Sepeda Motor, Sebaiknya Di-facelift Setelah Berapa Lama?

8

gsr-750

Sobat MMBlog sekalian, ajang Intermot 2016 ini bisa dibilang sebagai ajang yang ngeri-ngeri sedap. Ngeri-ngeri sedap buat para pemilik motor yang baru aja beli motor, tapi punya roman-roman kalau motor ini adalah edisi terakhir alias bentar lagi difacelift. Ternyata emang bener, beberapa motor ada yang difacelift, mendapatkan update, dan berbagai fitur menarik lainnya. Nah, gak cuman berlaku di moge aja, motor-motor lokalpun demikian, kemudian timbul pertanyaan, baiknya berapa lama sih motor itu baru kena update?Beberapa motor, ada yang kena update setelah 4-5 tahun eksis Sob. beberapa moge kebanyakan mengalami hal ini, tergantung laku dan adanya kompetisi yang keras apa enggak. Seperti contohnya kayak foto di atas, ada Suzuki GSR750, motor ini pertama kali dirilis tahun 2011, mendapatkan sambutan hangat, dan lawannya adalah Kawasaki Z750, belum ada lawan lain lagi, dan Kawasaki Z750 gak bisa terlalu banyak berkutik melawan GSR750 waktu itu, hingga akhirnya Z750 kena update tahun 2013 dengan menggantinya menjadi Z800.

Sekarang GSR750 kena update besar, setelah 5 tahun eksis Sob. updatenya keren banget pulak, huaaaaaa.

wp-1475587508877.jpg

Kemudian Kawasaki ER6n, ini motor juga kena update setelah 5 tahun eksis. Dari tahun 2006 – 2011, ER6n punya desain yang agak culun, versi 2011-2016 udah lumayan gahar, nah sekarang, eksistensinya dilanjut dengan mengganti namanya dengan Kawasaki Z650. Lagi-lagi, 4 tahunan kan Sob? terlihat Kawasaki dan Suzuki, tampaknya punya rentang waktu yang mirip-mirip apabila ingin mengupdate sepeda motornya.

2017-yamaha-mt-09-eu-night-fluo-studio-001

Bagaimana dengan Honda dan Yamaha? Nah ini, Honda punya rentang waktu yang relatif singkat untuk merevisi tampilan motor-motornya Sob. lihat aja CB500 series, ini motor hanya perlu 3 tahun untuk ganti tampilan, dan juga Yamaha MT-09, cukup tiga tahun aja untuk mengganti tampilannya. Karena tampaknya emang, persaingan di kelas ini lumayan bikin geregetan! Kalau supersportnya pada lama-lama updatenya toh? Tapi paling mantep sih Honda AHM, cepet banget ngasih update CBR150R, xixixi, mantap dah!

Nah, gimana menurut temen-temen, berapa lama sebaiknya sepeda motor kena update Sob? monggo sumbang opininya yah!

8 COMMENTS

  1. Klo sdh 4-5 thn itu menurut ane mah wajar.. Jdi yg bli model lma gak sakit hati..

    Yg bikin sakit hati tuh pabrikan honta mtr blm smpe 2thn udh all new aja.. Sakit hati tuh yg baru bli dh jdi old aja wkwkwkwk

  2. Harus dilihat dulu faktor penyebab, mengapa harus facelift?
    Ini yg tiap pabrikan bisa punya perbedaan dalam memutuskan waktu utk facelift (bahkan utk tiap modelnya)

    Secara terminologi, facelift itu identik dg minor update, dan kalau hanya utk keperluan penyegaran (tanpa ada tekanan dari sisi market) umumnya sih setelah 3 thn (masuk produksi thn ke-4)_adalah waktu yg wajar utk facelift (ganti stripping, tambah accesories ringan, dsb..)

  3. kalo ditempet ane susah banget cari sparepart honda,kecuali bebek kalo klas sport diberes ngak ready stock pula,mungkin alasnya karena terlalu cepat brojolin yang new ,jadi pada pihak toko onderdil pad mikir2 klo mau ambil stock,beda ama yamaha kebanyakan mesin seribu motor…

  4. Aneh aja sih kalo ada yg bilang yg punya motor bakal sakit hati kalo unitnya di ganti all new. Kalo gue sih seneng berarti motor nya bakal jadi langka karena udah ga di produksi lagi. Pasti di jalan lu ga banyak yg saingin

  5. Untuk major facelift mencakup shape body keseluruhan atau ukuran velg/ban idealnya emang 4-5 tahun om. Untuk minor facelift beberapa bagian dari body seperti shroud/cover engine/ headlamp bolehlah tiap tahun update, asal PnP sama body lama (seperti NVL ke NVA), jadi gak bikin sakit ati kan. Kalau update mesin ya bergantung kebutuhan dan regulasi. Itu menurut saya om, gak tahu yang lain.

    • atau ganti striping untuk minor facelift. Kalau ganti striping sih kayaknya udah wajib tiap tahun hehe. Biar agak segeran dikit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here