Kenalan Dengan Honda XR250 Baja, Tua-Tua Keladi!

3

Honda XR250 Baja-4

Sobat MMBlog sekalian, beberapa saat yang lalu, MMBlog pernah berkenalan dengan salah satu motor enduro lawas dari Honda. Berasal dari Klan XR, bisa dipastikan motor ini adalah motor enduro sejati, motor petualang, motor tangguh! Berkubikasi 250 CC, motor ini bernama Honda XR250R Baja! Motor ini adalah milik Punggawa Supermoto Owner Group, Pak Sis, motor boleh lawas, tapi tetep seger dan siap pakai!

MMBlog penasaran, ini motor istimewanya apaan sih? Dilihat dari desainnya, bener-bener terlihat lucu dan jadul! Terlihat motor ini punya aura dirt bike aka motor trail yang kental, namun punya dimensi tangki yang bisa dibilang lebih besar dan lebih semok ketimbang motor trail reguler. Suspensi depan, masih menggunakan suspensi teleskopik konvensional. Yang bikin lucu adalah headlampnya, seriusan tuh ada dua gitu? Bulet pula 😆 . waktu MMBlog jajal siang sih, jadi gak ketahuan gimana terangnya, tanda kalau motor ini haruslah punya fitur yang “Jelas”.

xr 250 baja

Urusan kaki-kaki, motor ini ternyata punya ukuran ban yang berbeda antara ban depan dan ban belakang, khas motor enduro Sob. ring ban depannya adalah 21 inci, sedangkan ban belakangnya adalah 18 inci.  Biarpun lawas, remnya baik depan maupun belakang sudah menggunakan rem cakram! Tapi oleh Pak Sis, ban dan pelek motornya sudah dikonversi dengan menggunakan ban ring 17 khas supermoto, alasannya? Biar lebih mudah ditekak-tekuk dan makin lincah!

Honda XR250 Baja-3

Urusan mesinnya gimana nih? sesuai dengan namanya Honda XR250R, motor ini punya kubikasi 250 CC. Satu silinder, menggunakan karburator, dan SOHC. Bore x Stroke-nya adalah 75 x 56,5 mm, hmm overbore yah ternyata, dengan kompresi 10,2 : 1. Urusan buka tutup klep, diatur oleh satu camshaft alias SOHC. Tapi tunggu dulu, motor ini ternyata menggunakan empat klep Sob. wih, ternyata punya persamaan dengan Thunder 250 MMBlog yah, udah gitu, motor ini juga biar kata satu silinder terdapat dua lubang exhaust dari mesinnya, yups, twin port gitu, kayak mesin Thunder! Gas buang jadi lebih plooong!Honda XLR 250R Baja

Tapi masbro, di atas kertas, menurut klaim beberapa situs yang membahas spesifikasinya motor ini punya power hingga 28 daya kuda! WOW! Lebih besar 8 daya kuda dari Thunder 250 yang 20 Daya Kuda! Untuk menghidupkan mesinnya, tentu ridernya gak boleh manja dengan hanya mengandalkan tombol elektrik stater, niscaya gak bakalan ketemu! Yups, harus menggunakan engkol! Sedaapp!

Terus gimana Mas? Udah dijajalin belom nih? alhamdulillah udah MMBlog jajalin, walaupun hanya sebentar, nanti MMBlog ceritain gimana letupan powernya beserta bedanya dengan power Thunder 250! Oke deh, semoga berguna yah! Btw, motor ini kayaknya Cuma ada satu lho di Indonesia, mantap!

 

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here