Rem Belakang Motor Freestyle Yang Banyak Kaliper Rem-nya, Apa Fungsinya?

2

303bma0

Sobat MMBlog sekalian, jadi inget, beberapa hari yang lalu, MMBlog ketemu sama motor freestyle yang lagi dipake latihan sama empunya. Lihat-lihat motornya, wah rem belakangnya ajib bener yak. Pake dua kaliper rem! Kebetulan empunya lagi ada, dan MMBlog sempetin untuk nanya-nanya Sob. kenapa sih kok dibikin kalipernya dua begini? Sembari ambil hp buat foto yang ternyata baterainya tinggal 5 persen dan gak bisa buka aplikasi kamera.

Jawabnya apa? Ternyata dua kaliper itu fungsinya gak barengan Sob. yang satu dipencet di kaki kanan, dan yang satu lagi ditaris di tuas tangan kiri dekat dengan tuas kopling (jadi ada dua tuas di handgrip kiri).

stunt-bikes-technically-speaking_001

Senada dengan apa yang diutarakan oleh Mas Bowo, Freestyler yang MMBlog kepoin itu, ternyata MMBlog pernah bikin juga Sob artikel mengenai hal ini di Indomotonews. Waktu itu MMBlog enggak tahu kenapa mesti begitu, dan ternyata temen-temen komentator juga  mengomentari hal yang sama kayak yang kasih tahu oleh Mas Bowo.

master-rem-belakang

Yups, dua atau tiga kaliper di roda belakang, fungsinya masing-masing. Satu kaliper satu master. Kalau MMBlog rangkum, satu kaliper dengan satu master yang dioperasikan oleh kaki kanan, ini mah reguler aka standar aja yah. Nah, kaliper satu lagi dioperasikan oleh tangan kiri, berfungsi untuk menahan laju motor ketika wheelie dan posisi kaki bebas entah itu ngejengking ke depan, lagi selonjoran kebelakang, jadi tangan kiri yang megang peranan narik tuas rem belakang. Ya biar gak ngejengkang ke belakang gitu deh Sob.

Selain itu bisa juga untuk ngerem mau sliding sana sini, kan agak repot kalau menggunakan kaki kanan, menggunakan tangan lebih asyik. Tapi di foto terlampir, ada yang masang sampr tiga kaliper euy, wkwkwkwkkw, itu bakal apaan lagi yak? Masangnya masternya dimana? Apa di kaki kiri jadi ada persneleng kopling plus persneleng rem? Mantap!

Nah, buat temen-temen yang bertanya-tanya, semoga bisa membantu menjawab yah artikelnya, kalua mau lihat komentar temen-temen mengenai hal ini, monggo mampir ke artikel MMBlog di IMN. Terbukti lho, ternyata banyak temen-temen komentator yang pada pinter-pinter dan wawasannya luas, makasih banyak Sob!

 

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here