiman.

pulse

Wakil Rektor Universitas Gadjah Mada, Prof. Dr. Suratman M.Sc., mengungkapkan kebanggaannya bagi UGM karena dapat bersama-sama melakukan kerjasama riset dalam bidang otomotif dengan industri otomotf dalam negeri untuk meningkatkan kandungan lokalnya. Khususnya dalam hal pengembangkan proyek sepeda motor listrik Pulse dan Q1.

acara-seminar-kerjasama-viar-dengan-ugm

“UGM tentu sangat senang, dapat berkerjasama dengan industri dalam negeri untuk meningkatkan local content komponen dan upgrading technology yang saat ini ada sehingga produk industri dalam negeri menjadi lebih baik dan murah serta dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Ini sejalan dengan cita-cita UGM, untuk men-share knowladge untuk kemanfaatan masyarakat termasuk di dalamnya industri di sekitar UGM dan Viar salah satunya.” lanjut Prof. Dr. Suratman, M.Sc.

Guna mendukung proyek kerjasama ini, PT. Triangle Motorindo secara simbolis menyerahkan 1 unit Viar Q1, 1 unit Viar Pulse dan berbagai peralatan pendukung kepada wakil Rektor Universitas Gadjah Mada untuk digunakan oleh pihak UGM sebagai media riset dan pengembangan.

Kerjasama pengembangan ini akan dilaksanakan oleh tim di Pusat Inovasi Otomotif Universitas Gadjah Mada, dengan ketua tim Dr. Jayan Sentanuhady. Jayan mengungkapkan bahwa dalam pelaksanaanya akan melibatkan pakar power controller terbaik UGM, Dr. Eka Firmansyah dan juga beberapa mahasiswa untuk sekaligus dijadikan sebagai materi tugas akhir mereka.

“Sebenarnya kerjasama dengan Viar bukan hanya dalam pengembangan sepeda motor listrik saja, tetapi juga pada bidang lain yang masih terkait dengan otomotif, yaitu pengembangan ECU injeksi bahan bakar dan pengembangan bersama mobil pick up. Tetapi dual hal yang saya sebutkan terakhir itu kerjasama jangka panjang. Dalam waktu dekat ini kita fokus membantu Viar dalam hal pengembangan sepada motor listriknya.” ungkap Jayan.

instagram

Villa Kanaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here