Mudik – Balik, Perhatikan Semua Aspeknya

2

Sobat MMBlog sekalian, melihat fenomena tahunan mudik dan balik setelah idul Fitri, pastinya selalu aja ada drama mengenai hal ini. Selalu ada cerita, bahkan belakangan ini ada korban jiwa (harus dikonfirmasi) sungguh bikin sedih, momen yang seharusnya menyenangkan, kumpul dengan sanak saudara, malah lahir cerita dan kenangan menyedihkan. Di sosial media, kambing hitam mulai eksis, tuduh sana-sini, lempar opini, giring kesana-kemari, asli jadi energi negatif.

MMBlog gak pernah ngerasain yang namanya mudik. Entah itu ke Bandung sekalipun, keluarga udah di Pulau Jakarta semuanya. Disini, MMBlog nulis artikel ini, gak bermaksud sotoy ataupun sok tau, tapi sebelum memutuskan untuk mudik, khususnya mudik dengan membawa kendaraan pribadi, tolong temen-temen cek semua-muanya. Kendaraan, kesehatan, bawaan, rute, dan personil yang diangkut.

MMBlog melihat adanya peningkatan page view pada artikel touring MMBlog yang membahas mengenai touring melewati jalur selatan. Nah, ini bisa jadi tambahan refrensi temen-temen juga, lihat rute! Browsing, lihat maps! Lihat jalur alternatif! Jangan terpaku dan jangan hanya tersihir dengan pesona jalur lurus jalan tol yang baru dibuat. Apabila semuanya satu pikiran lewat jalur itu, otomatis jalanannyapun jadi sesak gak karuan. Silahkan coba bertualang, mencari jalan lain. Kalau MMBlog sih, mendingan jauh tapi jalan, ketimbang deket tapi stuck. Oke deh, hati-hati di jalan yah. Oia, ada banyak posko-posko juga malahan banyak di jalan non tol. Semangaaat!

2 COMMENTS

  1. Ane mudik gan dri jakarta ke wonosobo lewat jalur alternatip lewat kabupaten brebes sama aja mang macet” juga sampe 2 hari 2 malem di mobil, beli bensin premium 1 liter 27rb XD bangkrut ane… last biarlah semua yang di tinggal tabah dan berkuat hati untuk yg di jalan hati” sampai di rumah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here