Review Harian Honda NM4 Vultus,Mode D, Santai! Mode Sport, Ngacir!

9

Honda Vultus-14

Sobat MMBlog sekalian, akhirnya kembali lagi ke artikel review harian Honda Vultus. Nah setelah di bagian pertama MMBlog ngebahas mengenai bagaimana nyamannya motor ini, sekarang MMBlog akan ngebahas mengenai performa dari Honda Vultus. Untuk informasi awal, Honda Vultus adalah Cruiser matik yang punya kubikasi 750 CC, matik, manual triptonik, dua silinder segaris, dan punya sudut crankshaft 270 derajat. Motor ini punya redline yang gak tinggi-tinggi amat masbro.

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

Honda Vultus-13
mode D, gigi 4, 40 km/jam

Pertama, MMBlog akan ngebahas mengenai performanya pergigi. Apabila di geber secara manual, alias mode matiknya dimatiin, gigi 2 dari Honda Vultus dapat sentuh kecepatan 68 km/jam dengan amat cepat dan gak kerasa! Redline yang hanya 6500 rpm, membuat mesinnya cepat tercekik! Terus gigi 2 dari Vultus dapat sentuh kecepatan 94 km/jam masbro! Lumayan banget kan untuk ukuran motor cruiser? Lagi-lagi kecepatan 94 km/jam juga dapat diraih dengan amat sangat mudah! Karena duduknya sit-in, tarikan demi tarikan jadi semakin gak kerasa inertia ke badan. Hanya berasa sedikit tampolan diawal ketika gas dibejek pertama kali.

[/fusion_builder_column][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

santai 14 km/jam. okeh!
santai 14 km/jam. okeh!

Terus gimana kalau dibawa dengan mode matik? Jelas, amat sangat lembut! Terlebih kalau temen-temen menggunakan mode D atau Drive, maka Vultus akan melaju linear, membuai ridernya hingga ngantuk! Gak kerasa kecepatan 80 km/jam dapat diraih seperti sulap, tanpa gejala apa-apa, modal pelintir gas doang, gak pake pindah-pindahin gigi. Tapi, mode D ini, rider akan dibuat gemes dengan perpindahan giginya yang relatif cepat, di rpm 2000-an aja gigi akan naik. Di kecepatan 80 km/jam atau bahkan di 70 km/jam aja, temen-temen bisa menggunakan gigi 6, kalau pakai mode D. Untuk harian di jalanan Jakarta, tentu mode D adalah pilihan realistis!

Honda Vultus-5

Oke, itu mode D, saatnya ganti ke Mode S alias mode Sport! Wuaahh, ternyata mode Sport lebih punya sisi entertaining! Rpm bisa lebih melengking sebelum gigi berpindah! Suara mesinnya yang unik karena mengusun sudut crankshaft 270 derajat itu bikin MMBlog senyum-senyum kalau riding! Asyik, seru, dan tenaganya beneran ngisi! Berakselerasi dengan motor cruiser bukanlah sebuah point penting, dibilang kencang, ya emang kencang, gimana kalau dibandingkan performa dua silinder 650 CC ER6n mas? Masih lebih responsif ER6n, tapi untuk uber-uberan dan ngasapin 250 CC twin sih performa Vultus yang menggunanak mode sport udah lebih dari cukup. Mode sport, gigi naik pas rpm sentuh 4500-an, lumayan!

Honda Vultus-12

Honda Vultus, kalau MMBlog boleh menarik kesimpulan dari performanya, adalah motor yang lebih mengedepankan torsi bukan topspeed. Motor ini berasa tenaganya padat banget di putaran bawah, seperti ke palugada apabila gasnya dipelitir mendadak, saking responsifnya diputaran bawah, apabila aspalnya berpasir, maka ban belakang akan spinning! ini juga yang mengakibatkan konsumsi bbmnya jadi irit banget! Intinya, Vultus adalah cruiser matik yang punya torsi segudang! Mau boncengan, mau sendiri, gak ada perubahan pada performanya masbro!

Oke deh, sekian, terima kasih dan semoga berguna yah!

 [/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

9 COMMENTS

  1. AHM enak yak. Temen gw nyerpis cibi 1000, buat penggantinya dipinjemin itu. Iya itu. Vultus yg sama dgn yg ente Review…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here