Email Pembaca : Suzuki GSR600 VS Honda CB650F, Mana Yang Lebih Oke? (Artikel Komparasi)

    11

    CB650F vs gsr600

    Sobat MMBlog sekalian, kaget MMBlog mendapatkan email dari Bro Aldy, yang bilangnya pembaca setia MMBlog. Gak pake tudung aling-aling, beliau secara frontal langsung bertanya,”Bro Vand, langsung aja nih Bro, kan Bro udah pernah pake harian GSR600 sama CB650F, itu motor berdua mana yang lebih oke bro, galau nih ada yang nawarin GSR600 harga bagus, tadinya mau ambil CB650F, tolong bro, minta reviewnya dong”, weleehh-weleehhh, mantep banget nih Bro Aldy, wkwkwk, udah mau beli motor favorit MMBlog aja, hehe, baik Honda CB650F maupun Suzuki GSR600 adalah motor favorit MMBlog yang amat sangat, super, hebat apabila dijadikan motor besar, aka moge harian, lanjut lagi nyok, artikelnya bakalan panjang nih, hehehe.

    Baiklah, MMBlog coba kasih perbandingan pervariabel aja yah, kayak yang MMBlog ulas di GSR750 VS Z800.

    Dimensi dan Bobot

    CB650F-3

    Hmm, menarik nih, di atas kertas, berdasarkan data yang MMBlog dapatkan dari website Bikez.com, kedua motor memiliki bobot yang sama ketika full package alias dibekali oleh bensin dan oli, dan lain-lain, alias berat kotor yakni 208 kg. Tapi gimana kalau ditunggangin? Kalau diberdiriin dari posisi motor distandar samping? Hmm, bisa dibilang keduanya gak nyusahin masbro, cuman karena jok Suzuki GSR600 lebih pendek, MMBlog berasa lebih enteng dan lebih pede aja negakinnya. Demikian pula kalau diajak macet-macetan, nekak-nekuk setang, miring-miringin disamping mobil, keduanya punya reliabilitas tinggi yang gak nyusahin.

    [fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

    mau kemana kita?
    mau kemana kita?

    Lalu gimana dengan Dimensi? Nah ini, Suzuki GSR600 punya tampilan dan dimensi yang lebih padat, lebih kekar, dan lebih besar daripada Honda CB650F. Ini motor (Suzuki GSR600) punya dimensi yang bisa dibilang moge full size, dijalanan pun lebih menarik perhatian masbro, knalpot yang ada dibawah jok, motor yang gemuk, bikin GSR600 jadi pusat perhatian. Nah, terus gimana Honda CB650F? Ini motor terlihat slim, tapi ada sisi menariknya yakni empat header yang dibuat terekspose luar biasa oleh Honda. Untuk kaki-kaki, dibekali oleh model yang sama, beserta ukuran yang sama, teleskopik dan ukuran ban 120 untuk depan, dan 180 untuk belakang.

    Kalau Masbro nyari model yang gak biasa, GSR600 bisa jadi pilihan menarik, tapi kalau mencari yang lebih slim Honda CB650F adalah pilihan yang cocok. Nilainya?

    Bobot : GSR600 dapat nilai 4,5 / CB650F dapat nilai 4,5

    Dimensi : Kalau yang dicari gede-gedean, Maka GSR600 nilainya 5, CB650F nilainya 4

    Performa

    moge

    Inii, nah iniii :mrgreen: . keduanya punya konfigurasi mesin yang serupa yakni empat silinder segaris. Tapi ada beda CC antara keduanya kurang lebih 50 CC, Honda CB650F CC-nya 650CC alias lebih besar 50 CC ketimbang Suzuki GSR600 yang CC-nya sesuai namanya yakni 600 CC. Terus gimana? Apakah dengan CC yang lebih besar itu Honda CB650F lantas punya performa yang lebih ketimbang Suzuki GSR600? Jawabnya: ENGGAK!

    Metode pengukuran jelas hanya menggunakan feeling dan badan MMBlog aja, wong belum racelogic atau verikom, wkwkwk :mrgreen: . tapi yang jselas, performa dari Honda CB650F dan Suzuki GSR600 terasa perbedaan di akselerasi dan nafas. Suzuki GSR600 tenaganya berasa lebih linear lho ketimbang CB650F, tapi napasnya itu ekstra-ekstra panjang! Karakternya lebih mirip dengan supersport, jelas dengan rentang rpm yang bisa sentuh 14000, berbeda kan dengan rpm atau redline CB650F yang hanya sanggup ngitir di 11000 rpm aja. Keduanya sama-sama linear, sama-sama halus, tapi MMBlog ngerasa Suzuki GSR600 lebih cepat dan lebih kenceng! terlebih kalau dibetot sampai redline! Asli ngilu!

    Di atas kertaspun, daya kuda dari GSR600 (90 Daya Kuda) lebih besar ketimbang CB650 (85 Daya Kuda) dan emang kerasa di badan perbedaan power, akselerasi, walaupun tetep aja keduanya kenceng! buat harian? Tentu power keduanya udah lebih dari cukup, tapi buat track, tentu GSR600 lebih punya sensasi yang menyenangkan, karena rentang rpmnya tinggi banget udah kayak supersport!

