Yamaha FZ750 Genesis Police, Moge Spesial Sebelum Yamaha XJ900P Yang Unitnya Limited Di Indonesia!

2

yamahafz750p

Sobat MMBlog sekalian, temen-temen disini pasti kenal baik sama Yamaha XJ900P, motor Polisi, Motor BM, yang kalau temen-temen lagi masuk jalur busway terus ngeliat beginian parkir hati langsung ser-ser-an. Nah, sebelum Yamaha XJ900P, Yamaha juga punya varian sepeda motor sport (tourer) kenceng yang dipakai kepolisian/PM/Paspampres dan motor tersebut bernama Yamaha FZ750 Genesis Police Edition. MMBlog dulu lumayan sering ketemu sama motor ini dibawa sama Bapak PM senior yang seringkali ngawal pejabat TNI atau pengawalan kepada Purnawirawan TNI yang meninggal dekat rumah.

Motor ini secara dimensi gak sebesar dan semontok Yamaha XJ900P. Bisa dibilang FZ750 ini lebih ke arah motor sport Sob, XJ900P kan lebih kayak motor touring. Dia motornya ramping, panjang, dengan posisi riding yang nyaman apabila dikendarai oleh orang yang posturnya tinggi (Pak PM yang bawa tinggi banget soalnya). Ada dua versi, yang menggunakan lampu kotak dengan half-fairing, dan ada juga yang menggunakan lampu bulan ala nakedbike. Kalau MMBlog bilang, motor ini adalah motor yang amat spesial dari Yamaha Sob, lho kenapa gitu?

fz750

Untuk motor tahun 1980-1990-an awal motor ini dibekali oleh mesin yang superb! Mesinnya menggunakan mesin DOHC, empat silinder segaris, transverse, dan menggunakan pendingin cairan. Spesialnya lagi, ini motor tiap silindernya ada lima klep, yuuppss, biasanya kan motor-motor hanya ada 4 klep untuk satu silindernya, ini lima Sob! jadi total klepnya ada 20! 3 klep masuk dan dua klep buang! Menggunakan karburator, gak heran motor ini bisa sentuh 100 daya kuda di ban belakang! Udah kayak motor supersport 600 CC zaman sekarang!

MMBlog pernah riding bareng sama Pak PM dari rumah di Matraman hingga Lenteng Agung (waktu itu masih kuliah, dan suaranya emang lebih dalam, lebih padat, dan lebih ngebass ketimbang XJ900P), Cuma unit ini mesinnya udah “basah” alias olinya udah rembes banget Sob.

fz750p_011

Tampilan luar, motor ini juga unik, ban depannya pakai ring 16, sedangkan belakangnya pakai ring 18, sporty banget kan? Udah gitu tangki bahan bakarnya lumayan besar yakni 22 liter, dan konsumsi BBM-nya bisa 1:15 kilometer, masih inget dulu sempet nanya sama si Bapak. Kecepatan 220 km/jam dapat diraih dengan mudah, Hmm, berarti emang motornya sport banget yah Sob. sekarang kayaknya si Bapak udah gak pakai motor ini lagi, udah di dum sepertinya Sob.

Nah, motor zaman dulu mantep-mantep banget yah! Ya wajar karena saat itu daya beli juga oke, pabrikan juga lagi gencar-gencarnya pamer teknologi. Tapi asoy juga lho kalau motor model begini dirilis lagi sama Yamaha, buat mendampingi teknologi tiga silindernya yang makin digdaya, inline 4 20 klep kan sedep banget! Oia, sempet ada yang jual lho di kaskus, tapi unitnya udah laku, ya iyalah, mulus abis, siap jadi motor kolektor. Oke deh, semoga bisa menambah wawasan temen-temen yah! Sekian, terima kasih, dan semoga berguna!

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here