Test Ride KTM Duke 250 dan RC 250, Siap Bikin Galau Bikers!

32

ktm-duke-250

Sobat MMBlog sekalian, hari ini MMBlog berkesempatan untuk hadir di acara workshop dan product knowledge yang diselenggarakan oleh PT Penta Jaya Laju Motor selaku APM dari KTM di Tanah Air. Di bilangan Sunter yang MMBlog gak asing banget tempatnya, acara diselenggarakan di dealernya Sob. nah, setelah acara selesai, MMBlog kan lihat-lihat keluar tuh, eh ada Duke 250 sama RC 250 nganggur, ndilalah tim di TIM KTM juga ada pembaca setia/sahabat MMBlog Bro Dynu, Bro Dynu langsung nawarin MMBlog buat test ride “jajal aja bang, pake aja muter-muter, jalanan lagi agak sepi nih”, wih gayung bersambut, MMBlog langsung iyain dah, hehe, dan pastinya MMBlog jajal yang  Duke 250 dulu, penggemar nakedbike sih yah 😆 . artikelnya agak panjang nih, 900 kata 😆 , tapi ini artikel review mantap nan jujur ala MMBlog, cekdisot!

ktm-duke-250-2

Oke, impresi pertama, hmm, motornya ringan yaaa. Dimundurin dengan ditunggangin atau dari samping dipegang setangnya sama sekali gak bikin kesulitan. Oke naikin, wah ternyata jinjit juga, tapi gak terlalu jinjit, karena badan tegap, motorpun ringan jadi gak terintimidasi dah. Ergonomi? Nah ini yang menarik, untuk orang dengan tinggi badan 167 cm berat 70 kg, posisi berkendara bisa dibilang rileks, namun sigap. Posisi footstep lurus dengan footstep, agak maju dikiiit, setang lebar dan tinggi. Lumayan beda ergonominya sama Xabre lho, Xabre maksa ridernya ke depan banget, “burung” beneran kepentok tangki, nah kalau Duke 250 enggak karena setangnya tinggi dan agak dekat dengan ridernya, oke buat ergonomi, saya demen!

Engine Start! Nguk-nguk-nguk… broom..broom, weleehh, suara khas KTM banget nih yak. Kayak ada suara kopong, kasar, dan suara angin kena gampar, halah :mrgreen: , yaudah tarik tuas kopling, lhooo empuk bener yaahh, masukin ke gigi 1 “jeglegh” okelah, agak kasar dikit, tapi engagement-nya SIP! Lepas kopling, dan kasih throttle dikit dan Duke 250 pun maju.

Waaah, smooth juga nih dibawahnya, enak predictable. Kira-kira itulah first impresion MMBlog ketika ini motor pertama kali jalan.

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

ktm-duke-250-4
selpie tapi ada gerobak roti

Oke, keluar Ruko, jalanan langsung kosong, asyeeemmmm! Gimana iniiii? Masak langsung betot? Mane kagak pake glove, wkwkwk, bodo amat daaah! Betot, hentak, dan WOW! Gilaaaaaa!!! Torsinya berasa banget nampol dibadan! motor melesar cepat, ngacir, angin langsung kenceng, garis putih-putih langsung bergerak dinamis, dan dalam sekejab, gigi 1 langsung tembus 40 kilometer perjam belum redline! shifting cepat “jeglegh”, lagi-lagi tenaga ngisi terus di gigi 2, sadiiiissssssss!!! Nikmat karena posisi riding yang sigap, gak bikin lelah, makanya kontrol dan pengendalian jadi lebih presisi! Gile ini motor, penuh torsi, kenceng pula, dan di rpm atas pun gak drop!

ktm-duke-250-3

Rutenya, nah ini, gegara MMBlog rada ketagihan, MMBlog jadi wara-wiri di jalanan Danau Sunter Selatan. Tahu kan jalanan itu kalau sore relatif agak sepi, enak banget buat betot-betotan. Dan gak pake lama, MMBlog langsung dapet bonding sama Duke 250! Masih di sektor performa, dengan rasa gatel dan penasaran, udah gitu ini motor 250 CC, jalanan kosong, MMBlog berani untuk betot ini motor lebih liar lagi. Tercatat gigi 1 tembus 53 kilometer per jam, dan gigi 2 tembus 76 kilometer per jam! Kejam! Bahkan CB500F aja gigi 1-nya 60 km/jam aja lho.

