Review Harian Honda CBR500R, Performa Mesinnya Lebih Dari Cukup Untuk Harian!

18

CBR500R-21

Sobat MMBlog sekalian, kembali lagi di artikel review harian Honda CBR500R dari MMBlog. Seperti yang udah MMBlog bilang di beberapa artikel terdahulu kalau motor ini sempet ngekos beberapa hari di kandang MMBlog, nah terus gimana sih mas performanya? Apakah mesinnya representatif untuk dipasang di bodynya yang full dress fairing itu bak motor balap? Bak motor sport sejati, di awal MMBlog bilang, betul sekali, kencang!

CBR500R-23

Kalau temen-temen pernah membaca artikel MMBlog mengenai review harian Honda CB500F generasi awal (klik,klik,klik,klik) temen-temen bakalan melihat bahwa motor ini punya power dan performa yang cukup dan pas dipakai untuk keseharian, nah hal senada juga terasa di Honda CBR500R ini masbro! Namun demikian, ada sedikit perbedaan, yakni pada kehalusan mesin, generasi kedua dari Honda 500 series, punya getaran yang lebih sedikiiiiiit ketimbang versi lawas, udah gitu, tarikan demi tarikan tidak berasa, aneh juga nih, padahal dua silinder!

CBR500R-24

Tiba-tiba, rpm sudah melonjak mendekati redline, gigi 1 sampai 61 km/jam, shifting dengan cepat  gigi 2 sebelum kena limiter langsung menuju 95 km/jam, laahh kok gak berasa padahal udah sekenceng ini! Ternyata eh ternyata, fairingnya punya peranan penting, yuppss menghalau angin masbro! Bener-bener adem dan terjaga nih badan dari deru angin, pantesan kagak berasa!

Performa begini ini, sangat pas digunakan sebagai moge harian. Powernya gak nyiksa, tarikannya adem, linear, tapi kenceng, suara mesin garing, lembuuuttt tapi naiknya cepet banget ke redline. Gimana kalau dibandingkan dengan tenaga 650 CC Kawasaki mas, kan sama-sama dua silinder tuh? Nah itu dia, kenceng sih kenceng 650 CC Kawasaki, tapi geternya itu, maknyuuss, xixii, lebih berasa dentuman mesinnya, kalau 500 series Honda, udah kayak motor listrik masbro!

CBR500R-25

MMBlog kan udah bawa motor ini kondisi jakarta yang macet, powernya enak gak nyusahin diputaran bawah. Terus MMBlog juga udah bawa motor ini bolak-balik Jakarta-Bogor, lagi-lagi, untuk overtaking kendaraan lain, mudah sekali dilakukan. Terlebih, karena motor ini punya garis desain yang hampir mirip dengan sang adik, ada aja lho motor-motor 150 CC lain yang “usil”, tapi begitu dibetot, whuuuzzz langsung ketinggalan daaah, bye :mrgreen: . oke deh masbro, untuk rating performanya MMBlog kasih dibawah yah

Skor Performa
  • Akselerasi
  • Power Untuk Dalam Kota
  • Power Untuk Touring
5

Kesimpulan

Performa Honda CBR500R bisa dibilang cocok untuk penggunaan sehari-hari dan touring. Power dari mesin 500 CC dua silindernya amat sangat bersahabat untuk digunakan diberbagai kondisi jalan, terlebih jalanan di Indonesia, dan khususnya jalanan di ibukota besar yang cenderung macet. untuk berakselerasi tentu mesin 500 CC sudah mumpuni untuk memuaskan dahaga rider yang suka dengan kecepatan, dibareng dengan value motor ini sebagai motor besar entry level.

18 COMMENTS

  1. DI salah satu foruim CBR 500R di eropa, CBR 500R ini “cuma” disetarakan sama R3 lho, bahkan aspek performa masih menang R3 :v
    Nih kutipannya
    “When I first heard about the new Yamaha R3 I was a bit disappointed. It has almost the same horsepower as the cbr500 and weighs 60 pounds less, has a racier feel with a 13000rpm redline, awesome looks, and all this for 4999$. 1700$ less than the CBR. After thinking about it for awhile though I’m glad I got the CBR. Better for long travels, better gas mileage, smoother and more comfortable. Was anyone else upset after seeing the new R3 ? I’d like to hear everyone else’s opinion on this”

  2. Di eropa perbedaan harga R3 VS CBR 500R cuma 23 juta rupiah, dan menurut mereka lebih worth it R3. Disini R25 VS CBR 500R beda 90an juta rupiah ngoahahahaha :v. CBR 500R ini sendiri kelasnya learner bike (A2), SETARA sama R3 jadi yaaaaaaa begitulah yg beli “moge jadi-jadian ini” :V

    • Nih ane transletein ya. “Ketika aku pertama kali mendengar tentang yamaha R3 aku sedikit kecewa. Motor ini memiliki tenaga yang hampir sama dengan CBR500 dan berat 60 poind lebih ringan, lebih terasa sport karena memiliki rpm 13.000, bentuk yang bagus, dan semua itu hanya seharga 4999dolar. 1700 dolar lebih murah dari CBR. Namun setelah aku pikir pikir, aku beruntung memiliki CBR. Karena motor ini lebih baik dalam berkendara jarak jauh, konsumsi bbm lebih irit, lebih halus dan lebih nyaman. Apakah ada orang lain yang kecewa setelah melihat yamaha R3?. Aku ingin tahu pendapat kalian.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here