Mesin Empat Silinder V, Mesin Cetak Buku Yassin

21

IMG_0379

Sobat MMBlog sekalian, kembali lagi ke artikel pembahasan mesin ala MMBlog. Nah, sesuai permintaan, lumayan banyak yang minta MMBlog membahas mengenai mesin empat silinder V, okelah, jadi! Kebetulan, MMBlog juga udah ada pengalaman dengan Aprilia, salah satu, atau bahkan produsen sejati mesin empat silinder V! Gimana tuh mesinnya?

Sesuai judul, mesin ini sebenernya bukanlah mesin yang oke buat motor, tapi oke banget buat nyetak buku Yassin. Lhoo, kenapa gitu Mas? Gila! Ini mesin adalah mesin yang pure, murni peruntukkannya adalah untuk performa, performa, dan performa, torsi, torsi, dan torsi! MMBlog gak tahu lho ya gimana kalau V4 nya mesin Honda, yang jelas beberapa kali mencoba Aprilia yang bermesin V4, mesin ini asli bukan untuk main-main!

0704_sprp_03_z+camshaft_drive+

Mesin V4 Aprilia yang full performance, adalah mesin yang menakutkan, mesin yang pemarah, dan mesin yang temperamental! Mesin ini punya karakter yang gak bisa “diem”, yups, agak aneh memang, suaranya gak jelas, suaranya kayak mesin empat silinder yang pincang. Udah gitu, suara juga aneh, merdu juga enggak, beraturan kayak dua silinder inline juga enggak, drat..drut..drat..drut, aneh dah, tapi begitu ditarik, innalillahi!

IMG_0380

Tarikannya bener-bener bikin badan kehempas luar biasa. Letupannya itu bener-bener kayak peluru! Tenaganya gak ada linear-linearnya, gak ada alus-alusnya! Belum lagi getarannya, lumayan banget Sob! yang jelas, hanya rider yang sudah punya jam terbang tinggi, punya passion speed yang tinggi, dan punya nyali yang besarlah yang bisa menikmati mesin ini. Kalau rider reguler kayak MMBlog mah bisa sih bisa aja bawanya, tapi ya gitu, pelan sama banyak istigfarnya.

Oleh karena itu juga, motor-motor MotoGP juga banyak kan yang menggunakan mesin V4? Bahkan RCV-S aja menggunakan mesin V4, karena emang pure untuk performa!

Makanya, gak heran kan ini motor gak seheboh dan sebooming motor-motor Eropa lainnya kayak Ducati atau MV Agusta. Udah harganya muahaaall, susah juga dipakenya, wkwkwkwk :mrgreen: . MMBlog pernah nyobain, gile, bingung juga makenya yah! Ini motor asli kencengnya gak karuan, tenaga asli gak abis-abis! Mungkin dari segi akselerasi, bisa sama kayak motor seliter inline 4, tapi sensasi jambakan, getarannya itu, bener-bener nyeremin!

Apalagi panas mesinnya, wuuuuuuuiihhhhh, wuiihhh, wuiiiihhh…!!!! :mrgreen: , bener-bener deh, kelar idup!

Bahkan, Mbah dukun yang udah sering dan malang melintang di dunia mogepun bilang kalau mesin motor V4-nya Aprilia adalah mesin yang pas buat bunuh diri! Yups, karena emang gitu deh. Belum lagi konsumsi bensinnya, bener-bener deh, aus bener 😆 . MMBlog beberapa kali lihat mesin ini di sirkuit, gile ini baru bener-bener habitat aslinya, silahkan gaspol rempol! Tapi tetep lho beloknya susah kalau Aprilia, wkwkwk :mrgreen: .

157485_14aa64ce-d9da-11e4-b6da-fe782523fab8

Itulah kira-kira opini MMBlog mengenai mesin cetak buku Yassin ini Sob, beneran bikin ridernya makin deket sama Tuhan. Tapi gak tau juga deh kalau mesin V-4 nya Honda, kayaknya sih lebih smooth yah.

21 COMMENTS

  1. aprilia RSV4 gak ada power mode alias semacam traction control nya ya ?

    sama kaya VMAX (V4 juga)…..tenaga nya raw….gak ada traction control….power mode….ato drive by wire….hampir semua fitur manualan….motor liar semua….baik handling maupun powernya….hahaha

  2. Pernah papasan sm yg begini di BSD.. setuju.. suara knalpotnya berantakan pisan klo pas berenti.. war wer war wer kayak filter bocor

  3. Mesin V4 menggabungkan 2 keunggulan sekaligus, mesin 2 silinder inline yang peaky dan mesin V-twin yang Torqy, masing2 kali 2 karna 4 piston.Tapi IMHO mesin yang paling balance katanya adalah mesin inline-6 silinder, karna tidak perlu balancer tambahan lagi, apalagi klo dibikin jadi V-12 kayak mesin Ferrari Berlinetta atau Lambo Reventon, suaranya maknyuussss….. 😀

  4. Bang saya baru nih di blog bangvandra. Dulu sih suka main” klo g ada bacaan.
    Saya mau tanya nih saya ada rencana upgrade motor ke RSV4 dari sebelumnya Z250sl dengan umur yg baru 20thn apa ada saran bang. Ane udh demen bgt sama RSV tp baca review agan jadi mikir lagi.
    Bayangkan pengguna er6n aja keder kena rsv apa lagi yg 250cc jomblo. Thanks sebelumnya

    • Saran saya mending ke 500-650CC dua silinder atau supersport 600 CC jepang aja bro. Ati2 dah sama RSV4 ya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here