Honda CBR1000RR 2017, Full Electronik, Sudah Seharusnya!

4

cbr1000rr-2017-3

Sobat MMBlog sekalian, akhirnya dari kubu Honda hadir juga penampakan Motor barunya yakni Honda CBR1000RR SP1 dan SP2 2017. Setelah bertahun-tahun Honda mempertahankan CBR1000RR lawas yang MMBlog udah familiar banget itu, ini motor akhirnya mendapatkan update yang signifikan. Sudah sepantasnya superbike zaman sekarang mendapatkan peranti elektronik sebagai standarnya, adapun peranti elektroniknya adalah sebagai berikut:

  • Inertial Control Unit (IMU).
  • Control Unit Suspension (SCU)
  • Suspension Ohlins electronic “Step-type Electronic Engine Control” (S-EC)
  • Torque Control (HSTC)
  • Anti cavallitos
  • Control of lifting the rear wheel “Rear Lift Control” (RLC)
  • Antilock “Cornering ABS”
  • Power Modes (RMSS)

cbr1000rr_sp1_07

Motor ini diklaim punya power hingga 189 Bhp @12.500 rpm, bore x stroke 76 x 55,1 tetap sama kayak yang lawas, tapi kompresi naik menjadi 13,0 : 1, mantaaap, makin panas dong ini motor, wkwkwk. terus perangkat pengeremannya gimana Mas? Tetep superbike banget yang menggunakan rem radial yang superb! Selain itu untuk varian SP2 udah menggunakan suspensi Ohlins, yang mana varian ini emang race oriented Sob. wah, mau dijual berapa nih sama AHM kalau dimasukin ke sini, CBR1000RR SP  lawas yang “polosan” aja dijual 575 juta, ini berapaan yah?

honda-cbr1000rr-sp2-6

Impressi ridingnya? Yang jelas dengan naik kompresi, motor ini pasti jadi tambah kuenceng! Tapi ya pasti jadi tambah panas juga, wkwkwk. bongkok? Ya pastilah, superbike gitu lho. Tapi ini motor pasti tetep nimble. Fitur elektroniknya gimana? 100 % kalau yang make rider biasa dan digunakan dijalanan raya umum kota besar kayak Jakarta itu fitur elektroniknya gak ada yang kepake, paling banter yang kepake cuman power modes doang, pas ujan setting ke posisi wet aje daaah 😆

Laen soal kalau yang make pembalap profesional, atau race enthusiast terus di sirkuit, baru dah bisa bikin lap-time lebih cepet sampe 600 detik, huahahaha. Hmm, mudah-mudahan nanti bisa icip-icip dikit, gak usah banyak-banyak dah, pasti panas sama bongkok soalnya, udah gitu barang mahaal ini Soooob, ngeriii. Oke deh,semoga berguna yah!

4 COMMENTS

  1. Klaim power honda nmpak inferior dari kompetitor, tp klo udh dituning hebatnya bisa bejaban bhkan lebih ganas dari kompetitor yg PWR ny 1:1 conto : s1000r & r1 dWSBK,
    Knp bs begono ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here