Pebalap Indonesia Penuhi Target Podium di Suzuki Asian Challenge 2016 Jepang!

    0

    Jefri_Tosema - M_Sapril - Race_1

    Sobat MMBlog sekalian, dalam persiapan menjelang pertandingan Suzuki Asian Challenge (SAC) 2016 seri ke-3 di Suzuka Circuit, Jepang (3 – 5 Juni 2016). Tim Suzuki Indonesia menargetkan perolehan podium baik race maupun kelasemen poin. Berkat kerja keras tim dan ketiga pebalap Indonesia, akhirnya balapan tersebut ditutup dengan terpenuhinya target podium sekaligus memberikan aksi memacu Suzuki F150 yang mempesona selama balapan berlangsung. M. Sapril (#87) pun kini menduduki tahta tertinggi pemimpin kelasemen poin pebalap se-Asia.

    Sengitnya persaingan dan tekanan di Race 1 sepanjang 5 putaran sepanjang 29,105 KM, memberikan pelajaran tersendiri bagi pebalap Indonesia mengenai artinya menjaga kekompakan di sirkuit. Dominasi Jefri Tosema (#20) dan M. Sapril (#87) dari awal putaran sangat terlihat di barisan terdepan bersama April King (pebalap Filipina) yang terus-menerus bertukar posisi mempertahankan  posisi pertama. Strategi tim Filipina yang juga turun dengan 3 pebalap ternyata di luar perkiraan tim Indonesia. Mereka selalu melakukan slip-streaming dan blocking terhadap pebalap Indonesia, sehingga sangat menguras energi Jefri dan Sapril. Puncak emosional terjadi ketika ¾ putaran terakhir sedang berlangsung, Jefri dan Sapril terganjal blockingdari April King hingga akhirnya mereka bertiga mengalami insiden kecelakaan. Beruntung Jefri dan Sapril dengan sigap dan cepat langsung berdiri dan menyalakan kembali motornya untuk kembali ke lintasan balap. Meski sempat mengalami kejadian buruk, beruntung Jefri Tosema dan M. Sapril berhasil menyelesaikan balapan dengan finish di urutan ke-5 dan 6. Sedangkan Eane Jaya (Filipina) yang berstrategi dengan teman senegaranya, April King di 2 putaran terakhir meraih keberuntungan dengan finish di posisi pertama.

    Celebrate-Riders_Suzuka_Circuit_Japan

    Berkaca dari kejadian di Race 1, akhirnya Tim Suzuki Indonesia melakukan diskusi kembali untuk mengatur ulang strategi balap demi memenuhi target yang sudah diimpikan. Strategi baru tersebut dilakukan secara sungguh-sungguh oleh ketiga pebalap Indonesia sejak awal putaran. Kesempatan ini mereka pergunakan sebaik mungkin untuk memperbaiki keadaan dari Race sebelumnya sekaligus menunjukan kepada pebalap dari negara lain bahwa hanya pebalap Indonesia lah yang bisa tampil memukau secara konsisten pada setiap seri. Meski baru pada SAC 2016 ini M. Sapril berkesempatan merasakan Suzuka Circuit, namun perjuangannya berbuah manis dengan mempertahankan posisi pertama di garis finish. Sedangkan Rizal Feriyadi (#30) yang pada Race 1 belum beruntung, bisa membaca situasi dengan cepat diRace 2. Ketika ada celah yang terlewatkan pebalap lain saat bertanding, Rizal tidak melewatkan kesempatan tersebut sehingga mampu berada di posisi ke-2 di belakang M. Sapril hingga garis finish. Jefri Tosema yang sempat memimpin beberapa putaran berbesar hati memberikan kesempatan bagi rekan-rekan satu negaranya pada saat menjelang putaran terakhir demi mengamankan podium bagi Tim Suzuki Indonesia sesuai target bersama.

    Race_2_podium

    Dengan menguasai podium di Race 2, sekaligus menjadikan M. Sapril sebagai pimpinan kelasemen sementara SAC 2016. Prestasi tersebut menjadi kebahagiaan dan kebanggaan bagi seluruh pebalap dan anggota Tim Suzuki Indonesia. Seluruh pihak berharap kesuksesan ini kembali akan terulang pada seri berikutnya yang akan berlangsung di Indonesia, Sirkuit Sentul pada 5 – 7 Agustus 2016. Adapun fakta unik lain pada seri ini adalah, Suzuki F150 yang dipergunakan pada SAC 2016 adalah motor hyperunderbone 150cc fuel injection produksi Indonesia pertama yang sukses melakukan balap di lintasan balap kelas dunia yaitu Suzuka Circuit, Jepang yang memiliki panjang 5,281 KM. Daya tahan motor yang di Indonesia dikenal dengan nama All New Satria F150 tersebut terbukti sangat kuat digunakan untuk balapan dengan jarak yang sangat jauh.

    M. Sapril (#87) – Pebalap SAC 2016 Tim Suzuki Indonesia

    “Jalannya Race 2 sungguh amat keras dan persaingan antar peserta juga begitu ketat, namun saya memiliki keyakinan sejak awal Race, meski saya harus start dari posisi ke-8 saya berusaha maksimal dan konsentrasi saat awal start untuk bisa mendampingi rekan-rekan saya yang di depan, dengan kompaknya kerjasama kami bertiga di sirkuit akhirnya Indonesia bisa juara di Race 2 jepang ini.”

    Rizal Feriyadi (#30) – Pebalap SAC 2016 Tim Suzuki Indonesia

    “Untuk hari ini saya ucapkan terima kasih kepada rekan saya Jefri juga Sapril yang sudah kompak tadi saat balapan, khususnya juga kepada mekanik juga Manager dari Suzuki Indonesia. Yang saya lakukan saat Race 2 tadi saya hanya fokus saat start awal yang bagus, karena sebelumnya saat Race 1 saya telat start, terus saya coba untuk mengekor di Jefri dan Sapril hingga akhir laps saya lihat celah kesempatan untuk saya ke depan, akhirnya saya dapat finish kedua.”

    JefriTosema (#20) – Pebalap SAC 2016 Tim Suzuki Indonesia

    “Saya ikut senang karena rekan saya Sapril dan Rizal bisa naik podium mengharumkan nama Indonesia. Memang saya sempat memimpin beberapa laps, hanya saja tekanan kepada saya dari peserta dari negara lain begitu keras, melihat hal ini saya lebih utamakan rekan saya untuk ke depan dan akhirnya saya finish diposisi ke-6.”

    Robert Satrio, Marketing 2W PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) :

    “Kami bangga terhadap motivasi dan semangat juang dari para pebalap muda Indonesia yang Suzuki support di ajang Suzuki Asian Chellenge 2016 ini, komitmen dan kerjasama terhadap strategi yang telah kami intruksikan dapat mereka terapkan dengan baik, meski jalannya Race 2 tadi begitu keras dan ketat namun prestasi Tim Suzuki Indonesia di Race 2 ini menjadi bukti bahwa pebalap muda yang PT. SIS bina ini memiliki peluang berprestasi yang lebih baik lagi tentunya dengan menggunakan mesin All New Satria F150.”

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here