Konsumsi BBM Motor 250 CC Bisa Lebih Boros Atau Sama Seperti Motor 650 CC, Tanya Kenapa?

35

Xabre VS ER6n-4

Sobat MMBlog sekalian, MMBlog jadi inget satu hal ketika MMBlog riding bareng Om Kobay. Ketika di lampu merah, Om Kobay sempat melirik speedometer si Merah, dan melihat average fuel consumptionnya yang 1:21, dan beliau langsung ngomong “anjrit, irit juga!”, nah ubek-ubek artikel lawas beliau, ternyata emang ada tulisan mengenai konsumsi BBM Kawasaki Z250 yang ternyata bisa 1:18 atau kalau lagi santai/touring bisa 1:23 atau 1:26, jujur, ternyata konsumsi bensinnya sama kayak ER6n, kenapa bis a begitu?

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

wpid-img01183-20130309-1008
Shironya Om Kobay dulu

Disini emang ada banyak faktor yang memperngaruhi konsumsi BBM sepeda motor. Selain motornya sendiri, tentu perangai atau style riding dari ridernya juga sangat mempengaruhi tingkat kehausan motor tersebut minum bensin. Tapi kalau beda CC yang lumayan jauh gini, sebenernya ada satu hal mendasar yang menyebabkan kenapa konsumsi bensinnya bisa sama atau lebih boros.

[/fusion_builder_column][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

SONY DSC
SONY DSC

Gak lain gak bukan adalah power dan torsi dari motor tersebut Sob. sederhananya gini, ketika motor 650 CC, ngacir dengan kecepatan 80 km/jam, top gear di gigi 6, rpm manteng dengan khidmad di 3500 rpm, bukaan gas atau throttle sedikit banget pelintirannya, untuk mencapai kecepatan segitu, juga hanya dengan pelintiran gas yang sedikit, gak perlu ngebuka ngehentak, motor udah cepat berakselerasi.

[/fusion_builder_column][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

kalau ini jangan dibandingin iritnya
kalau ini jangan dibandingin iritnya

Kemudian motor 250 CC, ngacir dengan kecepatan 80 km/jam, top gear di gigi 6, rpm manteng di 5000 rpm, bukaan gas atau throttle lumayan menganga, untuk mencapai kecepatan tersebut butuh pelintiran gas yang dibuka dengan lumayan menghentak, apalagi kalau situasi ridingnya emang lagi uber-uberan sama moge 650-1000 CC, tentu secara logika sederhana bensin yang dibutuhkan juga lebih banyak kan? Energi losses yang ada di motor CC besar bisa diminimalisir dengan optimumnya akselerasi dan rendahnya rpm namun motor melaju kencang.

Apalagi di cas om kobay, die kan kalau bawa motor mana bisa ngegas ngurut, yang ada buka pol langsung sampe throttlenya dower kalau kate orang Betawie :mrgreen: . nah, ada pengalaman serupa atau input tambahan? Silahkan temen-temen taro aja dikolom komentar yah.

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

35 COMMENTS

  1. Gw pake 250 twin karbu aja tembus 1:36 km / liter kok. Tapi ron 95 kalo pake 92 susah dapet 1:30

    Yabg masalah bukanya bukaan gas. Soalnya bukaan gas kecilpun bensin bakalan deres. Yg penting pake motor gak usah napsu. Biasanya pake 250cc itu gampang panasan. Di salip dikit langsung gak terima. Akhirnya ya bikin riding gak bisa smooth

    Beda sama moge, colek dikit udah larj kenceng, motor 150cc di oprek kaya apa aja tetep susah jabanin.

    Btw gw pake z800 dapet tuh 1:24-25an

    Ngoahahhaah. Beda kali yah bawa motor buat pamer speed sama bawa motor untuk dinikmati sendiri

  2. RPM rendah, long-stroke = irit
    RPM tinggi, short-stroke = boros

    tapi sebelum ngomongin irit atau kagak kita liat dulu peruntukannya…

    kalo motor operasional ya pasti nyari irit, beda sama yang hi-performance

  3. klo bebicara masalah komsumsi bbm irit tergantung pemerintah ,tarolah er6 dibuat boros 1:10 tp pemerintah kasih harga pertamax 2500,dijamin tetap irit..he..he…

  4. PWR + beban pengendara jg ngaruh bro. Ibarat kate Ade Rai ngangkat karung beras 15 kilo lbh effortless dibanding Vandra yg ngangkat. Tenaga yg dikeluarin sama Ade Rai lbh sdkt dr pd Vandra. Konsumsi energinya lbh sdkt.

  5. ane naik MT25, klo mau bicara irit itu paling irit di gigi 5 RPM skitar 5000/ skitar 60an KMH, konsumsi sesaatnya terbaca bisa 1:36… klo lagi dikebut ya bisa di bawah 1:20an… makanya tergantung tangan kanannya lagi, disekolahin gag,,hahahaha…

  6. jd inget episode top gear yg ngetes prius vs bmw m3.

    prius ngebut pol, bmw m3 tugasnya cuman ngitil d blkg prius.
    bs lebih irit bmw m3 nya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here