4 Tahun Bersama ER6n, Bagaimana Kesannya?

27

gopro ER6n-2

Sobat MMBlog sekalian, Kawasaki ER6n adalah moge terjangkau pertama di Indonesia. Harga 99 Juta di awal mula lahirnya ketika tahun 2011, membuat motor ini laris manis bak kacang goreng! ER6n juga bisa dibilang sebagai titik dimana moge bukan lagi hal yang mustahil untuk dimiliki. MMBlog menjadikan motor ini sebagai moge pertama, gak terasa sudah empat tahun Si Merah aka ER6n 2012 menemani keseharian MMBlog. Di angka odometer yang sudah hampir mencapai 19000 km, gimana kesan-kesannya?

Kawasaki ER6n udah ngajarin MMBlog banyak hal, terutama riding dengan motor yang berbobot 200 kg, dan motor yang bisa ngacir 150 Km/Jam dengan rileks. Sebelumnya palingan MMBlog bawa Thunder 250, 120 Km/Jam afalah topspeed, udah berasa kenceng banget. Di ER6n, 130 Km/Jam dapat diraih dengan gigi 3 saja, ngacir memang! Performanya sudah bisa dibilang kelebihan untuk jalanan Kota Besar kayak Jakarta. Asli deh, kalau riding bareng skutik di Jam sibuk, waktu tempuhnya juga sama aja kok. Tapi energinya bisa habis 2 atau bahkan 3 kali lipat. Ya energi ridernya atau energi dari bensin yang dibakar. Untuk start dilampu merah, kalau gak ada motor dengan CC sama atau lebih besar, niscaya dengan sekali hentak, ER6n bakal meninggalkan motor lain yang juga baru start. Buat touring? Nah ini, lebih kerasa senengnya. Untuk overtaking, semudah membalikkan telapak tangan, gak terlalu banyak mikir dan berancer-ancer masuk gak yaaaa? Insya Allah masuk! Kalau ketemu jalanan lengang, kosong, inilah kenikmatan sesungguhnya.

er6n sentul

Di awal, panas mesin ER6n membuat MMBlog kaget. Waaah, panas banget nih ya Sob?! Tapi belakangan, makin kesini, makin banyak nyoba moge, MMBlog bisa ngasih kesimpulan kalau ER6n itu adem! Walaupun GSR750 berasa lebih adem lho Sob, hehe. Pembuangan angin radiator ER6n terasa ke paha, malah kadang naik ke muka. Selain panas mesin, hal lain yang kadang bikin kurang nyaman adalah bunyi keras ketika motor masuk ke gigi 1 dari posisi netral, tiap masukin gigi di lampu merah, orang disebelah pasti nengok euy, huahahahaha. Yasudahlah.

Kawasaki ER6n punya rem yang menurut MMBlog hanya bisa dibilang cukup, gak istimewa. Untuk seruntulan ngaco, gak bisa mengakomodir. Butuh upgrade! Kampasnya masih oke juga nih udah empat tahun pakai. MMBlog kalau ngerem pakai rem depan dan belakang, rem belakang apa lagi, gak bakalan takut ngunci, ngeloyor gitu sob, kecuali kalo dibejek pake tumit yah 😆 . dari awal baru sampe sekarang ya performa remnya gitu-gitu aja sih. Gak mengalami penurunan, ya apalagi peningkatan, wong gak diutak-atik :mrgreen: .

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

SONY DSC
SONY DSC

Perkara handling, Kawasaki ER6n emang gak selincah moge-moge lain. Bahkan dibandingkan dengan Kawasaki Z800 pun, masih lebih enak diajak nikung Kawasaki Z800! Percaya deh, ini motor agak tricky ngebelokinnya. Hingga akhirnya, seiring berjalannya waktu, MMBlog nemuin solusi sederhana yakni mengganti setang bawaan dengan setang Kawasaki KLX 150, handling jadi berasa lebih mudah dan lebih ringan! Walaupun konsekuensinya untuk selap-selip agak susah karena lebar.

Terus, apa aja sih part yang udah diganti selama 4 tahun belakangan?

