Impresi Fisik Benelli BN600, Moge Full Size!

7

Benelli BN600-7

Sobat MMBlog sekalian, ketemu lagi di review moge ala MMBlog. Nah, sesuai janji, kali ini MMBlog akan membahas mengenai Moge dari Benelli, yakni Benelli BN600. Unit ini adalah unit yang MMBlog pinjam untuk dapat digunakan harian, berwarna hitam, kondisinya seger, pas banget untuk direview secara objektif dengan sedikit bumbu subjektifitas agar semakin sedep. Yang jelas, kalau MMBlog induksikan didalam sebuah frase motor ini adalah motor besar full size. Oke deh lanjut.

Benelli BN600-8

Secara dimensi, Benelli BN600 adalah motor yang relatif besar. Kenapa relatif besar? Karena emang lebih gede dan lebih panjang dari motor yang banyak seliweran di jalan, tapi juga gak sebesar moge-moge dengan CC ribuan. Dibandingkan dengan MV Agusta aja, masih lebih gambot si Benneli BN600 ini lho Sob. Dibandingkan dengan Si Merah aka ER6n, atau CB650F pun, Benelli BN600 masih terlihat lebih padat, yang bisa menyamai padatnya adalah Suzuki GSR600, hmm apa karena sama-sama mengusung knalpot undertail yah?

Benelli BN600-9

Dari depan, ekposure paling utama ternyata bukan dari Headlampnya Sob. Eksposure paling gila itu ternyata terpancar dari suspensi depan upside-downnya! Ukurannya bisa dibilang terlalu besar, terlalu kekar, terlalu dan terlalu untuk motor 600 CC!  Belum lagi kalau ditengok dari samping, wow! Ada kaliper rem radial yang nempel di kanan kiri peleknya Masbro! Terlihat, Benelli lumayan serius menggarap motor ini! Segitiga pemegang suspensi depan juga terlihat besar dan kokoh, seram asli kalau secara visual!

Benelli BN600-25

Lanjut ke area tengah, Benelli BN600 ditempel oleh tangki yang dibentuk ergonomis kalau diapit oleh paha. Bahannya? Ternyata plastik kondoman masbro. Ukuran tangki pas, gak terlalu besar tapi juga gak kekecilan, dan bentuk tangkinya juga gak kayak tangki ER6n yang menjulang kayak punuk unta. Di bawah tangki, ada mesin besar dan lebar yang berwarna silver. Dipadu juga dengan trellis frame yang kokoh Sob. di dekat situ juga ada jok yang bentuknya datar dan lebar, pas banget untuk didudukin, hmm, nyaman! udah gitu gak tinggi-tinggi amat juga lho.

Benelli BN600-16

Arena belakang, ini dia yang MMBlog suka! Motor ini menggunakan lengan ayun yang besar dan kokoh bin kekar! Lengan ayunnya khas motor-motor superbike/supersport! Udah gitu, suspensi belakang juga diletakan diagonal disamping motor, yups senada dengan Kawasaki ER6n, jadi suspensinya terlihat menonjol! Berwarna kuning pula, makin maknyut! Nah, selain itu, knalpotnya, ini dia yang bikin MMBlog demen, undertail, besar, dan bentuknya khas! Belum lagi spakbornya juga minimalis dengan ukuran ban 180 di belakang, bikin motor jadi terlihat semakin menarik!

Benelli BN600-6

Temen-temen pasti banyak penasaran, ini knalpotnya panas gak yah? Setelah riding beberapa menit, dan suhu mesin tercatat sampai 91 derajat celsius, MMBlog coba sentuh knalpotnya ternyata gak panas sama sekali, padahal kipas radiator udah menyala kencang, wiiih mantap!

Benelli BN600-23

Benelli BN600-2

Lalu gimana dengan finishingnya? Hmm, MMBlog rasa sih masih perlu beberapa improvement nih di beberapa titik. Ya udah okelah, tapi kualitas plastik nampaknya harus ditingkatkan lagi nih, berasa light banget, apalagi shroudnya, memang gak ngefek apa-apa, tapi ada kesan tidak menempel sempurna di motor, udah gitu, peletakan kiprok, aka rectifier juga nampaknya bisa dipindahkan ke tempat yang gak terlalu terlihat, ini ada di samping tangki, terlihat sedikit dari shroud.

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

Tapi, diluar itu semua, Benelli BN 600 adalah motor yang menarik, dan emang udah moge full-size. MMBlog bawa jalan banyak yang nanya ini motor, motor apa? yang nanya motor ini berapa duit abis modifnya, atau motor apa dimodif, gak ada Sob, hehe. berarti emang udah jelas banget mogenya nih! tapi emang suaranya gak nipu sih, biarpun knalpot standar, ini motor suaranya udah bulet dan hummingnya jelas banget, gak kayak moge lain yang kadang kalau pake knalpot standar, lebih kenceng suara anginnya daripada suara dengungnya, huahahaha. Oke deh, next artikel reviewnya yah Sob!

 [/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

7 COMMENTS

  1. Motor ini buatan qianjiang china, benelli hanya menyumbangkan desain saja, di cina sendiri dipasarkan dengan merk keeway rk6 600i.
    Ada yang bilang mesinnya njiplak desain cbr600……..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here