Cakram Mekanik Di Sepeda Motor, Gimana Ya Performanya?

6

a61aef75-686e-45d6-a567-a3562b3f2b89

Sobat MMBlog sekalian, beberapa hari yang lalu, di bilangan bogor Jawa Barat, MMBlog yang lagi nyari cemilan ketemu sama sepeda motor Honda jadul, Honda GL100. Lihat GL 100, MMBlog jadi inget sama rem unik yang digunakan di motor ini, rem-nya sih boleh rem cakram untuk rem depannya, tapi asiknya ini rem biarpun cakram gak pake minyak rem Sob, huuaaaaa. Yang MMBlog penasaran, gimana ya itu performanya?

17eb1593-0416-49a3-a71b-6d0d7a5363ce

Sistem kerjanya mungkin hampir sama kayak rem-rem cakram mekanik di sepeda zaman sekarang, prinsipnya pasti sama ada sepatu yang menjepit cakram. Menggunakan tali, itu dia yang bikin MMBlog penasaran, gimana ini performa remnya, bener-bener linear dengan kekuatan menarik tuas rem atau gimana yah Sob? kalau rem cakram hidraulik kan ada menggunakan hukum pascal yang mana cairan didalam reservoir master dan kaliper istilahnya enjot-enjotan buat neken piston di master agar sepatunya menjepit cakram.

0cb483bd-bbc3-4702-8c54-beef718545bf

Jujur, MMBlog belum pernah coba gimana performa rem model begini di sepeda motor. Seperti yang kita tahu kan rem cakram tuh juga panas. Terus gimana juga performanya kalau dibandingkan dengan rem tromol? Nah menarik nih, mungkin bagi temen-temen yang punya pengalaman nge-rem pakai rem begini di sepeda motor boleh dishare pengalamannya Sob. dengan catatan performa terbaiknya lho. Bisa juga dibuat rangkingnya dari yang paling pakem kayak 1. Rem cakram hidraulik, 2. Rem tromol 3. Rem cakram mekanik.

8131506c-094a-4612-8e9f-9df502ecea12

Tapi unik lho, di kaliper rem-nya ada tulisan Honda yang menonjol, entah ini dari vendor mana sampai dibuat tulisan Honda gitu, mantap!

Kondisi motor yang MMBlog temui soalnya udah lumayan menyedihkan, itu motor kalau bisa ngomong pasti ngomong “udeh ancurin aje gue sekalian deh” :mrgreen: .

6 COMMENTS

  1. Jaman SMA gw pake ni motor. Rem depan model gitu parah banget. Mungkin krn udah tua juga si. Dalemnya pake gotri2 alias laher lepasan. Trus ada ulirnya. Jadi gerakan tarik ulur kabel rem dirubah jadi gerakan memutar, gerakan memutar dikonversi oleh ulir mjd gerakan maju mundur menekan kanvas rem. Macam mur bautlah. Ke Bandung naek ginian PP cuma kepake rem blakang doang…

  2. ane pernah pake rem bginian motor gl100.. asli ga ada pakem2.y.. selama d jalan cuma kpake rem belakang.. note* kondisi cakram masih bgus, hanya saja kaliper, kabel maupun handle rem.y entah d buang kemana ama yg punya.. hahaha

  3. pakem banget ngalahin rem hidrolik tipe radial, nariknya tuasnya empuk gak kaya hidrolik kalo mampet selangnya langsung modar kalo pas speed 80km/j tapi kalo pakemnya banget asal bisa nyetelnya.
    #Pencinta_GL-100

    • Om fajar ada wa? Kemarin saya beli masih bahan kondisinya memprihatinkan, tp daleman masih bersih (setelah saya cuci pake pertalite), sekiranya bisa minta foto dalemannya kaliper itu. ? Makasih sebelumnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here