Email Pembaca : Pilih 250 CC Bore-Up, 500 CC, Atau 650 CC ??

18

Sobat MMBlog sekalian, MMBlog mendapatkan surel dari Bro Bobby yang mengemukakan mengenai keresahannya memilih sepeda motor. Pilihannya adalah motor 250 CC bore-up, 500 CC, atau 650 CC sekalian, pertanyaan yang unik, karena bro Bobby sendiri mengaku sedikit galau karena membaca artikel dari blogger senior Mas Triatmono mengenai R25 miliknya yang dimodifikasi menjadi 320 CC dan punya power hampir setara dengan 500 CC-nya Honda series, nih emailnya.

Selamat Malam Bro Vandra,

Bro, mau nanya nih, menurut Bro yang paling value dan paling enak dipakai yang mana ya dari motor 250 CC Bore-up, 500 CC Honda, atau 650 CC kayak motor masbro. Soalnya saya baca di blognya Gus Tri kalau R25 modifikasi jadi 320 CC itu powernya sama kayak Honda 500 CC, total biayanya juga lebih hemat 30-40 juta dari harga Honda 500, terus gimana kalau 650 CC sekalian? Untuk harian overkill gak bro? Terima kasih untuk perhatian dan jawabannya.

Salam Bobby

Berikut link dari Blognya Gus Tri:

http://triatmono.info/2016/06/16/ada-berbagai-pilihan-moge-pemula-pilih-upgrade-250cc-pilih-500cc-atau-650cc/

http://triatmono.info/2016/06/16/media-luar-negeri-biasa-azaaa-bandingin-motor-sportz-300cc-vs-500cc-sama-sama-2-cylinder/

wah mantep juga nih, MMBlog juga jadi keturutan baca artikel dari Mas Triatmono, menarik memang. Tapi karena Bro Bobby minta pendapat MMBlog yaudah, MMBlog kasih dah nih pendapat dari seorang newbie, hehe.

Motor 250 CC Bore-up

Display R25 dalam aktivitas test ride untuk konsumen R25

Menarik banget ini, karena sekarang motor-motor 250 CC sudah ada paket bore-upnya yang bisa dibilang plug and play. Yamaha R25 ada paket mesin Yamaha R3 yang punya kubikasi 320 CC. Dari penuturan Mas Tri, butuh biaya kurang lebih 40 jutaan. Wah, mayan juga yah ternyata, kalau butuh biayanya 20 jutaan mah asik asik asik nih, hehe. total bisa 90 jutaan masbro. Power dijamin langsung melejit bisa mendekati atau sama kayak 500 CC-nya Honda, tapi torsi MMBlog rasa masih lebih jengat yang CC Gede sih.

Ini emang opsi paling hemat dibanding ngambil motor gede baru. tapi kalau bro Bobby gak punya sumber daya yang amat sangat melimpah, dan hanya mengandalkan motor bore-up ini sebagai motor premium satu-satunya yang dapat diandalkan, MMBlog rasa lebih baik gak usah deh. Kalau ngelihat track record mas Tri, beliau udah banyak punya moge lho, ada ER6n, GSX-R1000, Yamaha T-Max, yah motor R25 miliknya bisa dibilang hanya jadi ingon-ingonan, MoRex (Motor Experiment), dan lucu-lucuan.

Kenapa MMBlog nganjurin gak usah kalau hanya jadi motor premium satu-satunya yang dapat diandalkan? Namanya modif masbro, gimana kalau error? Gimana kalau ada trouble? Mas Bobby punya banyak waktu untuk bawa motor ke bengkel? Belum lagi biayanya, dan lain-lain, oleh karena itu MMBlog bilang kalau belum ada sumber daya yang melimpah, lebih baik ambil motor “jadi” aja bro. Lagipula di Indonesia itu, perkara moge, adalah perkara pride. Emang sih udah dibore up, tapi tetep kan label sama tampilannya motor 250 CC, capek lho ngejelasin ini motor udah naik CC dsb dsb, hehe, belum lag yang paling utama, spending uang hampir 100 juta, tapi motornya gak bisa parkir di mall, MMBlog bilang sih kentang alias kena tanggung! Atau mungkin beli jadi Ninja 300 bisa jadi pilihan menarik lainnya tuh!

Motor 500 CC Honda

CBR500R-23

Ini motor bisa dibilang sebagai motor besar entry level yang paling murah dan paling value saat ini. Emang, dari tampilan belum moge full-size, banyak juga yang mengeluhkan mengenai rem depannya yang juga hanya satu, tapi kalau udah coba sama aja kok, pakem rem-nya masbro. Pelayananan yang diberikan oleh Honda AHM pun totalnya luar biasa. Pas untuk penggunaan harian, tinggal pakai, dan bisa parkir di mall. Kalau MMBlog bilang, kalau mas Bobby kepengen, coba aja dulu, main ke Astra Motor Jakarta atau Dealer Wahana (Jakarta), kredit juga bisa kan yah, nyari second? Yang 500 F kayaknya udah ada satu dua unit di forum jual beli, 100 juta harganya.

Motor 650 CC Kawasaki

ER6n vs CB500f-2

Udah moge full-size, double disc, power dan torsi mantap! motor juga handal, MMBlog udah buktikan sendiri. Kalau beli baru emang sekarang harganya lumayan mahal 150 jutaan yang ABS, belum lagi akan keluar versi updatenya tahun depan masbro. Solusi menariknya adalah membeli unit bekas, dengan harga 70-80 jutaan, masbro udah bisa dapat ER6n lawas. Tapi siap-siap juga, mungkin tangki karatan, sil sok bocor, aki soak, ban botak, sepul angus, dll yah motor bekas brooo. Udah gitu cari yang kilometernya masih rendah, kalau udah panjang silahkan tawar aja, hehe.

Nah, kira-kira itulah yang bisa MMBlog kasih untuk bro Bobby mengenai tiga motor ini. Semoga bisa nambah-nambah referensi ke depannya yah! Sekian, terima kasih, dan semoga berguna lho!

18 COMMENTS

  1. Mau 250cc di bore-up segede apa, tetep aja casingnya bukan moge, tetep aja gak bisa parkir di lobby mall. Triatmono bodoh ya.

  2. motor 250 cc bore up bisa menyentuh tenaga sperti motor 500cc dengan mesin yang ngoyo…. sedang motor 500cc bisa menyentuh tenaga segitu dengan mesin rileks….

  3. 250 CC BORE up, solusi merasakan tenaga 500 cc, tapi kuatnya bayar pajak motor kelas 250cc

    500 cc = untuk pemula kelas aman, krn 3S big wing honda oke, tp motor g bikin passion, cm menang alus d bawa jalan, feel moge ny kurang

    650 cc = produk murmer dari kawasaki, udah moge banget…

    pilihan >>>>>>> 650 cc kawasaki seken, asal kilometer di bawah 5rb
    heheheh

  4. Vote er6lah,,,,secara Kawsakiti sudah terbukti

    Yg bikin kentang justru yg 500cc masih dilarang masuk mall tertentu yg kudu 500cc keatas

  5. lebih masuk vulcan s 650 kalo ane sih wakakakakakaka
    seriously, ga bgt lah compare r25 mau udh modif kaya apa juga sama cb500f…torsi bda mas bro…kalo mau pake r25 untuk track day si gpp…campur turing? hahahaha ngga deh mau bilang setting2 lagi ttp ngga…mnding 500nya…
    feelnya bda mas broh…cba sendiri dah kalo ga percaya…saran ane kalo mau beli mnding test ride dlu aja…begitu…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here