Mesin Dua Silinder 360 Derajat Crankshaft, Dua Silinder Tapi Suara Ala Empat Silinder!

7

benelli tnt 250-4

Sobat MMBlog sekalian, ngebahas mesin motor lagi nih. nah, sekarang setelah kemarin membahas mengenai mesin motor dua silinder 270 derajat dan juga mesin 180 derajat crankshaft, kali ini MMBlog akan membahas mengenai mesin dua silinder 360 derajat crankshaft. Seperti yang udah MMBlog mention di artikel sebelumnya, kalau mesin ini adalah mesin yang bisa dibilang sebagai mesin yang menarik, terlebih untuk di Indonesia, kenapa bisa gitu?

Suara, yups suara aka Audio! Ini motor punya karakter suara yang diidam-idamkan oleh sebagian besar rakyat bikers Indonesia! Biarpun dua silinder, karena mesinnya, atau pistonnya naik turun bersama-sama, suara yang dihasilkan padat, harmonis, dan merdu layaknya mesin empat silinder! Wuunngg…wuunnggg..! tapi tentu gak sehalus empat silinder lho ya, yang jelas padet banget dah! Beda sama R25 atau Ninja 250!

Terus gimana dengan performanya? MMBlog lupa udah pernah nyoba apa belum, tapi yang jelas tarikan bawah dari motor ini bener-bener nampol! Tapi ini motor gak terlalu bisa digeber di rpm tinggi, redlinenya pun gak tinggi kok. Terus, yang asoy lagi adalah getarannya, mungkin karena tekanan pada kruk as kenceng banget jadinya motor bergetar hebat. Inget waktu Benelli TNT 250 dihidupkan di PRJ, motor ini begitu diblayer mesinnya goyang mantap euy.

benelli tnt 250

Terus motor lain yang pernah MMBlog lihat dan denger suaranya adalah Honda CB250 Nighthawk. Motor ini dua silinder, tapi suaranya kayak motor empat silinder Sob. kelihatannya emang gak terlalu dilirik pabrikan tanah air yah mesin begini, padahal menarik banget suaranya lho. Entah karena durabilitasnya yang bisa jadi lebih lemah, atau apa, padahal potensinya besar banget! Untuk varian mogenya, yang terkenal itu adalah varian dua silinder inline dari BMW.

Oke deh, ada yang punya pengalaman nunggang motor begini? Silahkan di share pengalaman masbro di kolom komentar yah. Sekian, terima kasih, dan semoga berguna!

instagram

Villa Kanaya

7 COMMENTS

  1. variabel displacement itu memakai selenoid untuk menutup katupnya dengan cara digeser,sistem ini sangat kompleks dan memakan temapt,alternatif dimotor menggunakan throthlle valve secondery untuk membuat laju udara terhenti ke beberapa silinder

  2. mirip honda twin jadul mulai cb125, cb 175 serta cb200…
    suara 2 silindernya bener2 ngebas kayak inline kwartet silinder…
    ga kayak twin motor sekarang yg suaranya kayak kejar2an, bosenin…

  3. Mau coba modifikasi ninja 250 jdi 360 drajat tapi masih belom paham betul resiko2 yg bakal ditimbulkan. Bagi yg udh ngerti bgt soal modifikasi crankshaft boleh dong infonya buat tukar pikiran, yg terpenting info bengkel custom crankshaft yg terpercayanya ubtuk daerah jakarta kalo ada yg tau boleh email ke saya nanti saya kasih nomor WA saya makasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here