Mesin Inline Four, Empat Silinder, Mesin Dengan Karakter Lembut, Enak Dikuping, dan Nyaman!

7

Honda CBR600RR-4

Sobat MMBlog sekalian, setelah kemarin MMBlog sempat membuat artikel mengenai motor dengan karakteristik kuat dari mesinnya, ada sahabat komentator yang memberikan input kepada MMBlog untuk membuat artikel karakter masing-masing mesin. Nah, boleh juga nih dibikin artikelnya. Tentu kalau temen-temen ngarepin pembahasan teknis, silahkan skip aja artikel ini Sob, tapi kalau temen-temen pengen tahu review dan opini MMBlog akan motor dengan tipe ini sebagai rider, lanjut yuk! Asek!

GSR600

Mesin inline four, aka mesin empat silinder segaris, MMBlog lumayan familiar dengan mesin ini Sob. mesin ini adalah mesin motor idaman kebanyakan rider di Indonesika, kalau dibikin penelitian, trust me, jadi idaman karena dipengaruhi oleh suara mesinnya! Suara mesin empat silinder, dengan firing order yang “normal” bisa jadi sangat merdu, halus, bulat, padat, dan harmonis.

test ride ride zx14-10

Semua unit motor yang MMBlog pernah test baik itu 250 CC Empat Silinder (CBR250RR), 400 CC (CB400), 600 CC (GSX-R600, CBR6000RR, R6, GSR600), 650 CC (CB650F, CBR650F) 750 CC (GSR750), 800 CC (Z800), 1000 CC (CBR1000RR, MV Agusta F4, Ninja 1000), 1400 CC (ZX14R, BMW K1300R, GSX1400), gile banyak juga gak taunye motor yang udeh ane test yak 😆 . semuanya bersuara merdu! Tapi makin gede CC, suaranya jadi semakin “berat”, semakin “dalam”, yup kayak Bariton gitu, lebih kencang suaranya daripada suara “angin”-nya itu Sob.

gile, lelah juga masukin linknya atu-atu, kalau kepo search aja Sob 😆

Ngomongin karakteristik, motor-motor empat silinder ini punya nafas dan tarikan yang linear, gak terlalu menghentak di badan, tapi tiba-tiba kok ya angin kenceng banget nerpa helm yah? Kecuali yang CC-nya di atas 1000, itu baru torsinya bikin badan sempoyongan Sob. motor-motor empat silinder, punya rentang rpm yang lumayan tinggi, walhasil nafasnya juga jadi lebih panjang. Motor dengan mesin begini ini juga punya getaran yang bisa dibilang amat sangat minim, haluuuss!

f4-31

Mesin empat silinder, juga mesin yang biasanya punya panas mesin lebih panas daripada mesin lainnya. Ya wajarlah, bidang geseknya juga lebih banyak kan? Udah gitu, mesin-mesin begini juga relatif lebih lebar Sob. biasanya motor yang terlihat gendutan/lebar kalau dari depan. Gak bisa dipungkiri juga, pada umumnya motor dengan mesin begini juga relatif lebih berat Sob. terus gimana dengan konsumsi BBM-nya? Ini dia, efeknya sangat bergantung sama tangan kanan! Kalau tangan kanan gak sekolah, betot sana-betot sini, ini motor bakalan boros abiisss! Tapi kalau nguruttt, bedanya jauh, jadi lumayan irit!

Motor empat silinder, di tanah air masih menjadi primadona. Kastanya kayak di atas motor-motor mesin dua silinder, apalagi satu silinder, padahal kalau di luar negeri motor begini ini udah terlalu mainstream, ya tapi teteplah ini motor adalah motor idaman MMBlog, berkali-kali ngetes motor begini, tetep enak, nyaman, dan selalu bikin ketagihan! Kalau ditanya, berapa CC yang paling pas motor mesin empat silinder untuk jalanan Indonesia, jawabnya adalah dari 400-800 CC. Lebih dari itu, mayaaan panasnyaaah 😆 .

Oke deh, semoga berguna yah! Kalau mau ada yang nambahin silahkan lho.

7 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here