Kode RR di Honda CBR250RR, Sefilosofis Pendahulunya Yang Empat Silinder (MC22) kah?

10

CBR250RR

Sobat MMBlog sekalian, dari video yang dirilis oleh welovehonda, terlihat beberapa tampilan siluet dari motor sport baru berfairing. Selain itu, juga bisa dilihat ada penampakan tulisan CBR250RR. Kodenya pake RR nih? serius? MMBlog pernah membuat pembahasan mengenai kode RR di motor-motor Honda, dan kebanyakan RR yang bisa dibilang Race Ready atau Racing Replica ini motor-motornya pada dahsyat-dahsyat dan empat silinder! Terus gimana dengan CBR250RR ini?

Hmm, konfigurasi mesin sepertinya bakalan condong ke mesin twin dua silinder segaris, jadi cocok gak tuh pakai kode RR? Mungkin, mungkin lho ya, makna RR gak hanya perihal mesin saja yang harus empat silinder, tapi teknologi yang digunakan, fitur, material, bisa jadi emang superb semua! Bisa jadi juga, performanya memang menjanjikan, dan bisa compete dengan rivalnya Yamaha R25 dan Kawasaki Ninja 250.

CBR250R-5

Desas-desusnya, throttle by wire, riding mode, bisa jadi terbenam di motor ini. Kalau emang iya, berarti bisa dibilang ini motor 250 CC paket lengkap, dan kayaknya, koreksi aja kalau MMBlog salah, motor 250 CC yang menggunakan fitur-fitur hightech yang lazimnya hanya dipakai moge, ya Honda CBR250RR ini masbro. Udah gitu, guna mendongkrak tampilan dan performa peredam kejut, Honda CBR250RR juga dibekali oleh suspensi Upside-Down, yang mana rival juga belum menggunakan suspensi seperti ini.

Honda CBR250RR-67

Waduh, kalau begini bisa jadi, Honda CBR250RR akan menjadi titik perubahan motor-motor 250 CC lainnya. Suspensi upside-down sebagai standar, adanya throttle by wire yang bisa dibuat riding mode, dan rem ABS. Yang jelas, kalau sampai begini ini, harga motornya juga pasti serius, segmen yang dibidikpun harus jelas. Harga yang ditawarkan tentu gak bisa lho ini hanya sebatas pada hubungan penjual dan pembeli yang transaksional aja, harus dimaintain layaknya bigbike!

Okelah, mau R kek, mau RR kek, yang jelas bakalan MMBlog buktiin ini motor pantes apa kagak pake kode RR yang notabene jadi kode motor spesial dari klan CBR macam, CBR250RR MC22, CBR400RR, CBR600RR, CBR900RR, dan CBR1000RR! Atau pas launching, menarik juga nih untuk ditanyain, hehe, aah jadi gak sabar! Oke Sob, sekian, terima kasih, dan semoga berguna yah!

10 COMMENTS

  1. Mungkin kalau terlalu fanatik dengan nomenklatur RR, salah-salah malah jadinya bukan dua silinder, tapi cuma pake satu silinder. Mengingat konfigurasi race “tertinggi” di kelas 250CC itu dipegang oleh motor-motor prototipe Moto3 yang cuma mengandalkan satu silinder (berbeda dengan race jadul yang cc kecil tapi silindernya beranak pinak)

  2. Nanti ada 2 versi, versi high specnya pake nama RR, yg satu lagi yg “biasa”

    Udin “Wah bro, ini motor lo CBR250 RR ya?”

    Mamat “bukan bro, ini yg versi biasa. Kalo yg “RR” kan pake apetdwhon”

    Kira2 kya gt, mirip2 NSR series, ada bbrp versi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here