Yamaha Bulldog, Muscle Bike Mesin Virago 1100 CC, Pendahulu Yamaha MT-01!

1

yamaha-bt-1100-bulldog

Sobat MMBlog sekalian, ketika MMBlog lagi riding di tanah tinggi Depok, MMBlog dikagetkan oleh blayeran motor. Udah tau jalanan macet, ngeblayer, ampun dah, lagi pake Honda Win pula, Honda Win kan diblayer langsung begeser otomatis, wkwkwk. Tengok-tengok, bener kan gak taunya ada motor cruiser Jadul, bermerek Yamaha, dan ada tulisan Virago. Yups, Yamaha Virago, motor cruiser jadul Yamaha, dulu waktu tahun 1999, paman MMBlog pernah punya motor ini Sob. Iseng-iseng browsing, ternyata Yamaha Virago mesinnya pernah dipakai di mesin motor nakedmusclebike bernama Yamaha Bulldog.

bt1100-2

Yamaha Bulldog secara tampilan bisa dibilang udah european style banget. Ketimbang desain motor Jepang, Yamaha Bulldog lebih deket dengan citarasa motor MotoGuzzi yang Italia banget! Punya knalpot di kanan dan kiri motor bikin motor ini jadi terkesan berat, lampu depan bulat dengan otot-otot gempal membuat motor ini memang kekar, tangguh, galak, seperti halnya Anjing Bulldog, anjing petarung yang kuat dan gagah.

bt1100

Urusan mesin, ini dia nih, motor ini menggunakan mesin lawas Virago 1063 CC Sob. mesinnya menggunakan mesin V-Twin, tapi tidak mengusung teknologi OHV yang menggunakan Push Rod, melainkan menggunakan single cam rantai keteng aka SOHC. Bore x stroke nya adalah 95 x 75 mm, yang mana berarti overbore, powernya hanya 65 daya kuda, tapi punya torsi 88,2 NM. Asyiknya Sob, motor ini gak menggunakan rantai untuk final drive-nya, melainkan menggunakan shaft aka gardan.

Kok powernya gak gede-gede amat yah? Ya kan udah dibilang tuh, mesinnya menggunakan mesin Yamaha Virago, cruiser lawas dari Yamaha yang mana kompresinya aja hanya 8.3 : 1. Bisa nenggak premium dong yah.

yamaha001

Dari Yamaha Bulldog ini, bisa dilihat Sob, kalau Yamaha lumayan demen masang mesin-mesin V-Twin motor cruisernya di sasis atau motor nakedbike mereka. Yamaha Bulldog hanya punya usia 5 tahun yakni dari tahun 2002-2007, yang kemudian eksistensinya diganti oleh mbahnya Master Of Torque yakni Yamaha MT-01 dari tahun 2005 – 2012, nah lagi-lagi motor ini menggunakan mesin V-Twin dari Yamaha Star Warrior Sob.

Motor begini gimana Mas kalau dipake? melihat kompaknya desain, bisa jadi handlingnya lumayan lincah lho Sob. powernya? biasanya nampol di putaran bawah, dan punya napas yang panjang-panjang. panas mesin? ya lumayan laahh kayaknyaaa. apalagi pake gardan, umumnya sih smooth

Unit Yamaha Bulldog nampaknya gak masuk ke tanah air walaupun dalam bentuk bodongan, tapi kalau Viragonya lumayan banyak yah. Oke deh, semoga bisa nambah referensi dan wawasan temen-temen yah. Sekian, terima kasih, dan semoga berguna.

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here