Mesin Benelli BN600, Empat Silinder Yang Torqy, RPM Cepat Sekali Naiknya!

9

Benelli BN600-16

Sobat MMBlog sekalian, banyak sekali yang menanyakan ke MMBlog mengenai bagaimana impresi riding dan performa dari Benelli BN600. Memang beneran bikin penasaran, karena banyak sekali rumor yang berkembang mulai dari mesinnya menggunakan mesin R6 lah, atau menjiplak mesin CBR600RR lah, dll, tapi gimana emang sensasi berkendaranya?

Kalau MMBlog bilang dan MMBlog rasakan, mesin Benelli BN600 adalah mesin yang berbeda sama sekali dengan mesin supersport kayak CBR600RR atau R6. Mesin empat silinder dari BN600 adalah mesin yang RPM-nya cepat sekali naik! Yups, karakternya penuh torsi seperti mesin dua silinder, namun dengan kelembutan dan kelinear-an mesin empat silinder yang membuat bulu ketek jabrik!

Benelli BN600-7

MMBlog bisa bilang juga, kalau respon throttle dan mesin tuh kayak lagi menggunakan gas spontan! Gak perlu bejek gas banyak-banyak, pelintir dikit, rpm langsung melenting, naik dengan cepat, redline di 11.000 ribu rpm langsung tembus, dan kecepatan langsung terlihat manteng di 80 km/jam, yups gigi 1 kecekek limiter di 80 km/jam, dan begitu shifting, speedometer langsung berubah angkanya jadi 85 kilometer per jam Sob!

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

speedometer
speedometer

Mesin Benelli BN600 juga bisa dibilang sebagai mesin yang relatif adem. Kena macet bagaimana juga, suhu mesin terjaga di 95 derajat celcius, memang saat itu kipas radiator nyalanya kenceng banget Sob, xixixi. Kalau dalam kondisi statis, hawa panasnya naik-naik sampai ke tubuh, alhamdulillahnya panasnya gak numpuk di satu titik.

[/fusion_builder_column][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

sok depan gede banget
sok depan gede banget

Satu lagi yang bikin MMBlog tertarik sama mesinnya. Mesin BN600 ini punya karakter yang mantep! Entah karena dentuman pistonnya, atau karena mufflernya, serba standar aja, suaranya itu udah chakep banget! Keren asli! Humming aka dengungan dari knalpotnya terasa bulat dan padat. Kalau motor kayak CB650F tuh suaranya “ngowos” lebih kenceng suara anginnya daripada suara mufflernya.

Wah, ini gimana kalau udah diganti menggunakan knalpot aftermarket yah Sob? suaranya pasti luar biasa mantap ini! Yang jelas, mesinnya untuk harian bisa dibilang mubazir, wkwkwk, ya iyalah, ngacir kenceng memang! Tapi konsumsi BBM-nya itu lho, lumayan juga yah bisa 16-18 kilometer untuk satu liternya Sob! sekian, dan semoga berguna yah!

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

9 COMMENTS

  1. benelli kan udah dibeli sama perusahaan china jadi mungkin kualitas yang pada beberapa artikel lalu membuktikan motor ini kayaknya diproduksi di china

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here