Honda X4, Cruiser Unik Dari Honda Yang Unit-nya Banyak Beredar di Indonesia

3

x4_199703

Sobat MMBlog sekalian, beberapa hari yang lalu, ketika MMBlog sedang mobilisasi di jalan raya ibukota dengan menggunakan roda empat. Sisi mobil sebelah kiri dibuat mendengung dengan suara knalpot khas empat silinder, hmm apa yah? Karena naik phanter, jadi tinggi gak keliatan, akhirnya pas merayap di kemacetan, ketahuan kalau itu adalah Honda X4! Sebenernya gak sekali ini doang MMBlog ketemu sama motor ini, lumayan sering, terus motornya kayak gimana?

Ini motor bisa dibilang sebagai motor cruiser, tapi lebih kepada sporty cruiser yang kalau di Harley Davidson ya sportster gitu deh. Motornya terlihat bantet, pendek, gempal, dan padat. Dengan dual exhaust di kanan dan di kiri, kesan jadulnya dapet banget dah pokoknya, soalnya kan sekarang udah jarang motor yang menggunakan knalpot-knalpot ganda kayak gitu kalau bukan Hyperbike.

honda-x-4-1

Mesinnya dipersenjatai oleh mesin empat silinder, DOHC, dan masih menggunakan karburator vakum yang berventuri 36. Beratnya lumayan, 270 kg masbroo, wkwkwk. mesinnya sendiri, adalah mesin overbore 1284 CC, dengan bore x stroke 78 x 67.2 mm. Menggunakan 5 tingkat percepatan, motor ini punya power maksimal hingga 100 daya kuda, gak gede-gede amat? Tapi torsinya maknyus 121 Nm @ 5000 rpm! Yups, kalau dirasain ya kurang lebih kayak dentuman GSX1400/CB1300 gitu deh, jengat sih enggak tapi tiba-tiba kecepatan udah manteng di 140 km/jam aja.

Yang menarik adalah ukuran ban, ban depannya punya ukuran lebar 120 tapi rim 18, dan belakang ban gambot dengan lebar 190 tapi rim-nya 17, lagi-lagi khas motor cruiser dan jadul yah.

Motor yang diproduksi dari tahun 1997 sampai tahun 2003 ini tampaknya lumayan digemari oleh rider-rider veteran aka bapak-bapak yang gak mau rempong, capek, kepanasan sama Harley-Davidson tapi juga gak mau dibikin kozel-kozel sama tenaga liar nan badak ala Yamaha V-Max. Memang, kalau didudukin terlihat rileks banget posisi ridingnya Sob. apalagi mesin ini adalah mesin yang dipakai oleh CB1300, yang emang udah pernah MMBlog coba dan ini mesin alus banget, smooth, gak panas, intinya emang nyaman.

honda-x4-ld-4

Terus harganya berapaan? MMBlog kurang tahu juga pastinya berapa, tapi unit ini mungkin agak terkendala perkara surat menyurat, ada yang suratan, beruntung banget yang punya karena biasanya melalu jalur pemutihan nih Sob. untuk opsi moge seken gimana? Silahkan ditebus, karena sparepart sepertinya bisa dikanibal dengan sparepart Honda CB1300. Oke deh, semoga bisa nambah inspirasi temen-temen yah. Sekian, terima kasih, dan semoga berguna!

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here