Urus Perpanjangan STNK/Plat Nomor 5 Tahunan, Apa Saja Yang Harus Disiapkan? Nih Bro

8

urus plat nomor

Sobat MMBlog sekalian, akhirnya, usia Thunder 250 milik MMBlog, eh milik istri deh sekarang :mrgreen: udah 10 tahun. Beli pas umur 19 tahun, gak kerasa, akhirnya harus esek-esek lagi untuk perpanjang STNK dan pelat nomornya, wuuaahh udah gak bisa dibilang motor muda lagi dong nih, xixixi, tapi biar kata 10 tahun masih oke tuh 😆 . okeh, terus kalau mau bayar pajaknya atau mau perpanjang, apa aja yang harus disiapkan?

Pertama, temen-temen dari rumah harus mempersiapkan hal-hal berikut:

  1. STNK
  2. BPKB
  3. KTP yang namanya sesuai sama nama di STNK/BPKB, Kalau urus Motor Orang bawa KTP Sendiri juga
  4. Motornya
  5. Duit Recehan Rp.2.000,-, Rp.5.000,- , Rp.10.000,-, Rp.20.000,- bawa masing-masing 2 lembar dah
  6. Duit buat bayar pajak, lebihin dari biasanya karena ada biaya administrasi plat nomor, buat yang harinya udah kelewat siapin lebih lagi, kena denda kan?
  7. Tas Ransel dan Tas Kresek buat bawa pelat nomor baru.
  8. Aer Putih :mrgreen:
  9. Pulpen

Oke sekarang alurnya.

urus plat nomor-2

  • Masuk samsat, temen-temen langsung ke tempat cek fisik. Tenang aje, petugasnya udah tahu kok letak noka dan nocin, abis itu kasih tip ceban aka Rp.10.000,- (nah, kepake kan cebanannye). Abis itu dapet kertas yang ditempel ama gesekan noka nocin.

urus plat nomor-3

  • Langsung ke tempat legalisir, bawa tuh dokumen, sertakan pula STNK yang udah dikeluarin dari plastiknya, barengin juga sama BPKB, CUS! Pake kostum gembel aje, nanti dimintanye murah, Rp.20.000,- :mrgreen: . kalau rapih-rapih mayan kena 30 rebu, nah kepake juga dah tuh pecahan 20 rebu :mrgreen: . tunggu bentar, abis itu dipanggil deh.
  • Setelah dipanggil dan dapet dokumen, langsung ngibrit ke dalem, minta form pengisian kendaraan, nah, kepake dah tuh pulpen, terus ke tempat fotokopian, kasih dah tuh semuanye! Mulai dari KTP, STNK,BPKB, sama dokumen esek-eseknya, bayar langsung 2ribu rupiah, biar tukang fotokopinya aja yang ngerapiin, terima beres!

urus plat nomor-4

  • Ke Loket, kasih semua dokumen lagi, nanti abis itu KTP sama BPKB dipulangin langsung.
  • Nama dipanggil, terus bayar, bengong dah, kenape jadi lebih mahal, wkwkwkwk
  • Abis bayar, dapet dua kwitansi, yang biru buat ambil STNK baru, yang putih buat ambil Pelat baru.
  • Ke Tempat pelat, kasih kwitansi warna putih, tunggu 10 menit jadi daaaahhhh
  • Ke tempat pengambilan STNK, kasih kwitansi biru, 10 detik ambil daaaah
  • Jalan ke motor, jemur pelat yang basah, pas kering, pulaaang :mrgreen: .

urus plat nomor-5

Nah, itulah Sob, prosedur demi prosedur yang harus kita laluin. Untuk informasi tambahan, MMBlog ngerjain semua itu di SAMSAT Kebon Nanas Jakarta Timur, yaa kurang lebih hampir-hampir sama lah sama samsat di tempat lain, yang jelas, bawa pecahan uang yang MMBlog tadi kasih tau aja sam bawa pulpen, jadinya gak ribet, xixixi :mrgreen: . oke deh, sekian, terima kasih, dan semoga berguna yah!

urus plat nomor-6

8 COMMENTS

  1. Itu termasuk nyogok gak sih bro
    Pakaian gembel 20 trus klo rapih 30
    Hahaha enak bener itu duit lebihnya kemana

    Tukang gesek itu digaji gak ya, apa cuma dapet dari uang tip doang

    Tapi klo sehari gesek 100motor x 10rb
    Itung sendiri
    Kalah telak gaji ane.. *nangis

  2. share perpanjang 5 taunan juga om
    ana & mongtor posisi di kota jambi, so ane cek fisik di samsat kota jamb.
    Ga ngasi tip, dan bapak petugas yg cek fisik mongtor ane ga minta tip.
    kelar cek fisik, entu form cek fisik sama stiker gesek norang nosin tak kirim ke rumah, di bintaro

    proses selanjutnya di samsat Tangsel di ciputat, babeh ane yg ksono ngurus sendiri.
    langsung legalisir form cek fisik, selanjutnya sama dah kyk om vandra jelasin.
    kata babeh di samsat tangsel ga ada yg minta tip.
    plat nomer juga selesai hari itu juga biar kata catnya agak acakadul
    jiahaha

    klo dokumen lengkap, ga perlu minta diurusin pake jasa perantara, kecuali sibuk ga ada waktu ngurus sendiri.
    kurangi ato kalo perlu ga usah ngasi uang tip buat petugas biar makin profesional ga ngarep2 tip.

    salam kegelapan

  3. di Samsat kabupaten Malang sama kota Malang gak ada tuh om mmblog nyang ksih saweran buat pak cek fisik n pak yang isi form pemeriksaan fisiknyeee..ktanya dah gak boleh sma koh Ahok yaaa..tpi kok msih ada yg begituan..malah di daerah laen gak adaaaa

  4. Mau nanya bro :

    saya domisili di Jakarta, punya e-KTP Belitung.
    Nah, saya mau balik nama motor yang pemiliknya adalah orang Jakarta.
    Apakah saya bisa melakukan prosedur itu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here