Low-Side, Ketika Cornering Cepat Terus Bejek Rem Depan! Analisa MMBlog Crash!

13

crash

Sobat MMBlog sekalian, beberapa hari yang lalu MMBlog sempat memposting artikel yang memuat mengenai crash atau jatuhnya MMBlog di puncak. Ada videonya lho, dimuat di RoadRide Channel Youtube, kalau temen-temen pengen lihat, silahkan kebet aja, MMBlog lampirin kok di artikel ini. Nah, setelah melihat-lihat kenapa MMBlog bisa jatuh, akhirnya MMBlog nemuin sebab utama.

low side

Kalau temen-temen mikir, ada bagian samping motor yang kena atau gasruk aspal, sayangnya MMBlog sama sekali gak ngerasain, tapi satu hal yang menurut MMBlog paling fatal adalah pas nikung cepat itu, rebah, MMBlog secara bloon narik tuas rem depan! Inilah yang mungkin dikatakan sebagai Low-Side, ban depan seperti lari, kehilangan traksi, yang harusnya lempeng, muter, terus tiba-tiba patah, dan langsung kepleset.

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

Di beberapa video lain, memang terlihat garpu depan pemegang roda depan langsung belok patah kalau rem depan di tekan kuat ketika lagi cornering aka ngerebah. Terus, kenapa mas kok rem depan dipencet, ditarik? Itu dia, rasa ketidak percayaan diri, atau malah terlalu percaya diri sebelum masuk tikungan membuat MMBlog melakukan hal itu.

Tikungan di puncak itu adalah tikungan tapal kuda, udah gitu turuan kang mas, bener-bener ngeri bin sedap lho. Nikung dengan kecepatan 70 km/jam kayaknya bukan hal yang bijaksana, terlebih ini di jalanan umum, dan blind spotnya juga lumayan parah, beruntung waktu itu MMBlog nyungsep pas lagi gak ada kendaraan dari arah berlawanan Sob. kalau sampe ada, entah apa jadinya.

Safety Riding Honda-4

Yang jelas, hindari terlena nikung-nikung cepat kalau kondisi jalannya gak terlalu kita ketahui atau bahkan kita gak tahu sama sekali. Kalau udah begini, petuah Pak Dyan Dilato ketika lagi ngasih coaching safety riding di sirkuit “Saya Nyaman, Saya Aman” bener-bener terbukti manjur dan benar adanya. Oke deh, Sob, pokoknya hati-hati di jalan yah, dan pergunakan selalu perlengkapan berkendara yang proper, minimun safety yang kayak Om Ron bilang boleh juga tuh, tapi ditambah jaket mesh juga oke lho.

Sekian, terima kasih, dan semoga berguna yah!

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

13 COMMENTS

  1. kl ane lbih nyaman rem belakang kl ud mau nikung lepas rem n gas d tambah dikit/digantung aja .. bgitu lepas tikungan betot deh gas… rasanya sir sir :v

  2. kalo saya justru lowside gara2 hilang traksi ban belakang gara2 kepedean rebah pake ban lokal yang katanya bagus and slightly lebih mahal dari lokalan lainnya 😀 ban depan merk mahal jadinya grip total, ban belakang merk mid-end hehe…
    jatuhnya persis kaya bro vandra… untung gak ada kendaraan dari arah lawan… fiuhh

  3. ga punya ijah blogger ototmotif, ga berani nikung rebah2…takut rebah beneran…lagian motorq jg lemot…..

  4. masbro MM…sorri kalo menurut saya teknik cornering anda pada saat nikung itu kurang bener..teknik cornering itu juga sama seperti teknik cornering saya pada awal2 mengenal cornering dulu..
    kalau menurut saya teknik cornering yang cukup aman supaya bisa melahap tikungan dengan kecepatan tinggi adalah seperti pada motogp..dimana rem dilakukan pada point sebelum masuk tikungan (motor masih tegak), rem secukupnya untuk enter corner.. nah pas sebelum sampek point rem sblum tikungan td… posisikan motor mepet pada sisi luar jalan dan kalo dijalanan ya marka sisi luarnya kalau pengen slamet..hehe..lalu setelah smpek sisi luar dan rem secukupnya tarik motor ke sisi dalam dan open throtle perlahan…nah disitulah asiknya cornering karena kita mendapatkan sensasi gaya sentrifugal kalo ga salah..hehe..dan sudah saya buktikan lumayan aman asal mengenali medan..tp gaya ini rawan slip..karena kita open throtle saat miring..jadi PASTIKAN JALANAN TIDAK LICIN…safety riding bro

    • setuju kang bro, soalnya kalo pas kenceng terus mau in (masuk tikungan) nggak sesuai sama racing line, kelewat melebar jangan asal narik tuas rem, mending tegakin dlu motor baru tarik tuas rem depan. setau saya dulu juga sempet crash d puncak pas tikungan mau masuk mega mendung, aspalnya nggak rata mas, jadinya fork depan kekocok2 ditambahin rebah, yaa pasti lowside kang…

  5. Sabar mas bro, kalau anau udah gk berani rebahan.. soalnya ane pake ban kelas low-end jadi takut grip ban gak sesuai keinginan

  6. Waah tikungan di situ itu cukup tajam dan menurun, kalau gak antisipasi sebelumnya bisa bahaya, terlalu kencang, panik braking dan nyungsep. Pelajaran bagus mas Vandra supaya kita lebih berhati-hati. Kondisi ban juga bisa menjadi penyebab, saya juga pernah jalanan lurus dan pelan ada yg nyebrang repleks tekan rem depan, eh langsung nyungsep. Ternyata ban sudah gak bagus karena usia, setelah ganti ban baru masalah selesai.

  7. Iya klo ngebut hindarin rem depan dadakan itu dilarang deh.uda saya rasain waktu smp kapok dah.artikel ini baik buat kita .artikel yg manfaat buat kita yg blom tau nih.mantap om mm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here