Gak percaya karena gak ada screenshotnya? Mohon maaf karena MMBlog gak bawa GoPro, lha wong gak nyangka bakalan ada free test ride 😆 . mau anggep bohong? Mau suudzon? Silakan, dosa ditanggung sendiri, tapi monggo sambangi KTM Sunter, kalau beruntung bisa test ride, dan rasakan sensasi serta limit gigi 1 dan gigi 2-nya sendiri, untuk gigi 3, sayang trek abis, dan kendaraan udah pada kesusul semuah! Tapi ada yang menarik, ketika di downshift, ini motor tuas kopling di kanannya berasa goyang, kayak kabelnya mau putus, wkwkwk.

ktm-duke-250-10

Terus gimana dengan handlingnya Mas? Nah ini yang bener-bener “nyebelin”, motor ekstra nurut dan lincah banget! Gak heran sih, soalnya suspensi depannya menggunakan suspensi USD yang gede! Stabil, lincah, bener-bener jadi nilai plus dari motor ini Sob! tapiiii, ada Trade Off-nya nih, suspensinya kagak bisa dah dibilang empuk, ketemu jalan geronjalan, gile berasa geter dan kerasnyah 😆 , udah gitu joknya juga gak empuk. untuk vibrasi sendiri gimana? Nah ciri khasnya nih, lumayan berasa, tapi gak annoying kalau di Duke, tapi kalau RC, bener-bener bikin kesemutan 😆 .

ktm-duke-250-7

Terus remnya? Ini juga superb, dipakein Rem Bybre yang sudah Radial, inget sudah Radial, serta ABS yang bisa di on/off-in, tentu menjadi sesuatu hal yang entertaining! Performa rem kalau MMBlog bilang sih istimewa yah Sob, beneran deh, silahkan di jajal aja! Pas di rem gak ngelimbung, aman, dan presisi. Tentu, kalau mau nyoba, dijalanan beneran, jangan di tempat test yang seuprit, karakter Ready To Race-nya jadi gak berasa!

Test Ride KTM RC250

ktm-duke-250-5

Akhirnya setelah agak lamaan, MMBlog balik, gileee, langsung demen sama Duke 250! Ini motor pas banget buat harian sama buat touring, dijamin puas dan entertaining! Saatnya jajal RC250. Naikin, weleh tinggi, gapai setang, weleh jadi jinjit karena badan ketarik karena setangnya bongkok, wkwkwkwk, emang dasar bukan penggila motor fairing nih! yaudahlah, jajal!

Nah, untuk performa, bisa dibilang sama kayak Duke 250. Tapiii, ini motor punya tingkat handling yang kontrolnya lebih asyik karena emang badan udah condong banget ke depan Sob! buat ngerem-pun lebih enak. suspensi? Waduuhh, bakalan lebih ngenes karena kan badan rebah 😆 , apalagi pas ketemu jalanan rusak :mrgreen: , terus getarannya nih, karena mepet banget sama tangki, asli aset jadi geter-geter nikmat juga, wkwkwk, terlebih kalau di geber sampe redline, lumayan daahh. Terus muter balik pake RC lebih sulit daripada pake Duke 250, emang harus butuh adaptasi agak lamaan, atau emang kudu punya sendiri baru nikmat!

ktm-duke-250-6

Panas mesin gimana? Bisa dibilang panas mesin gak santer-santer amat, Cuma agak numpuk di kaki kiri aja Sob. kalau MMBlog sih masih dalam taraf toleransi banget! Nah, itulah kira-kira review MMBlog akan motor ini, next kalau ada kesempatan, MMBlog bakalan ngevlog deh, biar makin jelas yah. Kalau ada pertanyaan silahkan lho. Semoga berguna yah!

Kalau emang penasaran banget, monggo samperin dealer KTM Sunter di Jl. Danau Sunter Selatan. Ruko Green Lake Blok S & T. Jakarta Utara 021 – 26690172

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

32 COMMENTS

  1. untuk penyakit2 yang kemarin sampean bahas giman mas? apa masih berlaku? n titip tanya duke 125 akankah ada harpan untuk di boyong ke indo?

  2. Puter balik pake RC250 susah? Iya pake banget dah. Hehehe. Ini motor setingan beloknya buat rebahan doang.
    Honest review nih. Sisanya mah enak bgt, buat nyalip2 motornya ringan dan ramping. Jagoan nyalip.

  3. Coba aja aplikasikan XADO EX120, mesin KTM jadi dingin dan tidak gampang overheat (malah ga pernah lagi), oli pakai produk XADO juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here