  • Oli
  • Filter oli 3 kali
  • Filter udara 1 kali
  • Kabel kopling sekali
  • Bohlam sein kanan depan sekali

Udah itu aja, tapiii bukannya ada hal lain yang masih oke. Kayak ban contohnya, ini ban udah harus diganti, Dunlop Road Smart 2 yang jadi ban bawaannya udah botak di salah satu sisi. Selain itu, sekarang si merah kondisi sok depan sebelah kirinya lagi bocor, hahaha. Mau ngasih treatment belum sempet-sempet, udah gitu harus saving juga buat bayar pajaknya bulan depan yang 1,5 Juta itu Sob, yah lumayan juga yah :mrgreen: .

[/fusion_builder_column][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

SONY DSC
SONY DSC

Overall, untuk review jangka panjang, MMBlog bisa bilang kalau Kawasaki ER6n adalah partner berkendara atau moge yang asyik, dapat diandalkan, tangguh, dan gak manja. Dibawa touring, tenaganya gak abis-abis, dibawa macet-macetan gak pernah overheat. Masalah sparepart? Kalau masbro domisili di Jakarta, Kawasaki Mampang, sama Ramayana Motor Kebon Jeruk adalah tempat yang komplit-plit-plit!!! Semua fast moving ada di dealer ini, gak perlu inden lama-lama dan harganya (relatif) murah.

Kalau gak diapa-apain, ini motor bener-bener badak, sehat terus! Tapi kalau temen-temen pernah lihat ada kasus ER6n sampe mati ECU-nya, dan masalah kelistrikan lainnya, bisa jadi itu motor pernah diutak-atik kayak pasang Piggy Back, atau apalah modif lampu-lampu. Perkara tangki karatan, nah ini, kalau beli unit baru dan fresh kayak MMBlog aman-aman aja tuh motornya. oke deh, semoga bisa jadi tambahan referensi temen-temen yah!

 [/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

27 COMMENTS

  1. Trick nikung pake kebo biar nggak ngeri? Ada. 1 setelan angin ban jgn dimentokin, walau resikonya kalo belok pelan setangnya ngelawan. 2 pas nikung tarik badan aja terus pasrah, gausah dicounter steer, counter steer buat selap-selip aja. Sebenernya ini kebo bisa buat rebah, tapi sering bikin ridernya jiper. Kalo belum tau celahnya, setangnya goyang dombret kan Bro 😀 😀 😀

    • Ane pertama x minjem ini enak aja om. (Baru pertama x bawa moge). biasa bawa honda beat.

      Ane coba beraniin bawa ke jalan gunung. Enak banget cornering nga ada masalah goyang”. Pakai ban lokal lagi.

      Buat ane yg biasa betot matic kena motor torsi badak enak bangetttttt.
      Nyalip truk yg lasak ditanjakan juga gampang.
      Beruntung banget yg bisa punya moge.

      Masalahnya ni motor nga cocok untuk dikota. Panas banget mesinnya.
      Masuk 1 gigi kasar banget.
      Konsumsi bensin terasa boros untuk pemakaian di kota.

  2. Pajake podo xenia 2009 ku masbro…
    Itu 4 tahun kok baru jalan 19.000km?jarang jalan2 kayaknya.
    Vario 125 led ku aku beli maret 2015 alias baru setahun sudah jalan 22.210km…
    Dan kampas rem juga masih tebal belum pernah ganti.
    Satu2nya masalah yang sangat mengganggu adalah pernah ganti bohlam belakang sekali rp4000 doag…hehehe…
    Selebihnya ganti oli dan service doang…sama hari ini rencana aku mau ganti ban belakang untuk pertama kalinya…diluar itu tidak pernah ada masalah sama sekali…hehehe…

    Oh iya jarak rumah ke tempat kerja sekitar 30km atau rata2 per hari varioku menempuh jarak 60km…

  3. Mas mau tanya don rencana ambil er6 dan blm pernah nyoba moge, kalo masukin gigi katanya keras mas emang sekeras apa mas ato masih di batas wajar? Mohon infonya mas hehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here