Mesin Satu Silinder, Si Mainstream!

5

ktm-duke-250

Sobat MMBlog sekalian, akhirnya kembali lagi ke edisi terakhir dari pembahasan mesin sepeda motor. Nah, kali ini sebagai mesin ultimate, MMBlog akan membahas mengenai mesin satu silinder, yups satu silinder, karena mesin inilah yang paling banyak digunakan di sepeda motor di seluruh dunia manapun. Mainstream iya, gak rewel iya, irit iya, geter iya, pokoknya paket lengkap ini mesin Sob, selain itu juga pabrikan seneng bikin motor dengan mesin begini karena ya pake satu silinder aja motor udah jalan kok, irit pula, pengen apa lagi kalau sejatinya butuh kendaraan? Tapi pembahasan MMBlog akan lebih mengerucut kepada impresi mesin satu silinder berdasarkan CC.

Supra GTR-9

Pertama kita bahas mesin satu silinder dibawah 250 CC. Mulai dari 70 CC, hingga 250 CC, SOHC, DOHC, MMBlog udah pernah jajalin semuanya. 70-125 CC bisa dibilang inilah motor yang sejatinya hanya mengantarkan ridernya ke tujuan, jalan normal seadanya, irit, tanpa kesulitan dan adaptasi lebih kalau riding menggunakannya, dan harganya relatif murah. Motor mulai dari matik, bebek, sport, semuanya punya karakter yang mirip-mirip. Tapi kalau pakai kopling, percayalah, tenaganya naik signifikan, berasa ringan dan enteng tarikan bawahnya, tapi ya top speed segitu aja Sob. bisa dibilang inilah mesin yang cocok digunakan untuk belajar sepeda motor.

Yamaha SR400-22

Kedua, mesin yang kubikasinya dari 150-250 CC satu siilinder. Lagi-lagi mesin-mesin ini masih dalam taraf mesin yang predictable dan bersahabat baik dari power delivery, torsi, dan bobot. Mulai dari yang berpendingin udara SOHC, berpendingin cairan SOHC, berpendingin udara DOHC, berpendingin cairan DOHC, semuanya punya performa yang relatif baik. Untuk 150 CC motor lebih menyenangkan karena ringan dan halus. Untuk 250 CC, tarikan sudah mantap, responsif, untuk 150 CC antara SOHC dan DOHC perbedaan performa bisa dibilang gak terlalu signifikan bedanya, tapi pas 250 CC baru lumayan kerasa, IMHO.

Honda XR650-9

Ketiga, mesin yang kubikasinya 400-700 CC. Ini udah harus masuk ke tahapan awareness yang tinggi Sob. kalau mesin “thumper” aka mesin big single dengan pendingin udara, asli ini mesin enak banget! Karakternya ini mesin punya napas yang panjaaaang! Karena emang torsinya besar, jadi pabrikan membuat rasio gigi jadi lebih berat. Contohnya kayak Honda CB400SS dan Yamaha SR400, itu motor adalah Thumper yang mana mesin satu silinder, pendingin udara dengan karakter mesin bernafas panjang dan enak di kendarai. Sedangkan untuk versi powerfullnya biasanya mesin satu silinder di benamkan di motor enduro atau motor trail, kayak Honda XR650 dan KTM SMC690R, yang mana kalau tangan gak sekolah bener-bener jungkir balik itu motor kalau dipakai Sob.

Honda C70-4

Primadona, mungkin itulah julukan yang tepat bagi mesin motor satu silinder. Baik dari pabrikan yang membuatnya, konsumen, montir, semuanya pada win-win solution. Oke deh, seinget MMBlog inilah artikel terakhir dari pembahasan mesin ala MMBlog, ada yang kelewat gak yah Sob? silahkan tulis aja dikolom komentar yah. Sekian, terima kasih, dan semoga berguna!

5 COMMENTS

  1. Lek Vandra, klo 250cc single tarikan bawahnya enak gag? di banding yg 2 silinder? karena sy blm pernah coba, klo yg 2 silinder udah, tpi menurut pribadi RPM bawah nya terlalu kalem, tengah ke atas baru joss.. aku lebih suka yg nyruntul2 dari RPM bawah, trus linear aja, toh buat perkotaan, bukan mau balapan,hehe..
    thanks before!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here