Adil Sama Motor-Motor Di Rumah, Gimana Caranya?

4

Honda Win 100

Sobat MMBlog sekalian, terkadang, bikers itu punya beberapa motor di rumah. Entah itu untuk koleksi, beli napsu mata, atau emang beneran butuh. Nah, motor yang jumlahnya lebih dari dua, atau bahkan lebih dari tiga, kalau saja ada unit yang jarang dipakai, bisa jadi unit itu malah gampang rusak. Yah, udah jadi rahasia umumlah kalau motor terlalu sering dipake aka overuse juga cepet rusak, tapi kalau jarang dipake juga gampang rusaknya. Contoh karat, sil yang bocor, aki yang tekor, dsb, dsb, lagipula agak ngenes juga motor gak pernah dipake tapi pajaknya dibayar terus tiap tahun, terus gimana caranya biar adil?

Kuncinya ada dua:

  1. Lihat Kondisi Badan

  2. Lihat Kondisi Jalan

Pertama lihat kondisi badan. Kalau temen-temen punya motor matik, sport, dan sport berat, tentu badan akan membutuhkan effort yang berbeda ketika riding menggunakan ketiganya kan? Pake matik, ya enak dong, apalagi pas macet, motornya enteng, gak panas, irit pula, jadi kalau emang badan lagi agak sontoloyo, tapi butuh efisiensi tingkat tinggi dan mobilitas yang tinggi, monggo pake matiknya. Untuk motor sport? Nanti aja dipake kalau udah agak sehatan, moge? Kudu sehat banget itumah, kalau nekat bisa jadi salah satu penyebab berkurangnya jumlah penduduk euy :mrgreen: . nah, kalau sehat terus, monggo diselang-selingi penggunaannya, kalau ini perkara mood nih.

20160719_203351

Lihat Kondisi Jalan, ini penting banget untuk keadilan motor, haseekk. Hari senin, selasa, rabu, tentu ini adalah hari dimana jalanan bisa dibilang sebagai neraka bumi 😆 . apalagi di Ibukota, pilihan menggunakan matik, atau bebek, atau motor sport yang enteng adalah opsi terbaik, walaupun MMBlog lebih ngerekomen bebek dan matik sih. Nah, begitu hari kamis atau Jumat, silahkan pake sportnya dah, kok kamis jumat? Selain emang udah nuansa akhir pekan, biasanya enak pake motor sport abis aktifitas bisa dipake nongkrong atau kopdar kan? Terus pas weekend? Nah ini, pagi-pagi silahkan geber motor sport berat atau mogenya.

Tapi emang udah cukup adil tuh mas? MMBlog rasa sih udah adil banget, tapi akan lebih baik lagi kalau motor-motor itu dipanasin paling enggak dua hari sekali Sob. entah itu manasin di garasi, atau gelinding sebentar di keliling komplek, udah cukup banget untuk ngelemesin karet-karet dan memberikan mesin sirkulasi oli yang cukup. Oke deh, gimana? Udah adil belom?

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here