Motor Empuk Itu Gak Melulu Dari Suspensi, Dari Ban Juga Ngaruh!

6

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

sumber : OLX
sumber : OLX

Sobat MMBlog sekalian, beberapa hari ini, MMBlog riding menggunakan Honda Scoopy. Karena Mas Winarso gigi 3nya makin aneh dan ada oli rembes dari persneleng kopling, Thunder juga olinya rembes dari paking, Si Merah juga oli soknya meler melulu, jadilah Scoopy menjadi motor andalan. Okeeh, riding harian, dari Jakarta – Bogor – Cibubur – Jakarta, pake ini motor kok MMBlog ngerasain suspensinya keras bener yak, padahal suspensinya baru, coba inget-inget.

win6

Nah ternyata, selain suspensi ini motor juga udah MMBlog ganti ban-nya dengan menggunakan Ban Tubeless. Ban tubeless itu sepengalaman MMBlog bawa motor, punya karakter ban yang membal atau keempukannya lebih keras dan lebih kejal ketimbang ban yang menggunakan ban dalam. Dulu MMBlog juga pernah punya pengalaman waktu Thunder masih baru, ban Dunlop TT 900 itu bener-bener empuk, tapi setelah di ganti oleh ban Battlax BT-45, aje gile jadi kayak gerobak, pantat cepet panas!

[/fusion_builder_column][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

empuk banget
empuk banget, karena ban belakangnya tebel

Itu baru ban Tubeless dan Tube-Type, profil ban juga ngasih pengaruh signifikan lho Sob. maksudnya profil ban? Itu lho, kan di ukuran ban suka ada tuh ukuran 120/80-17 atau 120/70-17. Nah itu yang /70 dan /80 makin gede angkanya maka makin tebel profil bannya, udah gitu kalau makin tebel, itu motor bantingannya jadi makin empuk. Bandingin dengan sama Ban Ori NVL yang 120/70, agak ceperan dibandingin sama ban Thunder 250 120/80 yang tebel.

Wajar sih, makin tebel ban makin gede juga diameter bannya, langkah yang lebih panjang bikin lahapan ketika ngelibas lubang jadi lebih gak kerasa, beda sama yang ceper, diameter juga kecil, kena lubang yang sama impact dan guncangannya jadi lebih kerasa.  Selain itu ban juga jadi banyak permukaannya Sob, karetnya lebih banya, otomatis lebih empuk. Untuk lebih jelasnya, temen-temen bisa kebet artikel dari sahabat Blogger Mas Yanuar di Sini.

Ada pengalaman serupa? Silahkan di sharing di kolom komentar yah, MMBlog siap nimpaling, haseeekk!

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

6 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here