Motor Karburator, Selalu Dirindukan!

10

Scoopy karbu VS Scoppy Fi

Sobat MMBlog sekalian, weekend biasanya MMBlog bersama dengan soulmate ada agenda ke daerah Bogor. Ke bogor, MMBlog gak memilih jalanan yang besar, ramai, alias bukan jalan utama. Rute yang dilalui bisa dibilang rute yang melewati pedesaan, empang-empang, yah rural gitulah, tapi disepanjang jalan, terlihat lumayan kontras lho motor-motornya dengan motor-motor yang ada di jalanan besar! Yups, motor yang beredar kebanyakan motor lawas berkarburator!

keihin-fcr-37-1

Motor karburator, bisa dibilang udah hampir gak dijual lagi sama ATPM. Masih ada sih sedikit yang jual motor karbu, tapi kebanyakan udah injeksi semuanya masbro. Tapi bukan berarti motor jenis ini gak ada dijalanan, di daerah pedesaan yang MMBlog bilang tadi, macam di jalanan kayak Desa Nanggela, Tajur Halang, yang mana di daerah itu masih berdekatan dengan pusat kota, motor-motor lawas berkarbu tampaknya lebih diandalkan untuk membantu bekerja dibanding motor zaman sekarang.

Katakanlah kayak Honda Grand, Astrea Impressa, Legenda, Shogun, Cryton, dan lain-lain, terlihat familiar, tenu ridernya juga kagak ada yang pakai helm Sob. knalpot motor juga uadah gak standar alias ngebrong abis 😆 . tapi asli, lucu juga melihat populasi motor begini ini ada lumayan banyak di daerah pedesaan. MMBlog pernah nanya iseng ke toko sparepart, nanya karburator buat Jialing Kancil babeh, cari yang mirip-mirip nanya karbu Supra 100, eh masih dijual ternyata, mereknya Sheng-Wey :mrgreen: . tanda kalau masih ada partnya, motornya juga pasti masih ada dan eksis aja tuh!

Motor Injeksi emang lebih irit, lebih minim perawatan, lebih efisien, tapi mindset sebagian orang yang mikir “kalau mogok gimana?” “susah settingnya” “banyak bengkel yang belum bisa”, masih menjadikan motor karburator sebagai primadona! Oleh karena itu, biarpun ATPM udah mulai gak tertarik untuk menjual motor berkarburator, tapi karburator tetap dirindukan, tetep dipakai! Yah motor karbu mah gak perlu kelistrikan yang advance, gak perlu pake ECU :mrgreen: . asal ada aki, kiprok, coil, busi, bensin, karbu, motor bisa jalan 😆 .

Oke deh, semoga berguna yah! Di daerah temen-temen gimana nih? ini ceritaku, mana ceritamu, haseeeeeeeekkkkkkk. oia, ini sekuel artikel motor karbu pertama, next MMBlog bikin lagi lika-liku motor karbu, cihuy!

10 COMMENTS

  1. ceritanya pas mudik kemarin ,jakarta magelang ,di brebes sehari semalem jalanan mampet ,ketemu beberapa motor injeksi indikator bensin udah kedip motor di dorong ,spbu bbm pada kosong

  2. Ane masih pake scoopy karbu, tanpa aki pun masih bisa jalan motor karbu mah, tapi kalo kelamaan gak pake aki ya paeh motorna

  3. namanya mekanik abal2 ya.jetting karbu abis mainjet ama pilot jet selusin baru ketemu settingan pas.(motor juga bore up sendiri soalnya) sambil belajar???????? dan cost nya lebih murah kalau udah ga main standart karena ga perlu ganti injektor atau beli piggy bag.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here