Overdrive, Salahkah?

8

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

Z900
Z900

Sobat MMBlog sekalian, beberapa minggu yang lalu, jagad media online dan dunia maya sempat dibuat heboh oleh penampakan top speed Honda CBR250RR. Manteng di kecepatan 160-an Km/Jam, di Gigi 5 dan 6 udah banyak sekali spekulasi yang mengatakan bahwa motor ini overdrive. Asik nih ngomongin overdrive, sebenernya overdrive ini gimana sih? Salah?

Overdrive dapat dikatakan sebagai sebuah kondisi dimana top gear hanya berfungsi sebagai penurun RPM. Speed enggak nambah, hanya saja putaran mesin jadi turun, tidak melengking setinggi menggunakan gigi sebelumnya. Hingga akhirnya, ketika MMBlog membaca artikel dari morebikes.co.uk, ada semacam pernyataan entah itu resmi dari Kawasaki atau bukan, ada tulisan bahwa Kawasaki Z900 gigi 6 nya adalah overdrive. Nah, menarik kan Sob. Kayaknya overdrive didunia sepeda motor bukan sebuah kesalahan atau kekurangan deh, melainkan sebuah opsi yang berguna ketika rider sedang melakukan cruising di jalanan panjang nan lengang.

20161009_091403

Tapi tulisan di morebikes juga mengatakan bahwa Kawasaki Z900 punya akselerasi yang kuat dari gigi 1 sampai dengan gigi 5. Beberapa motor superbike juga banyak yang kayak begini karakternya, gigi 1- sampai gigi 5 –nya panjang-panjang, gigi 6 paling untuk nurunin rpm doang, cek dah di youtube.

Gunanya apa? Jelas untuk menghemat bahan bakar. Dengan rpm yang lebih rendah namun kecepatan stabil, konsumsi bensinpun jadi lebih efisien. Selain itu overdrive juga meringankan kerja mesin dari stress yang dialami ketika ngacir dengan rpm yang terlalu tinggi. Gak hanya itu, getaran juga bisa lebih tereduksi, dan suara juga jadi lebih adem Sob. Beberapa motor yang MMBlog rasakan overdrive adalah Honda Tiger, punya akselerasi kuat di gigi 1-5, gigi 6 memang lebih berguna untuk ngendorin rpm, ngurangin getaran, dan bikin irit. Emang lebih kerasa waktu cruising, yang MMBlog rasakan ketika riding dari Papringan Yogyakarta ke Ketep Pass Muntilan, Jawa Tengah.

cbr1000rr-2017-3

Kembali lagi ke Honda CBR250RR, apakah motor ini overdrive beneran? Kalau iya gak papa, berarti irit buat touring, kalau enggak-pun juga oke karena ngacir, tapi belum jajal juga nih sayah Sob, Hmm, penasaran.

 [/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

8 COMMENTS

  1. Memang kalau tipe cruiser atau motor touring lebih enak ada gear overdrive.selain yang disebutin vandra ada lagi.keuntungan lainnya kita bisa memaksimalakan mengobok2 (kilik) mesin.tapi harus ganti rasio nya.????????????????????

  2. engga salah…. cuma kebanyakan ngarep itu bukan overdrive jadi bisa digali lagi top speednya..kalo OD ya 11-12 sama pesaingnya jadi yang diunggulin ya gimmick elektronik bukan mesin yang konon 45 hp itu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here