Review Harian Honda CB650F, Gigi 1 Tembus 101 Km/Jam! Performa Siap Trackday!

11

Honda CB650F-4

Sobat MMBlog sekalian, kembali lagi di review harian moge ala MMBlog. Nah kali ini MMBlog akan kembali ngebahas review harian dari Honda CB650F yang pernah dipinjamkan unitnya oleh PT Astra Honda Motor masbro. Setelah di artikel pertama, MMBlog ngebahas mengenai impresi performa motor ini ketika digunakan harian dan touring, serta kemampuannya mengatasi kelelahan rider, kali ini MMBlog akan membahas performanya secara lebih dalam Sob, kalau temen-temen meminta MMBlog untuk mengukur kecepatan maksimum tiap gigi, maaf-maaf kaya, gak ada treknyah :mrgreen: .

CB650 Gigi1

Yang jelas, motor ini gigi 1 bisa tembus sampai 101 km/jam! Kecepatan dan rasio ini bahkan hampir menyamai kecepatan di gigi 1 Suzuki GSR750 atau Kawasaki Z800 Sob! IMHO dan CMIIW yang, yang punya Suzuki GSR750 dan Kawasaki Z800 silahkan share gigi 1 nya bisa sampai berapa yah. Trek yang MMBlog lalui untuk mencapai kecepatan segitu adalah di Matraman Raya, ngurut dari pelan, terusss..teruuss.. sampai tercekik oleh limiter, kecepatan di speedometer udah sampai 101 km/jam aja! Mantap!

Urusan power, napas mesin, dan akselerasi, ini motor bener-bener bisa diandalkan! Tampilannya mungkin bagi sebagian orang terlihat biasa aja, kecuali kalau mau jeli melihat ke header knalpotnya yang aduhai itu yah. Kecepatan 0-100 km/jam dapat ditebus dengan amat sangat mudah! Dan gak kerasa! Terus gimana di napas tengahnya? Lagi-lagi, sentuh kecepatan 174 km/jam pun bukan perkara sulit bagi Honda CB650F! Implikasinya? Bisa banget diajakin seru-seruan di sirkuit!

CB650F

Honda CB650F mesinnya gak didesain untuk ngitir hingga 14ribu rpm layaknya Honda Hornet, atau Kompetitor lawasnya, Suzuki GSR600. Tapi perpaduan rasio gear, tenaga bawah menengah yang bagus, torsi yang padat di setiap rentang rpm, membuatnya tetap bisa melaju kencang! Biarpun hanya 11 ribu rpm, mesinnya sudah amat sangat mumpuni memberikan sensasi empat silinder yang lembut, powerfull, dan kencang!

Namun demikian, performanya amat sangat pas, terlalu pas malahan! Lama kelamaan, rider pemiliknya bisa punya rasa bosan, rasa pengen ngejambak ala 750 CC dan 800 belum terasa. Akan lebih okeh nih kalau AHM juga memasukkan Honda CB1000R, yah jaga-jaga aje kalau ridernya nanti pengen naek kelas, hehe. yakin laahh, pembeli CB650F yang dijual 230 juta ini gak akan kesulitan untuk naik kelas ke CB1000R.

Honda CB650F VS Kawasaki ER6n-3

Untuk overtaking, nyusul truk yang selow jalannya, tentu seperti membalikkan telapak tangan. Menyusul motor-motor matik ibukota yang dibawa sama ibu-ibu? Santai, cukup pelintir gas sekali aja. Mau nyusul atau sparing partner sama motor 250 CC dua silinder mainstream? Sentil aja throttlenya langsung, melenting! Mau macet-macetan parah? Empat silindernya yang halus, koplingnya yang empuk, bener-bener cucok!

cb650f (14 of 16)

Oke deh, jadi kangen nih riding harian dan seruntulan pake Honda CB650F, abis emang enak sih Sob! udah gitu ini motor juga relatif irit sih! Sekian, terima kasih, dan semoga berguna yah! Terima kasih banyak juga pada PT Astra Honda Motor untuk pinjaman Honda CB650Fnya 😀 .

 

11 COMMENTS

  1. ya ampun AHM sayang sekali ngeluarin motor dengan mesin yang OK namun dengan tampilan yang “biasa saja” jujur klo denger cerita diatas penasaran pake banget sama performanya..ya cuma klo kita punya big bike malah terkadang ga dibuat kebut2an tapi lebih ke arah nampang broo..klo selera ane motor 200 jutaan diatas ga masuk buat bikin nampang..mending beli MT 07 dahh nambah lagi jadi tracer..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here