Honda CB250RSA, Inspirasi Utama AHM Membuat Honda Win?

6

honda-cb250rs-82

Sobat MMBlog sekalian, ketika sedang browsing mencari informasi mengenai motor-motor tua, MMBlog digiring oleh Mbah Google untuk mengklik gambar sepeda motor yang bentuknya punya benang merah dengan Honda Win 100. Setelah di klik, ternyata emang mirip bener sama Honda Win, dan motor tersebut bernama Honda CB 250RSA! Apakah ini motor yang menjadi inspirasi AHM dalam membuat Honda Win?

cb250rs07122002

Bisa dibilang sepertinya iya Sob, karena motor ini juga dibuat pada tahun 80-an, tepatnya pada tahun 1981, lebih tua memang dari Honda Win 100.  Motor ini mirip banget dengan Honda Win kalau dilihat dari area depan! Yups, tangkinya itu lho, mirip banget sama Honda Win 100 kan? Belum lagi menggunakan lampu kotak ala kotak nasi bekal anak SD itu, makin mirip! Tapiii, ini motor 250 CC lho.

honda_1981_cb250rsa_specs

Untuk motor tahun 1980-an bisa dibilang speknya udah lumayan mantep! 250 CC, satu silinder SOHC, terus menggunakan empat klep! Bisa dibilang mirip sama Thunder 250 atau GS/GN/GZ250 series nih! overbore banget 74 x 57.8 mm, dengan kompresi 9,3 : 1. Giginya ada lima, dan persamaan lainnya dengan mesin GS/GZ/GN adalah mesin yang dual port exhaust! Yups, dua knalpot keluar dari mesinnya yang satu silinder! Untuk kaki-kaki menggunakan suspensi stereo baik depan dan belakang, serta menggunakan pelek 18, nyaman!

Untuk ngidupin, kudu pake engkol, wkwkwk, tapi tenang, ini motor udah pake tuas dekompresi yang otomatis kalau diengkol, mantap!

honda_1981_cb250rsa_specs

Nah, gimana menurut temen-temen setuju kan kalau ini motor kayaknya jadi basis pengembangan desain Honda Win oleh AHM? Tangkinya mirip banget tuh Sob. ya emang gak bisa dipungkiri juga sih, pasti pabrikan mencari sumber sana sini untuk membuat sepeda motor produksi mereka. Oke deh, semoga bisa menginpirasi dan menambah wawasan temen-temen yah! Sekian, terima kasih, dan semoga berguna!

6 COMMENTS

  1. Ini bukan desain ahm masbro…
    honda Win dan motor benek jepang termasuk produk global tapi untuk negara miskin dan negara berkembang, konsepnya adalah motor murah, tahan lama, praktis dan tahan banting.
    Dari konsep itulah hampir semua motor jepang bisa menguasai pasar negara miskin dan berkembang termasuk indonesia.
    Sementara konsep desain motor eropa kebanyakan untuk gaya hidup dengan target konsumen yg berbeda, walaupun ktm sekarang mulai meniru motor jepang soal price posisioning dengan banderol yg mepet2.
    Dulu pernah sih cagiva bikin motor murah di thailand tapi sayang doi pake mesin cina copyan gl pro, tidak bikin mesin sendiri, jadi gagal dipasaran karena masalah kualitas.kalo gak salah namanya cagiva f4.

    Ini hinda win thailand:
    http://www.offroadvietnam.com/motorcycle-rentals/road-bikes/honda-win-100cc

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here