    Performa :

    GSR600 : dapat nilai 5

    CB650F : dapat nilai 4,5

    Rem

    Sayang seribu sayang, unit GSR600 yang MMBlog test dan review harian adalah unit yang sudah relatif berumur, remnya terasa agak kurang gigit, master rem depan terasa bagel alias udah gak terlalu empuk, walaupun masih oke, tapi performanya bisa dibilang udah gak sebaik motor baru, harus direpair atau diservis lagi masbro.

    Berbeda dengan Honda CB650F, motor ini kondisinya seger, walaupun unit ini bisa dibilang unit “ja*l*y” karena banyak berpindah rider, wkwkwkk, dan kilometernya sudah hampir sentuh 10 ribu, ini motor tetep terawat kondisi remnya, dan juga sudah menggunakan rem ABS. Lebih menyenangkan dan lebih aman ngeremnya Sob. tapi teteplah, kalau dalam kondisi baru, MMBlog lebih nyaman ngerem pakai Honda CB650F, karena sudah menggunakan ABS, asal bejek juga amaan dah 😆 .

    Handling dan Suspensi

    Honda CB650F VS Kawasaki ER6n-3

    Serupa! Handling keduanya sama-sama ringan! Sama-sama nurut, sama-sama gak nyusahin! Tapi entah mengapa, Handling GSR600 berasa lebih enteng aja, Hmm, MMBlog rasa sih karena setang yang diaplikasi sudah menggunakan setang Rizoma yang lebar, karena menurut pengalaman MMBlog, makin panjang/lebar setang maka handling motor juga jadi lebih ringan, hal ini berlaku keras di Si Merah aka Kawasaki ER6n milik MMBlog pribadi yang menggunakan setang Kawasaki KLX 150, nanti bakalan MMBlog ceritain deh.

    Yang jelas, diajak belok, baik itu di kecepatan pelan, atau sedang (kecepatan tinggi gak ada tempatnya) kedua motor sama-sama gak nyusahin alias dapat terprediksi dengan baik dan nurut mau dibawa kemana!

    Riding Quality

    gsr600

    Menarik, karena kedua motor ini menawarkan satu variabel berkendara yang krusial yakni “kenyamanan”! baik suspensi, posisi berkendara, dimensi motor, pantauan speedometer, pantauan spion, semuanya bisa dipantau dengan mudah, tanpa kendala, dan nyaman! udah gitu, salah satu momok bagi moge biasanya adalah panas mesin, untuk Honda CB650F, terasa sedikit hangat saja di paha, sedangkan GSR600 hanya sedikit terasa hangat saja di sepatu, keduanya sama-sama menyenangkan dan asyik banget untuk diajak riding di Ibukota. Terus MMBlog pilih mana nih? kalau saja unit GSR600 yang MMBlog jajal kondisinya sesegar Honda CB650F, MMBlog akan pilih GSR karena terlihat moge full-size, garang, dan tinggi joknya lebih rendah ketimbang Honda CB650F.

    CB650 Gigi1

    Konsumsi bensinnya gimana Mas? Nih dia yang menarik, CB650F terasa lebih irit Sob ketimbang GSR600. GSR600 lumayan haus motornya, muter-muter Jakarta-Depok (muter -muter)-Jakarta dengan sedikit mampir-mampir ngisi pertamax plus, bensin sudah kembali ke posisi dimana stripnya kayak belum ngisi.

    Oke deh, setidaknya inilah yang bisa MMBlog ke Bro Aldy mengenai bagaimana kedua motor ini apabila ditinjau dari sudut pandang newbie kayak MMBlog. Yang jelas, keduanya adalah motor yang friendly user, nyaman digunakan harian, kencang, dan nyaman. untuk harganya, apabila beruntung temen-temen bisa dapat GSR600 dengan harga 140-150 juta full paper, sedangkan CB650F unit barunya manteng di 230 jutaan. Semoga berguna yah! Artikel 1000 kata nih, semoga gak kebanyakan, wkwkwkwk :mrgreen:

    [/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

    11 COMMENTS

    1. kalo suruh milih sih, milih cb650f dijalan ga terlalu mencolok asal ga ganti knalpot ya, tampang mirif versa ma megapro. paling disangka megaro modifan, haha

    2. Bagian eksternal motor kaya layanan aftersales dan value lainnya kaya 3s ato komunitas gak dibahas bro vand??
      Biasanya kalo beli moge value nya kan di nongki gitu, turing, hang out dkk..wkwkwk

    3. desain sih tipis tipis bedanya, dua duanya sama sama kalem.. tapi bagian tengah ke belakang ay lebih suka si CB.. armnya juga lebih terlihat “banana” meski arm GSR terlihat lebih moge karena bentuknya besar dan kokoh mirip CBR600

    4. wahh ini mah ane jelas pilih suzuki GSR600,.moge bgt, klo CB lihat diajaln sekilas mungkin ga pada ngeh klo harga nih motor 200 jtan..klo GSR ga bakal boong, mesin n knalpotnya jelas

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here